Menggunakan riasan (make up) di era kekinian bagi para perempuan, bukanlah sesuatu yang aneh lagi. Make up sangat penting untuk menunjang penampilan, minimal memakai bedak dan lipstik. Tentu saja, kedua barang tersebut, akan memberikan efek positif kepada lawan bicara.

Seperti yang sudah sering kita lihat pada berbagai blog, vlog dan akun youtube dalam dan luar negeri, berbagai perlengkapan untuk ber-make up, sudah banyak digunakan oleh para remaja puteri, maupun perempuan dewasa lainnya. Riasan (make up) yang mereka gunakan tampak sangat bagus dan menarik (flawless), seakan-akan wajah mereka sangat mulus, tanpa jerawat, tanpa komedo, masalah kulit lainnya, maupun ketidaksempurnaan pada wajahnya.

Namun tahukah kita jika para beauty blogger, vlogger dan youtuber ini, layaknya perempuan lainnya, mereka memiliki berbagai permasalahan kulit? Tentu saja ini karena tak ada manusia yang sempurna, kan? Jangankan kita yang awam, mereka yang sudah ahli (expert) dalam bertata rias saja, pasti memiliki masalah, apalagi bagi yang sering terkena paparan sinar matahari langsung.

Demi mencegah dampak buruk tersebut, jangankan mereka, kita juga harus  rajin menggunakan perawatan kulit (skin care) khususnya wajah. Mengapa demikian? Berikut alasannya:

  1. Make up untuk menutup, bukan merawat kulit

Demi mendapatkan kulit wajah yang mulus, banyak perempuan yang masih salah kaprah dengan penggunaan make up. Mereka membubuhkan make up terlalu banyak ke wajahnya. Padahal, make up yang terdiri dari primer, foundation, maupun bedak, hanya dapat menutupi kekurangan pada wajah, yang bersifat sementara. Maka dari itu, kita butuh berbagai tahapan penggunaan skin care, demi mendapatkan kulit wajah yang sehat secara permanen.

  1. Karena pemilihan dan penggunaan (skin care) wajah yang baik dan cocok, akan menyelesaikan berbagai masalah yang dialami kulit.

Seperti obat yang kita konsumsi jika sedang sakit, dengan produk perawatan kulit (skin care) wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit, masalah kulit akan terselesaikan. Kita dapat memperbaiki keadaan kulit. Maka dari itu, sebelum kita membeli secara online, kita harus benar-benar banyak membaca review dari para blogger, menonton vlogger dan youtuber, yang sudah mencobanya terlebih dahulu. Selain itu, jika kita ingin langsung membelinya ke toko kecantikan atau  drugstore, kita bisa bertanya tentang produk yang ingin kita beli, kepada Konsultan Kecantikan (BA – Beauty Consultant) produk tersebut. Jika masih ragu, berkonsultasilah dengan dokter kulit dan ahli kecantikan lainnya. Intinya, jangan malas membaca dan bertanya.

Setelah kita mendapat saran yang terbaik, pastikan kita membeli produk yang aman, sudah terdapat Nomor dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan Halal, serta ramah lingkungan.

  1. Skin care yang tepat, bantu kita berhemat

Dengan membeli perawatan (skin care) wajah yang tepat dan sesuai jenis kulit wajah kita, kita dapat melakukan aksi penghematan dalam hal membeli make up. Kita dapat mengalihkan penggunaan uang kita untuk membeli skin care, mau pun melakukan perawat di salon. Kalau kita lebih suka melakukan perawatan kulit di salon, kita harus memilih salon yang berpengalaman dengan tenaga ahli yang berkompeten.

  1. Lakukan perawatan wajah secara rutin

Jika tak ingin ke salon, kita dapat melakukan perawatan wajah ini sendiri secara rutin. Inilah tahapan yang masih malas dilakukan para perempuan. Padahal, skincare routine ini, sangat penting. Skincare routine ini terdiri dari dua tahapan, yaitu untuk penggunaan pagi dan malam hari.

Untuk di pagi hari, setelah bangun tidur, kita dapat membersihkan wajah dengan Micellar Water yang dilanjutkan dengan air dan sabun wajah (facial foam/facial wash) yang sesuai dengan jenis kulit. Setelah itu, gunakan toner sebagai penyegar dan pembuka jalan bagi produk perawatan kulit lainnya.

Setelah beberapa saat, gunakan serum yang dapat mengenyalkan wajah. Tunggu sampai meresap, lalu lanjutkan dengan moisturizer dan krim siang yang dapat melembabkan wajah. Setelah diangin-anginkan, jangan lupa gunakan tabir surya (sunscreen) yang dapat melindungi wajah dari pengaruh buruk paparan sinar matahari. Jika ingin dilanjutkan dengan menggunakan make up, sudah boleh dilakukan. Skin care di sini, selain melindungi kulit wajah, juga dapat membantu berbagai produk make up menempel dengan baik dan lebih lama.

Setelah beraktivitas di luar rumah, sesampainya di rumah, segera bersihkan make up dengan susu pembersih (cleansing milk) dan micellar water, yang dilanjutkan dengan Facial foam/facial wash tadi. Langkah ini dapat menjadi lebih sempurna jika dua atau tiga kali seminggu, dilakukan proses scrubbing guna mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Jika tahapan tersebut sudah dilakukan, gunakan kembali toner, serum, moisturizer, kirm mata dan krim malam, demi menjaga elastisitas kulit wajah. Yang tak kalah penting, tentu saja, kita harus mengeksfoliasi kulit wajah dengan scrub khusus dan membubuhkan masker yang wajib kita gunakan 2-3 kali seminggu.

  1. Air Putih dan Suplemen Kesehatan kulit

Jika sudah melakukan skincare routine, jangan lupakan air putih yang wajib kita konsumsi minimal 8 gelas per hari. Bila diperlukan, misalnya kulit kita terlalu kering, kita bisa meminum suplemen kesehatan kulit yang bisa didapatkan di apotik. Jangan lupa, konsultasikan terlebih dahulu ke ahlinya.

Setelah kita merawat kulit dengan baik, produk tata rias (make up) yang kita gunakan, barulah akan memberikan ketahanan yang maksimal. Selain itu, riasan akan terlihat glowing seperti para beauty vlogger dan youtuber yang sering kita tonton. Selamat Mencoba.

Ilustrasi dari:

https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/soc-phoenix/wp-content/uploads/2016/02/20151234/10-Macam-Produk-Skincare-dan-Urutan-Pakainya.jpg (az)