Pembentukan otak sangatlah penting dalam masa tumbuh kembang anak, oleh sebab itu usia 6 bulan pertama, asupan gizi dapat terpenuhi oleh Air Susu Ibu, karena ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi. Di dalam kandungan ASI selain nutrisi juga terdapat zat imun yang penting bagi daya tahan tubuh.

Setelah usia 6–12 bulan, kebutuhan ASI menurun menjadi 70%, kemudian pada usia 12–24 bulan menjadi 30%, oleh sebab itu, sisihkan waktumu untuk memberi perhatian pada anak, hanya 6 hingga 24 bulan saja kita harus memberikan MPASI yang padat gizi untuk daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit dan dapat tumbuh optimal.

Perlu diketahui bahwa bayi yang baru lahir itu hanya bisa menghisap dan menelan. Setelah 6 bulan lidah bayi baru bisa menjulur kedepan dan melempar makanan ke belakang lalu ditelan. Karena itu sebaik-baiknya MPASI yang diolah oleh Industri, lebih baik MPASI yang dibuat sendiri asalkan lengkap dengan asupan gizi cukup seperti karbohidrat, zat pembangun hewan nabati, pengatur sayuran dan buah-buahan.

Salah satu contoh bahan makanan yang bisa dibuat MPASI adalah ubi ungu, bahan pangan lokal yang tergolong superfood karena mengandung betakaroten dan antosianin yang berperan penting mendongkrak otak kepala dan otak pencernaan kesehatan tubuh berkualitas. Ubi Ungu mengandung antosianin sebagai antioksidan alami untuk mendukung daya tahan tubuh bayi, karena ubi ungu merupakan sumber serat  pangan tinggi zink serta mengandung 11 vitamin dan 7 mineral yang baik untuk kesehatan.

Dalam artikel ini, yuk kita ketahui cara membuat Ubi Ungu with Sweet Corn Creamy Soup.

Bahan-bahannya :

  •  40 gr Ubi Ungu yang sudah dilumatkan
  •  200 ml air panas
  •  1 buah Jagung rebus
  •  2 sdm tepung maizena.
  •  100 ml ASI perah.

Cara Membuatnya :

2 sdm tepung maizena dilarutkan  dengan 100 ml ASI perah, ambil jagung rebus lalu parut, kemudian dimasukkan kedalan adonan tepung maizena aduk hingga mengental dan angkat. 40gr Ubi Ungu yang sudah dilumatkan dicampur dengan air panas lalu aduk hingga merata, kemudian masukkan ke dalam mangkok gelas sambil diketuk-ketuk agar padat, lalu taburkan adonan tepung maizena . Jadi deh sajian MPASI Ubi Ungu with Sweet Corn Creamy Soup.

Bagaimana mengenali kesiapan bayi untuk mengkonsumsi makanan padat?

  1. Kontrol kepala tetap tegak dan stabil jika bayi didudukkan.
  2. Refleks menjulurkan lidah ketika melihat makanan.
  3. Selera makan meningkat.
  4. Tertarik ingin tahu apa yang kita makan dan mulai menatap mangkok makanan dan mencoba meraih makanan yang sedang kita suap.

MPASI yang baik itu, diberikan dengan cara yang benar :

  1. Tepat Waktu, MPASI harus diberikan saat ASI eksklusif sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, dan diberikan pada usia 6 bulan atau 180 hari merupakan kesiapan bayi untuk menerima MPASI berdasarkan perkembangan seperti : sudah dapat duduk dengan kepala tegak, bisa mengkoordinasikan mata, tangan dan mulut untuk menerima makanan, mampu menelan makanan padat.
  2. Memiliki kandungan gizi lengkap dan seimbang seperti : Makronutrien (karbohidrat, protein, lemak), Mikronutrien (vitamin dan mineral) serta Air. Bila kekurangan zat gizi mikro (seng, kalsium dan magnesium) akan mengalami Stunting (perawakan pendek akibat kekurangan zat gizi).
  3. Aman, MPASI disiapkan dan disimpan dengan yang higienis, diberikan menggunakan tangan dan peralatan makan yang bersih seperti : cuci tangan sebelum makan, hindari mencampur makanan mentah dengan makanan yang sudah matang.
  4. Cara yang benar yaitu bayi akan menunjukkan tanda lapar dan kenyang dengan bahasa tubuhnya (feeding cue), jika bayi usia 6-8 bulan berikan MPASI 2-3 x per hari, bayi usia 9-24 bulan berikan 3-4x per hari.

Inilah Jadwal Makan Bayi :

  • 06.00 ASI
  • 08.00 Makan Pagi (ASI/MP ASI/Makanan Keluarga)
  • 10.00 Makanan Selingan (buah,biskuit, puding,)
  • 12.00 Makan Siang (ASI/MP ASI/Makanan Keluarga)
  • 14.00 ASI
  • 16.00 Makanan Selingan (buah,biskuit, puding,)
  • 18.00 Makan Malam (ASI/MP ASI/Makanan Keluarga)
  • 20.00 ASI
  • 22.00 ASI
  • 02.00 ASI

Ulasan diatas sudah saya paparkan, oleh sebab itu anak usia 6-24 bulan adalah usia yang membutuhkan perhatian penuh seorang ibu, karena pemberian ASI dan MPASI yang baik harus diperhatikan untuk perkembangan otak dan untuk tumbuh kembang yang optimal. Jadi sebagai ibu harus benar-benar memperhatikan asupan gizi pada anak, karena jika kita terlena, maka waktu tidak akan berputar kembali, untuk itu sisihkan waktumu memberi perhatian pada anak, hanya 6 hingga 24 bulan saja kita harus memberikan MPASI pada bayi. Jangan sampai terlewatkan momen ini ya Ibu-Ibu. (ss)

1 COMMENT