Momen kebersamaan merupakan momen yang sangat penting bagi setiap keluarga. Namun, padatnya jadwal keseharian orangtua maupun anak-anak membuat waktu kebersamaan keluarga lebih sulit dipenuhi. Umumnya, orang tua menunggu masa liburan panjang untuk mengkompensasi kurangnya waktu bersama keluarga. Namun, ada banyak cara sederhana yang bisa ditempuh untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dalam kesibukan sehari-hari.

Hal itulah yang dilakukan Mona Ratuliu, selebritas yang juga penulis buku dan inisiator ParenThink, dan Maudy Koesnaedi, selebritas sekaligus sosok ibu modern. Pada talkshow yang dilaksanakan untuk merayakan Hari Ibu pada 21 Desember 2016, Mona menceritakan keseruannya mengurus tiga anak.
“Saya harus berbagi waktu dan tenaga untuk keluarga namun tetap dapat mengejar karir serta mimpi yang belum terwujud,” kata Mona. Dia mengatur waktu agar berjalan dengan baik. Ia menyiapkan sarapan hingga memandikan anak di pagi hari. Momen-momen kebersamaan bagi Mona, salah satunya, diwujudkan melalui masak bersama.
“Intinya, harus bisa mengatur waktu dengan baik,” katanya.  Momen-momen kebersamaan bagi Mona, salah satunya, diwujudkan melalui masak bersama. Sambil berkreasi membuat camilan bersama anak, mengalirlah obrolan demi obrolan tentang aktivitas masing-masing.
Menurut Mona, para ibu modern harus mencoba mewujudkan premium bonding moment melalui ide kreatif yang dapat mengundang ketertarikan anak anak berinteraksi dan lebih terbuka. “Bisa melalui membacakan cerita, bermain tebakan seru hingga membuat camilan favorit,” kata Mona.
 
Sementara, Maudy menceritakan pengalamannya mengasuh anak semata wayangnya, Edy. Edy termasuk anak yang pendiam sehingga terkadang sulit untuk mengajaknya ngobrol. Maudy kemudian melakukan berbagai cara agar dapat berbicara dari hati ke hati bersama anak. Perjalanan yang dilakukan itu kemudian menimbulkan momen-momen penuh kebahagiaan antara Maudy dan Edy.
“Momen menciptakan suasana santai dapat mendorong anak lebih terbuka mengungkapkan berbagai hal,” katanya. Sang suami, walaupun sibuk bekerja, juga berupaya untuk meluangkan waktu bersama keluarga.  (ra)