Bursa Pelatihan kerja adalah sebagian kecil lembaga atau tenaga penyalur yang di danai pemerintah untuk melahirkan kandidat-kandidat yang semakin siap dalam dunia kerja. Pelatihan tersebut merupakan modal awal yang harus dikembangkan oleh calon kandidat untuk lebih siap lagi kedepannya. Latihan yang diberikan biasanya dilakukan selama kurang lebih satu bulan.

Untuk jurusan atau kejuruan yang bisa diikuti oleh calon kandidat di pilih berdasarkan keinginan atau kemampuan para kandidat. Umumnya ada lima jurusan pelatihan yang disediakan oleh lembaga dan pemerintah.

Yang pertama adalah jurusan Metrologi Industri. Jurusan tersebut mendidik calon kandidat untuk lebih memantapkan diri dalam program office. Contohnya excel, para kandidat akan di latih dan diajarkan menggunakan rumus-rumus excel yang berguna untuk menghitung pajak, jumlah anggaran, pengeluaran perusahaan, kas perusahaan bahkan hingga rumus rugi-laba.

Pelatihan tentang arus daya listrik pun diberikan dalam jurusan metrologi industri agar calon kandidat bisa mengerti dan memahami dasar-dasar kelistrikan. Hebatnya pelatihan tersebut memberikan sertifikat kelulusan pengalaman kemampuan yang dibutuhkan perusahaan-perusahaan. Dengan adanya sertifikat pengalaman akan menjadikan dan memberikan nilai tambah tersendiri untuk para calon kandidat.

Jurusan yang kedua adalah welding atau pengelasan. Jurusan pelatihan ini diberikan untuk calon kandidat yang belum atau sudah terbiasa dalam pengelasan. Jurusan ini memberikan berbagai macam tips dan trik dalam pengelasan. Mulai dari memegang alatnya hingga cara mengelas yang rapih pun diajarkan di jurusan ini.

Banyak kandidat yang sudah ahli dalam bidang pengelasan ini diberangkatkan ke Jepang dan di perkerjakan di perusahaan-perusahaan ternama di Jepang. Dengan ditambah sertifikat keahlian tentunya akan semakin membuat calon kandidat percaya diri dan siap untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Yang ketiga adalah jurusan bahasa atau sastra jepang. Jurusan ini melatih para kandidat untuk bisa mahir berbahasa Jepang. Mengerti setiap kata yang di lontarkan oleh orang Jepang. Pelatihan dasar ini sangat membantu calon kandidat untuk lebih memahami bahasa dan budaya orang Jepang, karena lulusan pelatihan akan di kirim 5 orang terbaik untuk bekerja di negara Jepang.

Keempat adalah pelatihan untuk jurusan nelayan atau pelaut. Calon kandidat akan di bekali ilmu dengan teori-teori dasar ilmu nelayan. Mereka akan diajarkan bagaimana cara untuk menjadi awak kapal yang baik dan benar. Tugas mereka adalah untuk membantu para nelayan dalam menangkap ikan, menganalisa arus ombak dan memberikan sinyal kepada awak kapal lain bila ada badai yang akan datang ketika dalam perjalanan mereka melaut.

Jurusan ini diikuti oleh banyak laki-laki. Karena memang jurusan ini hanya diperuntukkan laki-laki saja. Mereka juga diberikan ilmu untuk membedakan ikan yang beracun dengan yang tidak beracun. Para kandidat juga diajarkan untuk menjadi koki handal dalam mengolah makanan laut, khususnya mengolah ikan. Lulusan ini akan pergi melaut dengan para nelayan kurang lebih 6 bulan hingga satu tahun lamanya melaut.

Dan yang kelima atau terakhir adalah pelatihan jurusan teknik komputer atau teknik informatika. Para kandidat dididik untuk bisa merakit komputer dari dasar hingga sampai ke pasar. Calon kandidat diutamakan bisa mengerti, merakit dan mengoperasikan perangkat hardware. Karena inti dari program komputer yang utama adalah hardware. Para kandidat dibekali pengetahuan tentang hardware mulai dari kabel VGA hingga program RAM yang berhubungan lanjut ke perangkat sofware nantinya.

Itulah lima pelatihan jurusan yang berguna untuk para calon kandidat di dalam menata dan membangun dunia IPTEK.(ra)

1 COMMENT