Panduan Belanja Aman di Instagram

0
17

Ruang Instagram kini ibarat mall, ada banyak toko online yang memajang beragam kebutuhan kita. Dari keperluan sandang, papan, sampai dengan pangan. Berbelanja kini semudah membalikan telapak tangan. Modalnya sebuah kartu ATM, smartphone, dan kuota internet.

Para perempuan yang sibuk mengurus anak-anak hingga tak sempat ke luar rumah dan berbelanja langsung sekarang bisa bernapas lega. Yang diperlukan hanya membuat akun di Instagram dan mulai mencari kebutuhan dengan kata kunci. Voila! Berbagai macam toko online bisa kita pilih sendiri sesuai selera dan anggaran. Urusan bayar membayar pun tak perlu menghampiri mesin ATM karena sekarang ada SMS Banking dan Internet Banking. Usai transaksi, kita tinggal sabar menanti pesanan tiba ke alamat kita bermukim.

Namun kemudahan datangnya dengan konsekuensi yang lain. Saking gampangnya kita jadi tidak waspada terhadap penipuan dari toko online yang tidak bertanggungjawab. Berbelanja memang menyenangkan, namun jangan sampai kita menjadi korban penipuan.

Lantas bagaimana caranya agar berbelanja tetap aman di Instagram? Simak tipsnya berikut ini:

  1. Cek Jumlah Followers dan Jumlah Like di Beberapa Postingan

Banyaknya followers tidak selalu jadi jaminan. Sekarang followers dapat dibeli. Biasanya bila followersnya organik (tanpa beli followers), jumlah Like di postingan tidak akan terlalu jomplang dengan jumlah Followersnya. Bila dalam satu postingan Like-nya tidak lebih jumlahnya dari 100 sementara followers-nya ada 30K, maka patut dicurigai sebagai akun palsu.

  1. Cek Testimoni Pembeli

Bacalah komen-komen followers di beberapa postingan toko online di Instagram. Carilah komen bernada positif dan tidak dibuat-buat.

  1. Cek ‘Photo Of’ atau Bagian Photo Tagging

Normalnya pelanggan sebuah toko online menggunakan barang yang mereka beli dan memotretnya. Kemudian mereka unggah ke Instagram dan tag si toko online tempat mereka membeli barang tersebut. Maksudnya agar direpost/regram oleh toko onlinenya. Fitur ini sangat membantu meyakinkan kita bahwa toko online yang kita tuju bukan akun palsu.

  1. Cek Gambar Produk dan Keterangannya dengan Teliti

Agar tak menyesal salah pilih produk, simak baik-baik foto produknya berikut dengan keterangan produknya. Banyak toko online yang memajang informasi dengan detail. Untuk pakaian misalnya, mereka  tidak hanya mencantumkan ukuran pakaian dari S-XL, tapi juga memberikan data panjang dan lebar pakaian, termasuk jenis kainnya.

  1. Baca Informasi Profil Toko Online di Bagian Bio

Jangan melewatkan profil pendek sebuah toko online pada bagian Bio. Perhatikan jam beroperasinya toko online. Biasanya toko online mencantumkan hari dan jam bekerja (via chat).

  1. Cek Nomor Rekening Toko Online

Sekarang toko online mencantumkan no rekening, biasanya informasi tersebut tercantum pada teks  foto yang mereka unggah.

  1. Biasakan Membaca Informasi dengan Cermat

Membeli sebuah produk secara online, selalu cermat lah dalam membaca informasi yang tercantum di akun tersebut. Ketahui pukul berapa mereka bekerja, perhatikan no rekeningnya, perhatikan ukuran produknya, dan biasakan membaca sebelum bertanya. Ikuti peraturan yang mereka buat bila tidak mencurigakan.

  1. Bila Sudah Ada Konfirmasi Pengiriman, Sabarlah Menunggu

Tak usah membombardir admin toko online via chat dan komen di akunnya bila produk belum sampai. Umumnya mereka akan konfirmasi pengiriman pada pembeli. Jadi tunggu beberapa hari, bila barang belum sampai lebih dari satu minggu barulah bertanya pada mereka via chat.

Mudah bukan berbelanja aman di Instagram? Selama kita membaca informasinya secara cermat, sedikit sekali kemungkinan kita tertipu. Selamat berbelanja!(nw)