Mengawali MPASI menjadi momen deg-degan bagi banyak Ibu. Bagaimana tidak, bayi yang biasanya hanya minum susu, belajar cara makan selayaknya orang dewasa, walaupun dengan bentuk yang berbeda. Menyusun menu MPASI agar anak mau lahap makan menjadi tantangan tersendiri. Pemakaian garam ataupun gula pada MPASI pun hingga saat ini menjadi hal yang kontradiktif.

Banyak juga anak yang menjadi sembelit di awal MPASI padahal menurut ibunya, telah disiapkan menu yang kandungan gizinya seimbang. Tetapi jika ditelaah lagi, banyak menu MPASI yang ternyata tinggi serat.

Sistem pencernaan bayi bukanlah miniatur sistem pencernaan orang dewasa. Kebanyakan serat bagi bayi justru mempersulit kinerja sistem pencernaannya. Alih-alih terbantu untuk memproses makanan, kebanyakan serat malah membuat kerja sistem pencernaan lebih berat. Lalu bahan makanan apa yang membantu sistem pencernaan bayi? Jawabannya adalah LEMAK.

Seringkali Ibu-Ibu yang belajar mengenai MPASI mengenal istilah Lemak Tambahan. Apa itu lemak tambahan dan apa fungsinya bagi bayi?

Lemak bagi bayi berfungsi sebagai:

  1. Sumber energi/kalori
  2. Menghangatkan tubuh,
  3. Membantu pertumbuhan sel otak
  4. Mengontrol produksi hormon yang berfungsi sebagai pengatur respon dan pengatur sistem organ
  5. Membantu proses penyerapan vitmin ( A, D, E, K)
  6. Memperlancar pencernaan bayi

Bayi membutuhkan lemak sebayak 20% dari total kalori yang berasal dari protein hewan maupun nabati. Tetapi jika tidak mencukupi asupan lemaknya, dapat diberikan lemak tambahan. Lemak tambahan tidak sulit untuk dicari di sekeliling kita, adapun yang termasuk lemak tambahan antara lain:

  1. Minyak kedelai
  2. Minyak kelapa
  3. Minyak biji bunga matahari
  4. Minyak zaitun (EVOO atau ELOO)
  5. Minyak jagung
  6. Minyak kanola
  7. Minyak sawit/ minyak sayur
  8. Santan
  9. Mentega
  10. Margarin

Penggunaan lemak tambahan paling baik dikonsumsi tanpa melalui proses pemananasan. Masing-masing lemak tambahan punya kandungan yang berbeda. Variasikan konsumsi lemak tambahan agar anak mendapatkan berbagai macam nutrisi. Pilih lemak tambahan yang mudah didapat atau biasa dikonsumsi keluarga. Takaran lemak tambahan adalah 1 sendok teh hingga 1 sendok makan untuk tiap porsi makan.

Selamat berMPASI ria.(Anindita)