Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Kali ini Serempak akan merangkum buat Sahabat Semua mengenai Mobil-Mobil Kebanggaan Indonesia yang dibuat di dalam Negeri. Siapa yang sangka bahwa negara indonesia juga bisa membuat mobil andalan sendiri. Tentu saja hal ini membuat masyarakat indonesia bangga namun ada sebagian masyarakat yang tidak mengetahui mobil buatan indonesia. Meskipun mobil dinas tidak cukup terkenal indonesia namun kecanggihannya tidak kalah dengan mobil yang merk lain.

Sebagai Masyarakat Indonesia yang cinta Tanah Air harus lebih menghargai karya kreativitas anak negeri. Caranya dengan mendukung, mengenali dan juga mempromosikan produk dalam negeri. Salah satunya yang tak boleh dilupakan adalah mobil ciptaan Indonesia.

Banyaknya masyarakat Indonesia yang lebih mengenal ciptaan mobil luar negeri, berdampak pada ketidaktahuan produk dalam negeri. Penasaran apa saja mobil buatan indonesia yang membanggakan? Berikut ini adalah beberapa mobil buatan indonesia yang tak kalah dengan produk luar negeri di antaranya adalah :

  1. Esemka

Siswa SMK yang tinggal di Solo berhasil membuat bangga Indonesia, dengan menciptakan mobil yang diberi nama esemka. Mobil yang dirakit pada tahun 2012 dan menjadi tunggangan Walikota Solo pada itu yaitu Joko Widodo. Dari situlah mobil Esemka terkenal dan diincar oleh banyak pejabat.

Mobil ini sudah mulai diproduksi namun ada beberapa persoalan yang masih terganjal tentang lolos uji emisi. walau jarang terdengar namanya tetapi produksi ini masih terus berjalan. Pasalnya mobil produk SMK ini sedang membangun pabrik di Boyolali.

  1. Timor

Mobil ini adalah sebuah proyek mobil Nasional yang ada di Indonesia. PT. Timor Putra Nasional menjadi perusahaan untuk menjalankan proyek mobil. Hal ini terjadi setelah Inpress No. 2 tahun 1996 dikeluarkan.

Tomi Soeharto yang juga putra mantan Presiden Soeharto ini pemilik perusahaan dari PT. TPN. Namun pada tahun 1998 proyek ini diberhentikan karena penyebab krisis moneter.

  1. Mobil Maleo

Selanjutnya ada mobil Maleo yang membuat bangga masyarakat Indonesia. Karena mobil tersebut merupakan produk buatan dalam negeri, yang muncul di tahun 1996. Mobil ini memiliki kapasitas 1300 cc.

Mobil ini diciptakan dengan bekerja sama bersama pabrik mesin dari negara Australia. Namun proyek mobil ini harus diberhentikan sebab munculnya proyek Mobil Nasional.

  1. Mobil GEA

GEA adalah mobil yang berasal dari singkatan Gulirkan Energi Alternatif. Mobil ini mempunyai kapasitas mesin 640 cc dan diproduksi PT. INKA (Industri Kereta Api) di Madiun. Pada acara pameran di Jakarta Internasional Expo Tahun 2008 mobil GEA ini diperkenalkan pada masyarakat.

Mobil GEA ini sangat cocok untuk mengurangi krisis energi karena mobil ini menggunakan premium dan juga gas sebagai bahan bakar bensin. Tentu saja lebih irit bahan bakar namun juga harus memerlukan perawatan yang ekstra.

  1. FIN Komodo

Salah satu mobil buatan Indonesia ini dikelola PT FIN Komodo Teknologi dengan nama yang diambil adalah komodo. Mobil ini bisa berjalan di segala medan manapun. Mobil jenis off-road ini memiliki kelebihan mengirit bahan bakar.

Hanya menggunakan bahan bakar sebanyak 5 liter, mampu menempuh perjalanan jarak hingga 100 km. Kapasitas yang dimiliki oleh mobil ini sebanyak 20 liter . Sehingga mampu bertahan perjalanan hingga 4 hari dalam hutan.

Selain digunakan untuk menjelajah, mobil ini juga bisa digunakan sebagai kendaraan utility. Dengan memiliki kelebihan dalam mengangkut beban sampai 250 kg.

  1. Mobil TUXUCI

Mobil ini tak kalah canggih nya dengan mobil buatan lain. Mobil TUXUCI ini adalah mobil sport yang tidak memakan bahan bakar karena tenaga listrik dijadikan sumber bahan bakar dari mobil ini.

Siapa yang tidak menginginkan mobil ini? tentu saja Semua orang pasti ingin memilikinya. Mobil ini diproduksi secara massal dan mengeluarkan biaya hingga miliaran rupiah untuk bisa memilikinya.

Namun keinginan tersebut harus ditunda lantaran masih adanya beberapa masalah. Salah satu kendalanya adalah pada mekanisme rem. Sehingga mobil ini belum layak untuk diproduksi massal.

Namun hal itu belum sempat terjadi karena ada beberapa kendala yang menyebabkan mobil tersebut belum bisa diproduksi. Lantaran rem dalam mobil tersebut memiliki masalah.

Itulah beberapa mobil buatan indonesia yang tidak kalah menariknya dengan mobil buatan luar negeri. Sebagai masyarakat indonesia marilah terus mendukung perkembangan teknologi yang diciptakan oleh anak muda berprestasi. Sehingga negara indonesia mampu dikenal dan dipuji oleh negara lain. (slk)