Berencana mau beli smartphone terbaru? Nah, sebelum buru-buru ke toko, coba baca dulu panduan membeli smartphone agar bisa sesuai dengan kebutuhanmu!

Perkembangan teknologi saat ini memang sudah sangat canggih. Banyak produk-produk teknologi yang bisa dinikmati dengan segala macam kecanggihan yang sudah disematkan di dalamnya. Salah satunya adalah smartphone. Smartphone atau sering disebut dengan ponsel pintar satu ini pun makin beragam. Bahkan banyak brand ternama yang menjadikan produk ponsel pintar sebagai jalan untuk menarik perhatian konsumen.

Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa kriteria yang sangat penting untuk diketahui sebelum mengeluarkan sejumlah rupiah untuk sebuah ponsel pintar. Untul lebih jelasnya, bisa disimak 7 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli smartphone berikut ini:

Sistem Operasi atau OS

Tentu semua sudah mengerti apa maksud dengan sistem operasi (OS) ini, bukan? Sistem operasi bertindak untuk menjalankan program yang ada di dalam ponsel. Nah, sebaiknya membeli ponsel pintar dengan sistem operasi yang terbaru.

Processor 

Hal berikutnya setelah memperhatikan sistem opreasi adalah processor yang disematkan dalam ponsel pintar tersebut. Processor yang menyerupai kemampuan sebuah laptop atau notebook, itu akan lebih baik. Processor ponsel dengan kecepatan yang tinggi akan semakin membuat nyaman menggunakannya. Apalah artinya ponsel pintar kalau processor-nya masih di bawah rata-rata. Tentu akan sangat sulit menikmati fitur-fitur yang ada dalam ponsel.

RAM (Random Access Memory)

Sistem operasi dan processor yang sudah mumpuni harus didukung dengan kapasitas RAM memory. Hal ini akan sangat berhubungan satu sama lain dalam hal kinerja sebuah ponsel. Lambat atau tidaknya pun bergantung pada kapasitas RAM yang dimiliki. Untuk saat ini, kapasitas RAM 4 GB sudah sangat layak untuk sebuah ponsel pintar.

Memori Internal

Penyimpanan data internal memang selalu ada pada sebuah perangkat elektronik. Apalagi ada aplikasi yang tidak bisa disimpan menggunakan microSD atau external memory. Nah, untuk sebuah smartphone sebaiknya kapasitas memori internal lebih tinggi dua kali lipat dari jumlah kapasitas yang sudah dipakai oleh sistem opreasi dan beberapa aplikasi lainnya. Hal ini agar memudahkan ponsel dalam bekerja alias tidak lemot bin lambat loading.

Kamera

Ponsel pintar bertindak sebagai media fotografi, why not? Justru saat ini sudah semakin berkembang teknik fotografi hanya dengan menggunakan sebuah smartphone. Tidak hanya itu, kamera penting untuk mengabadikan momen yang tidak akan datang dua kali pada saat tertentu. Kamera yang bagus dan mumpuni menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan sebelum membeli. Baik itu kamera depan ataupun kamera belakang.

Baterai

Ketahanan baterai pada sebuah ponsel pintar juga tidak boleh diabaikan. Kapasitas baterai yang tinggi menjadikan ponsel pintar menjadi tahan lama saat digunakan. Tidak perlu repot kesana-kemari mencari sumber daya untuk mengisi baterai. Apalagi jika fitur atau aplikasi yang sudah diinstal di dalam ponsel pintar sudah sedemikian banyak, tentu membutuhkan daya tahan baterai mumpuni ketika menjalankannya pada ponsel.  

Desain

Desain di sini lebih kepada besar kecilnya layar ponsel. Kalau saya pribadi sangat senang dengan layar minimal 5 inch. Hal ini dikarenakan pada tingkat kepuasan dalam menatap setiap sudut gambar yang ada dalam tampilan. Sekaligus memudahkan saat masuk ke dalam tulisan-tulisan blog untuk mencari informasi berbagai hal. Tak hanya itu, kemudahan digenggam pun menjadi salah satu alasan saya dalam memilih smartphone yang akan saya beli.

Nah, bagaimana dengan teman-teman sendiri? Apakah ada tambahan lain yang dianggap penting juga dibanding 7 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli smartphone di atas?  (rhm)