Mendekati usia 6 bulan,banyak ibu-ibu yang mulai sibuk memperkaya pengetahuan tentang MPASI. MPASI bagj sebagian ibu-ibu menjadi ujian tersendiri. Mengolah sumber bahan pangan untuk bayi ternyata tidak semudah menyiapkan makanan untuk orang dewasa. Dalam booklet WHO dijelaskan bahwa pemberian menu seimbang untuk bayi boleh dilakukan sejak hari pertama MPASI.

Dulu banyak ibu yang hanya memberikan satu jenis bahan pangan terhadap bayinya,sehingga nutrisi yang diserap bayi sedikit. Setidaknya dalam booklet WHO,mempersiapkan MPASI bayi dalam satu porsi makanan setidaknya terdiri dari 4 bahan pangan yaitu karbohidrat,protein nabati,protein hewani dan sayuran. Menu MPASI ini oleh ibu-ibu dan juga dokter spesialis anak sering disebut dengan menu 4 bintang.
Berikut daftar jenis bahan pangan yang dapat menjadi referensi untuk ibu-ibu yang mau memulai MPASI atau sedang mengenalkan MPASI pada anaknya.

*Karbohidrat*
•beras putih
•beras merah *
•kentang *
•ubi jalar *
•singkong *
•jagung *
•kabocha *
•labu parang *
•sukun *
•oat *
•talas *

*Alternatif Karbohidrat (Olahan tepung) untuk usia diatas 8 bulan*
•Mie
•bihun
•Pasta (spagetti, makaroni, fussili, penne, dll)
•Roti
•Misoa
•Soun

*Protein Hewani*
•daging ayam
•daging sapi
•daging kambing
•hati ayam
•hati sapi
•telur ayam
•telur puyuh
•ikan salmon
•ikan kakap
•ikan tongkol
•ikan dory
•ikan patin
•ikan gurame
•ikan bandeng
•ikan tenggiri
•ikan kembung
•ikan tuna
•ikan mujaer
•ikan lele
•udang
•cumi

*Protein Nabati*
•kacang hijau
•kacang merah *
•kacang polong *
•kacang panjang *
•kacang tolo
•kedelai
•edamame *
•kecambah/tauge
•tahu
•tempe (pada beberapa anak bisa memadatkan feses)
•tofu
•buncis *

*Sayuran*
•bayam *
•gambas/oyong
•tomat
•daun katuk
•sawi hijau *
•sawi putih
•terong
•kangkung *
•kembang kol
•daun singkong *
•wortel *
•brokoli *
•labu siam
•kubis/kol

*Buah*
•pisang *
•mangga *
•semangka
•apel *
•pir
•pepaya *
•melon
•alpukat *
•jeruk manis
•buah naga
•anggur

NB : tanda * menandakan bahan tinggi serat
(Hampir semua karbohidrat , protein nabati dan sayur cenderung tinggi serat, termasuk buah juga kebanyakan tinggi serat)

Karena banyak, maka padu padan dengan rendah serat, dengan buah yang kaya kandungan air/lemak, protein hewani dan nabati, selalu beri lemak tambahan. Sayuran dan buah umumnya memang merupakan sumber serat.

Bayi butuh serat, tapi kalau terlalu banyak justru memberatkan kerja pencernaan. Selama padu padannya pas dengan yang rendah serat/banyak air/hewani/nabati, imbangi dengan lemak tambahan, air putih, dan tetap ASI, akan mengurangi resiko sembelit pada anak.

Banyak ibu-ibu yang masih fokus buah dan sayuran saja untuk MPASI, sedangkan buah dan sayur kaya serat. Bayi butuh lebih banyak protein dan lemak, itu sebabnya ada anjuran pemberian variasi bahan pangan sejak awal MPASI, terutama protein hewani.

Selamat berMPASI ria… (Anindita)