Sekarang tidak sulit lagi mencari tahu atau belajar mengenal kuliner Nusantara yang beragam. Tidak lagi perlu browsing di internet dan membaca berbagai artikel. Karena baru saja aplikasi Peta Kuliner Nusantara diluncurkan.

Ingin tahu soal Soto, aplikasi ini bisa menyajikan macam-macam Soto yang dimiliki Nusantara. Mau membuat sambal dari Sumatera Utara, kita bisa meng-klik menu resep di dalam aplikasi ini.

sambal-copyrighht-sari-novita

Pada hari sabtu, 26 November,2016, Jakarta, Sobat Budaya dan Bandung Fe Institute meluncurkan Aplikasi Peta Nusantara Kuliner yang memuat 1500 data kuliner. Malah mereka menantang sendiri untuk menambah data tersebut menjadi 7000 pada tahun 2017. Kumpulan kuliner Nusantara tersebut didapatkan dari ekspedisi pendataan yang dilakukan keduanya mengelilingi Indonesia. Dikumpulkan, diteliti, kemudian dituangkan ke dalam bentuk Website http://budaya-indonesia.org/ dan Apps Nusa Kuliner – Android dan IOS.

Indonesia memang masih belum rapi dalam hal pendataan pada berbagai aspek. Era teknologi ini, Hokky Situngkir (President of Bandung Fe Institue dan Pendiri Sobat Budaya) bersama teman-teman Sobat Budaya sadar bahwa belum adanya pendataan budaya. Padahal kekayaan Nusantara tersebut perlu didata agar masyarakat luas mudah mendapatkan informasi dan mengenal budayanya.

budayadatadigitalperpustakaan-sari-novita
Tahun lalu, Sobat Budaya dan Bandung Fe Institute meluncurkan Aplikasi Peta Batik dan IndoMuse. Aplikasi Peta Batik merupakan proses pemetaan yang mengabungkan pendekatan matematika fraktal, ilmu komutasi warna, dan kajian biologi evolusioner. Tidak berbeda dengan Aplikasi IndoMuse yang ber-content 600 lagu Nusantara yang lirik-liriknya mengandung nasihat, filosofi, kegembiraan dan lainnya.

“Kekerabatan” dan pola pikir, sosial, kombinasi budaya juga ilmu pengetahuan yang telah maju digunakan oleh leluhur bangsa ini bakal ditemukan bila kita ‘memainkan’ ketiga aplikasi itu.

“Kekerabatan” inilah yang menyimpulkan para peneliti muda ini bahwa kuliner Nusantara memiliki keterkaitan antara jenis hidangan daerah A dengan jenis hidangan daerah B. Dari ekspedisi, mereka menjadi yakin bahwa suatu makanan tidak sekadar soal lezat, pedas, asam, ataupun tidak enak, tapi ada sejarah dan cerita di baliknya yang berhubungan budaya masyarakat.
Pada aplikasi Peta Nusantara Kuliner kita akan mengetahui ragam bahan ikan dan hasil laut, makanan, udang-udangan, buah dan penyegar, rekreasional, rempah penyegar, sambal nusantara, bahan utama ternak, minuman, berikut resep hidangan Nusantara. Di antaranya adalah 50 jenis soto, 60 jenis sate, 100 jenis sambal dan banyak lagi. Berdasarkan penelitian, faktor hara tanah, daya dukung ekologis, membuat tanaman atau herba dan bahan makanan bisa berbeda satu dengan lainnya, dalam sisi kontur maupun cita rasa.

contentpetakulinernusantara-sarinovita

Acara peluncuran ini digelar di kantor Bukalapak, hadir JJ Rizal dan Johari Zein, Komisaris JNE sebagai pembicara selain Hokky Situngkir dan Wulan, Ketua Sobat Budaya. Saat sesi tanya-jawab, seorang wartawan bertanya tentang makanan yang ‘berbau’ budaya luar.

jjrizal-negeri-sendiri

JJ Rizal mengakui bahwa kuliner Indonesia memang juga dipengaruhi oleh budaya Cina, India, Eropa, dan bangsa lainnya. Ia menyebutnya sebagai “produk pertemuan budaya” salah satu contohnya kecap yang juga dimiliki negara lain. Nama “kecap” itu sendiri diciptakan oleh orang Belanda dan saat itu dagingnya berasal dari hasil purba. Uniknya semua orang menikmatinya saat Hari Raya umat Islam. Masih ada lagi riwayat kuliner Nusantara yang diceritakan oleh pemuda yang sangat paham jalur rempah dan budaya Indonesia ini. Barangkali satu hari tidak cukup membahas mengenai ini, apalagi ditambah Hokky yang juga luas pengetahuannya.

Menariknya lagi, pendataan yang diperoleh Sobat Budaya dan Bandung Fe Institute, dilakukan dengan menerapkan ilmu sains. Wawasan budaya perlu disebarkan secara informatif dan sains. Sebab, manusia modern sekarang ini banyak menganggap setiap penemuan bisa lebih dipercaya bila mengedepankan logika yang satu benang merah dengan sains. Riset yang dilakukan memakan waktu 14 tahun lebih dan didukung oleh Research Center for Complexity, Surya University.

putket-sobat-budaya
Ucapan Hokky Situngkir perihal budaya harus disampaikan lebih informatif dan sains saat press conference, “Kita harus berhenti melihat budaya sebagai budaya, tradisi sebagai tradisi. Kita harus melihat fungsi general-nya. Jika sudah dilihat sebagai data informasi dan disimpan, maka lebih mudah mengedukasi.”

Apa yang dikatakannya benar adanya. Sebuah data pun bisa jadi sangat berarti, mungkin belum berarti bagi yang belum peduli, tapi bagaimana dengan yang lainnya? Tidak usah jauh-jauh bicara hal ini, misalnya berita/artikel/postingan hoax yang merajalela di dunia media sosial. Jika kita tidak memeriksa kembali darimana asal sumbernya dan isi informasinya, maka publik akan ‘teracuni’ pikirannya bahkan dapat terpecah belah. Tentu data tidak sembarang data. Tidak heran Sobat Budaya dan Bandung Fe Institute menelusurinya dengan menerapkan ilmu sains.
Mereka pun tidak ingin melakukan pendataan sendirian. Mereka mengajak masyarakat luas Indonesia untuk turut serta mendata budaya dari daerah masing-masing maupun apa yang mereka ketahui, melalui website http://budaya-indonesia.org/. Setiap individu bisa memasukan data lewat wesbite tersebut dengan register/login dan postingan akan langsung muncul. Nantinya seluruh data yang terkumpul akan dipilah , bila menemukan yang belum diteliti, maka dilakukanlah ekspedisi dan penelitian.

Mereka tidak sampai di sini menyajikan wawasan budaya Nusantara, Januari 2017 bakal digelar Grand Launching buku bertajuk “Kode-kode Nusantara”. Buku ini mengupas jejak-jejak matematika dalam batik, geometri semesta alam dalam ukiran tradisional, rekayasa teknologi pada warisan arsitektur, dan pola-pola nada sebagai dolanan tradisional. Candi Borobudur, situs gunung Padang, Kepemimpinan Kerajaan Nusantara masuk ke dalam “Kode-kode Nusantara” yang belum banyak diketahui publik.

Kembali ke soal makanan, Instal Aplikasi Peta Kuliner Nusantara di Android dan IOS dengan mengetik “Nusa Kuliner”. Nikmati racikan ragam hidangannya!(sn)