Artificial Intelligence sering disebut dengan kecerdasan buatan. Ada banyak manfaat artificial intelligence salah satunya adalah mempermudah pekerjaan dan aktifitas kehidupan manusia. Itulah mengapa perkembangan teknologi dalam kecerdasan buatan semakin meningkat pesat. Bagaimana kecerdasan buatan dalam kehidupan manusia dapat di lihat pada robot canggih dalam karya marvel atau Iron man.

Ada banyak manfaat artificial intelligence lainnya dalam kehidupan manusia. Hal ini sangat penting agar kehidupan manusia dapat hidup berdampingan dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Berikut akan dibahas macam manfaat dan robot hasil artificial intelligence yang saat ini pesat dikembangkan.

 

Manfaat Artificial Intelligence Dalam Kehidupan Manusia

Berikut ini akan dibahas beberapa manfaat artificial dalam kehidupan manusia dari berbagai aspek kegunaan, yuk disimak berikut ini:

  1. Rekam Medis

Salah satu manfaatnya adalah pada alat medis sebagai alat rekam medis. Alat tersebut untuk membantu melakukan diagnosa penyakit berdasarkan gejala-gejala yang ditimbulkan. Serta membantu mengelola manajemen data kesehatan dengan menggunakan aplikasi.

  1. Perangkat Yang Dapat Mencatat Perilaku Nasabah

Salah satu hasil kecerdasan buatan itu adalah perangkat Decision Intelligence yang berfungsi untuk mencatat segala pengeluaran belanja rutin para nasabah. Sehingga nasabah tidak perlu mengkonfirmasi pihak bank atau sebaliknya dengan begitu tagihan serta riwayat penggunaan kartu sangat mudah digunakan dan memudahkan.

  1. Mendeteksi Kemampuan Tertentu Pada Manusia

Manfaat Artificial Intelligence juga ada dalam setiap game yang selama ini sangat digemari oleh anak-anak adalah menggunakan perangkat yang dapat menggiring pemain game untuk menghalau musuh dan melanjutkan permainan.

  1. Sebagai Mesin Riset Digital.

Karena perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence juga berfungsi sebagai mesin pendeteksi minat para pengguna sosial. Sehingga pemasaran digital ini sangat memudahkan dan sangat efektif dalam bidang pemasaran saat ini.

  1. Mengidentifikasi Hama Jamur

Teknologi termal pada drone yang dikembangkan dalam kecerdasan buatan membantu manusia untuk mendeteksi hama pada jamur. Dengan menggunakan drone yang dapat mendeteksi dan merekam digital kondisi jamur sehingga dapat memberikan informasi adanya hama pada jamur.

Beberapa Robot Unik Hasil Perkembangan Artificial Inteligence

Manfaat artificial inteligence sudah tidak tabu lagi dalam kehidupan manusia beberapa kemudahan dan pekerjaan manusia sudah diambil alih oleh mesin kecerdasan buatan yang dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Ada beberapa robot unik hasil dari artificial inteligence

  • Self driving car yaitu mesin pada motor yang dapat berjalan tanpa pengemudi atau dapat di jalankan oleh orang yang tidak bisa sama sekali menyetir mobil. Sangat luar biasa sehingga semua perjalanan mobil dikendalikan oleh sebuah mesin yang terdapat di dalamnya.
  • Robot Pembunuh otomatis yaitu robot dengan dilengkapi kecerdasan dan meniru perilaku manusia sebagai pembunuh otomatis. Walaupun tetap menggunakan operator robot ini dapat membunuh target yang telah ditentukan.
  • Bot Pengendali Media Sosial yaitu bot yang mampu mengendalikan atau menggunakan media sosial pada akun tertentu jadi tidak perlu lagi menggunakan admin karena bot dapat melakukan apa yang dilakukan oleh admin online.
  • Memiliki dua kecerdasan ada yang tinggi dan ada yang lemah jadi manfaat artificial intelligence juga mampu menentukan kapasitas pada mesin buatan atau kecerdasan buatan tersebut.
  • Manfaat artificial intelligence memang hampir tumbuh dalam kehidupan manusia bahkan dalam pasar kecerdasan buatan ini sangat cepat menguasai pasar. Hal ini ditandai banyak perusahaan yang rela membayar para ilmuan teknologi yang dapat menghasilkan robot-robot kecerdasan yang bermanfaat dalam kehidupan manusia

Artificial Intelligence Dapat Meniru  Perilaku Manusia

Manfaat artificial intelligence diatas adalah sebahagian kecil yang terdapat dalam kehidupan manusia. Perkembangan teknologi memang menjadi mesin cerdas yang di desain untuk menirukan perilaku manusia, sehingga dapat menggantikan pekerjaan manusia. Hal ini menjadi informasi perkembangan teknologi yang digunakan degan tepat dalam kehidupan manusia di masa yang akan datang.

Namun manfaat tersebut tetap masih harus membutuhkan sentuhan tangan manusia untuk mengoperasikan nya. Tidak bisa seluruhnya dapat menggantikan manusia secara keseluruhan. Adanya manusia dan artificial intelligence harus menjadi sumber kekuatan dan pengembangan kehidupan manusia menjadi lebih baik bukan untuk menjadikan kehidupan menjadi sulit. (hn)