Solo merupakan salah satu kota destinasi yang banyak dituju oleh wisatawan. Selain terkenal karena budaya dan tempat wisatanya, Kota Solo juga memiliki beberapa wisata kuliner yang menjadi andalan dan juga menjadi tempat favorit untuk pengunjung maupun mahasiswa. Di mana harganya murah namun rasanya tidak murahan. Berikut beberapa rekomendasi wisata kuliner Solo pilihan food blogger yang bisa dikunjungi.

1. Gudeg Relasi

Jika mendengar kata gudeg yang pertama terlintas adalah Kota Jogja. Tetapi gudeg di Kota Solo ini pun tidak kalah terkenal. Gudeg relasi beralamatkan di Jl. Ahmad Yani No. 365 Kertasura, Solo tepatnya di depan Bengkel Relasi. Untuk jam bukanya dari pukul 21.30 sampai pukul 00.30, dan uniknya sebelum jam buka di lokasi penjualan sudah terdapat nomor antrian pembelian. Yang membedakan gudeg ini dengan yang ada di Jogja adalah rasanya. Gudeg dikota Jogja identik dengan rasa manisnya sedangkan di gudeg relasi terdapat dua rasa untuk kuahnya yaitu gurih dan pedas.

2. Tengkleng Bu Edi

Tengkleng Bu Edi berlokasikan di Pasar Klewer Solo. Jam buka tengkleng Bu Edi dari pukul 12.00 sampai habis. Tengkleng ini termasuk makanan legendaris di Kota Solo karena sudah berdiri dari tahun 1971. Sama seperti gudeg Relasi dimana butuh nomor antrian untuk beli di tengkleng Bu Edi. Rasa yang nikmat membuat makanan sudah bertahan selama beberapa dekade.

3. Soto Seger Mbak Ronggeng

Kebanyakan tempat soto merupakan sarapan di mana jam bukanya pada pagi hari. Hal ini berbeda dengan Soto Seger Mbak Ronggeng yang merupakan salah satu kuliner malam, yang baru buka pada pukul 00.00 sampai pukul 04.00. Bagi yang butuh kuliner malam, bisa mengunjungi Soto Seger Mbak Ronggeng yang beralamatkan di Jl. S. Parman, Surakarta, Solo.

4. Sate Kambing Mbok Galak

Sate kambing Mbok Galak berlokasi di Jl. Ki Mangun Sarkoro No. 122, Solo. Buka pukul 08.00 sampai pukul 18.00. Selain menu sate, terdapat juga menu tengkleng. Sate Kambing Mbok Galak tidak pernah sepi pengunjung karna rasanya yang nikmat dan terdapat varian sate seperti sate buntel.

5. Serabi Notosuman

Serabi ini terdapat di beberapa kota, tetapi untuk pusat penjualannya di Solo. Di Solo pun serabi ini terdapat di beberapa tempat salah satunya serabi Notosuman Ny. Lidya yang berlokasi di Jl. Mohammad Yamin No. 28, Solo. Serabi Ny. Lidya sudah berdiri sejak 1920-an. Untuk jam bukanya dari pukul 04.30 sampai pukul 17.00. Bagi yang ingin membeli oleh- oleh khas Solo di pagi hari, bisa mengunjungi serabi Notosuman Ny. Lidya. Terdapat beberapa menu pilihan yaitu original, campur, dan coklat.

6. Nasi Liwet Yu Sani

Ini adalah salah satu wisata kuliner Solo legendaris di Solo Baru, namanya Nasi Liwet Yu Sani yang sudah berdiri sejak tahun 1980. Warung nasi liwet ini berlokasi di Langenharjo, Grogol, Solo. Buka pada pukul 16.30 sampai pukul 23.00. Nasi liwet dengan berbagai pilihan lauk seperti usus, ceker, suwir ayam, tempe bacem, dll. 

7. Wedangan Omah Lawas

Tempat kuliner satu ini mengusung tema angkringan, atau kalau di Solo lebih dikenal sebagai hik. Selain menu nasi kucing, Wedangan Omah Lawas menyediakan berbagai macam lauk dan makan ringan seperti sate telur, sate usus, bakso ikan, sosis, tempura, gorengan, dll. Jika ingin mencoba anda bisa langsung berkunjung ke alamat Jl. Prof. Dr. Supomo No.55, Solo.

8. Timlo Sastro

Timlo merupakan salah satu makanan khas Solo yang berupa sup dengan berbagai isian seperti irisan hati, irisan dadar gulung, irisan ampela, dll. Timlo sastro terdapat di beberapa lokasi yaitu di Jl. Dr. Wahidin No.30 ruko 5, Laweyan, Solo dan di Lotte Mart The Park, Solo. Sedangkan untuk pusatnya berlokasi di Pasargede Timur No. 1-2 Balong, Solo. Makanan legendaris ini sudah ada sejak tahun 1930 dan menjadi salah satu incaran wisatawan untuk kuliner di Solo.

9. Selat Solo Mbak Lies

Selat Solo merupakan makan percampuran antara makan indonesia dengan nuansa eropa dimana memiliki isian sayuran dan daging dengan kuah khas. Selat Solo Mbak Lies berlokasi di Jl. Veteran gang II No. 42, Solo dan tidak buka cabang. Untuk jam buka dari pukul 08.00 sampai pukul 18.00. keunikan yang dimiliki selain rasanya yaitu tempatnya yang menggunakan meja dan kursi keramik.

Itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner Solo oleh food blogger. Jika kebetulan sedang berada di Solo dan menginap di tempat yang tak jauh, bisa langsung mampir ke salah satu lokasi di atas. Tak ada salahnya mencoba kuliner khas Solo. Siapa tahu, bisa menemukan menu favorit baru. (slk)