Nasi kuning identik disajikan pada acara keluarga atau peristiwa penting lainnya. Namun bagi masyarakat Indonesia Timur, khususnya Ambon, mengkonsumsi nasi kuning untuk sarapan ternyata sudah menjadi hal yang lazim. Bagi para perantau dari Ambon, menemukan nasi kuning khas Ambon tidak mudah. Ada rasa yang khas untuk nasi kuning Ambon. Dua ciri khas utama adalah ikan dan serundeng, parutan kelapa yang telah dibumbui.
naskun-3
 
Di Jakarta, nasi kuning Ambon dapat di temui di kawasan Condet, Jakarta Timur. Umi, penjual nasi kuning Ambon mengaku telah berjualan sejak awal tahun 2000. “Banyak perantau dari Ambon yang mencari makanan ini,” katanya kepada Serempak.id.
 
Nasi kuning Ambon milik bu Umi menggunakan campuran serundeng dan ikan cakalang yang telah dibumbui sambal pedas. Ada irisan ketimun dan cabe yang diolah menjadi acar yang segar. Tak hanya nasi kuning, Umi juga menyediakan ragam kue khas Maluku lain seperti tart labu, gogos (kue seperti lemper tapi dibakar), hingga roomtart (nama lain dari pie susu). Harga nasi kuning ikan adalah Rp 17 ribu. Sedangkan beraneka kue dijual mulai harga Rp 1500.
 naskun-2
Jika ingin mencicipi nasi kuning Ambon bu Umi, akses menuju ke sana sangat mudah. Dari Pusat Grosir Cililitan (PGC), Cililitan, Jakarta Timur pilih jalan ke arah Condet. Nasi kuning Ambon ada di sebelah kiri jalan. Tepatnya di seberang rumah makan sate Tegal H. Abu Salim. (rab)