Kunci kehidupan manusia di muka bumi ini adalah air. Adanya air menghidupkan makhluk hidup yang ada di dunia. Rantai makanan bisa terus berjalan dan terus berputar dengan adanya air. Maka dari itu, manusia tidak bisa dilepaskan dari sumber air dimanapun berada. Seperti PAMSIMAS yang saat ini menjadi buah bibir masyarakat. PAMSIMAS adalah program penyedia air minum yang diberikan pemerintah.

Mengenai air, saat ini karena ulah manusia sendiri banyak air mengalir dengan kondisi mengenaskan atau kotor. Akibatnya banyak orang yang kekurangan air bersih. Bukan sekedar untuk mandi saja, bahkan untuk minum pun susah. Nah, melalui Program Nasional Penyedia Air minum, pemerintah membuat PAMSIMAS.

Apa Itu PAMSIMAS?

PAMSIMAS adalah singkatan dari program pemerintah Indonesia yaitu Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat. Program Nasional Penyediaan Air minum ini ditujukan untuk masyarakat pedesaan dan pinggiran kota. Tujuannya  yaitu untuk membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah di sekitar pedesaan dan pinggiran kota mendapatkan air minum yang layak.

Program ini dibuat oleh pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia. Dengan program ini, banyak daerah pedesaan dan pinggiran kota yang tidak lagi kesusahan air minum bersih. Sudah banyak sekali daerah yang mendapatkan bantuan PAMSIMAS ini.

Keuntungan PAMSIMAS Bagi Masyarakat

PAMSIMAS adalah program yang sangat bagus dari pemerintah Indonesia untuk masyarakat, banyak juga manfaat yang dirasakan dari masyarakat oleh program PAMSIMAS itu. Berikut adalah beberapa keuntungan yang dirasakan masyarakat karena adanya PAMSIMAS tersebut :

  1. Memudahkan Sedia Air Minum untuk Masyarakat

Pembangunan PAMSIMAS dilakukan di daerah dengan pendapatan rendah serta daerah pinggiran kota. Tujuannya yaitu agar masyarakat sekitar tidak lagi susah mendapatkan air minum. Hal ini dikarenakan mendapatkan air bersih saja masyarakat sudah susah, apalagi air minum. Untuk itu, adanya PAMSIMAS ini sangat membantu masyarakat dalam penyediaan air minum bersih di sekitar mereka.

  1. Masyarakat Kreatif dan Produktif

Selain air minum bisa dimanfaatkan untuk air minum sehari-hari, ternyata ada beberapa masyarakat cerdas yang menjadikan hal tersebut untuk produktif. Masyarakat rumahan membuat makanan-makanan sehat di rumah dan menggunakan air dari PAMSIMAS yang bersih untuk bahan pembuatan kue.

  1. Memakmurkan Desa

Karena air adalah sumber kehidupan, maka sudah dipastikan jika air di suatu wilayah aman maka kehidupan di dalam desa tersebut juga aman. Bagi wilayah susah air, apalagi air minum, mengantri air bisa menimbulkan masalah. Dengan adanya PAMSIMAS, masyarakat bisa hidup lebih tenang karena air minum bisa diambil dan dipergunakan tanpa harus mengantri panjang.

  1. Penyedia Air Minum Bersih

Jika banyak menjadi tidak sehat dan memiliki permasalahan pencernaan karena air minum yang tidak bersih, maka dengan adanya PAMSIMAS maka orang-orang akan mudah mendapatkan air minum yang bersih. Tentunya ini menjadi kunci kehidupan yang semakin lancar. Desa terhindar dari penyakit, bisa membuat desa yang sehat. Tidak akan ada yang diare lagi atau kekurangan gizi.

Upaya Mengiringi PAMSIMAS

Jika mendapatkan PAMSIMAS dari pemerintah bisa mensejahterakan masyarakat pedesaan dan pinggiran kota, maka perlu juga masyarakat untuk berupaya merawat kesejahteraan lingkungan juga. Contohnya tetap menjadikan budaya buang sampah pada tempatnya adalah budaya masyarakat. Dengan demikian air minum bersih yang didapat tidak tercemar. Pemerintah juga tidak sia-sia memberikan PAMSIMAS kepada masyarakat.

Selain itu, pemanfaatan PAMSIMAS juga perlu diawasi supaya tidak dijadikan pemanfaatan yang salah. Dengan adanya PAMSIMAS bukan berarti orang berhenti mencari sumber air bersih. Malah diharuskan untuk terus mencari sumber air bersih untuk tabungan tahun-tahun ke depannya. Sehingga kekeringan bisa diimbangi dengan air PAMSIMAS dan juga air yang sudah dicari

Bagaimana? Sudah mengerti bukan bagaimana cara memanfaatkan air minum PAMSIMAS ini. Tentunya ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika masyarakat juga terus merawatnya. Tetap cari sumber air bersih untuk tabungan kemarau panjang. Jangan menjadikan PAMSIMAS adalah satu satunya sumber air.

Sebagai masyarakat harus tetap merawat dan berjaga-jaga dengan mencari sumber air yang lain. PAMSIMAS adalah program penyedia air minum bersih untuk masyarakat yang bisa terus dinikmati oleh masyarakat, namun tidak menjadikan masyarakat buta akan pentingnya perawatan dan sumber air lainnya.(nkh)