Wisata Paralayang Batu Malang adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke kota tersebut. Ada banyak fasilitas yang bisa didapat saat kesana. Bila akan ke paralayang jadi bisa sekalian ke Omah Kayu dan Taman Langit, karena tempatnya masih satu kawasan. Inilah lokasi, HTM, dan destinasi wisata yang ada di sana.

Lokasi Wisata Paralayang

Wisata paralayang ini berada di Jalan Songgokerto, Kota Batu. Paralayang ini juga masih satu kawasan dengan omah kayu atau taman langit. Jika dari arah Malang melewati alun-alun Kota Batu, lalu lanjutkan ke arah Pujon. Saat ini untuk menuju ke Paralayang sudah mudah sekali. Akses yang diperlukan untuk bisa sampai, ada banyak sekali petunjuk arah. Petunjuk arah ini bisa ditemui pada setiap simpang jalan dari arah Kediri, Blitar, dan Surabaya.

Jalan menuju kesana pun sangat mudah diakses jika menggunakan sepeda motor maupun mobil. Jika berangkat dari Kota Batu maka arah yang harus dilewati adalah jurusan Pujon lalu masuk ke kawasan paying.

Saat sampai di pertigaan Pujon maka sudah bisa melihat petunjuk arah untuk ke Paralayang. Tinggal mengikuti jalur arah yang terpasang. Atau jika masih bingung bisa menggunakan GPS.

HTM Dan Jam Operasional

Wisata Paralayang Batu Malang ini buka mulai pukul 07.00 sampai 05.00 WIB mulai pagi hingga sore. Jam tersebut hanya digunakan pada hari Senin sampai Jumat. Tetapi jika pada saat weekend yakni hari Sabtu dan Minggu Paralayang ini spesial buka selama 24 jam. Jadi walaupun malam hari masih bisa mencoba terbang pada hari sabtu dan minggu. Maka hal itu akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Untuk masuk ke wisata Paralayang, pengunjung diwajibkan membayar HTM sebesar 10 ribu. Dan jika ingin naik menggunakan paralayang maka harus membayar sendiri.

Destinasi Dan Fasilitas Yang Tersedia

Pengelola Paralayang semakin meningkatkan fasilitas agar pengunjung lebih nyaman saat berada di sana. Ada banyak sekali penjual makanan, bagi yang lapar atau haus dan juga ada pendopo untuk tempat beristirahat. Pemandangan yang indah pun menjadi salah satu kelebihan yang ada di wisata ini. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang ada di Paralayang Batu Malang :

Omah Kayu

Omah kayu atau yang berarti rumah pohon ini masih satu kawasan dengan Paralayang. Jadi jika ingin ke Omah Kayu harus masuk ke Paralayang terlebih dahulu. Di dalam wisata tersebut, ada spot foto yang instagramable dan juga penginapan. Di Omah kayu ini juga bisa melihat pemandangan yang seluruh kota yang indah, apalagi jika dilihat saat malam hari.

Omah atau rumah menempel di pohon yang kuat dan besar disana. Walaupun begitu, rumah ini tetap terjaga keasrian dan konsep alami dari hutan itu sendiri karena Omah Kayu ini bekerja sama dengan Perum Perhutani. Pengalaman ini sayang sekali jika dilewatkan saat berkunjung ke Batu.

Walaupun rumah yang dibuat sangat sederhana tapi pemandangan sekitar sangat sejuk dan indah. Untuk ke Omah Kayu ini dikenai biaya sebesar 10 ribu saja. Omah kayu ini juga masih sangat asri sehingga suasana saat berada disana sejuk dan segar. Apalagi jika ke tempat ini pada saat sunrise dan sunset maka pemandangan yang ada akan jauh lebih indah.

Taman Langit

Taman langit ini juga ada banyak sekali spot foto yang menarik. Ada spot foto paling terkenal yaitu kasur dengan rumput dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke wisata taman langit ini dikenai biaya 10 ribu saja. Tempat ini juga satu kawasan dengan paralayang.

Jika ingin ke paralayang belok kiri maka untuk ke taman langit belok kanan. Tetapi rutenya dari jalan besar menuju tempat wisata tersebut sama dengan ke paralayang.

Wisata Paralayang Batu Malang ini memang menyuguhkan pemandangan seluruh kota Batu. Apalagi jika dilihat pada malam hari maka akan terlihat lampu kota yang jauh lebih indah. Gunakan jaket jika ingin pergi kesana pada malam hari, karena suhu atau cuaca disana akan sangat dingin. Karena paralayang terletak pada dataran tinggi.(slk)