Hidup sehat dan hidup lebih lama adalah keinginan semua orang. Untuk mempunyai tubuh sehat harus rutin berolah raga, menjaga asupan makanan, minuman yang masuk dalam tubuh dan tentunya berfikir positif, dengan berfikir positif akan membawa energi positif salah satunya untuk kesehatan tubuh.

Penyakit nomor satu di Indonesia yang menyebabkan kematian adalah TBC. Menurut data Forum Stop TBC Partnership Indonesia (FSTPI) Indonesia masuk peringkat ke dua setelah India untuk kematian karena kasus TBC, dengan jumlah 274 kasus kematian/hari.Tahun 2016 ada 1.020.000 kasus TB baru di Indonesia.

Apa Itu TBC (Tuberkulosis) ?

TB atau Tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman mycobacterium tuberculosis, kuman ini pertama kali ditemukan oleh peraih nobel Dr. Robert Koch pada tahun 1882 dan diumumkan tanggal 24 Maret, lalu tanggal ini sampai sekarang diperingati sebagai hari TBC sedunia.

Penyebaran TBC

Penyebaran TBC adalah melalui udara. Menurut Dr.Herlina Burhan (Dr.Paru-paru RS.Persahabatan) pada saat memperingati hari TBC 2018 mengatakan “bahwa penderita TBC bicara mengeluarkan 200 kuman, batuk dan bersin mengeluarkan 3.500 kuman jika tanpa menutup mulut dengan masker, tapi TBC tidak menular melalui peralatan makan atau pakaian yang sudah dicuci bersih.

TBC Menyerang Anggota Tubuh Bagian ini

Kuman TBC tidak hanya menyerang paru-paru tapi juga menyerang anggota tubuh seperti, kelenjar getah bening, selaput otak, usus, kulit, tulang, saluran kemih, saluran reproduksi, mata, tenggorokan.

Gejala TBC

  • Batuk berdahak kurang lebih dua minggu tanpa henti
  • Batuk berdarah
  • Sesak nafas dan nyeri di dada
  • Nafsu Makan berkurang.
  • Berat badan menurun perlahan / kurus.
  • Demam tidak terlalu tinggi.
  • Berkeringat di malam hari meskipun tidak beraktivitas.

Jika sudah ada gejela diatas cepat lakukan pemeriksaan ke dokter, sebelum kuman menyebar ke organ tubuh lain

Kuman TBC dan Sinar Matahari

Sinar matahari tak selamanya buruk untuk tubuh kita, berjemur di sinar matahari antara jam 7 – 9 pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya mempercepat regenerasi kulit, menguatkan sistem kekebalan tubuh.Kuman TBC pun tidak sekuat sinar matahari, karena kuman ini akan mati jika terkena sinar matahari.

Pentingnya Pengobatan

Pengobatan pertama penderita TBC diharuskan rutin minum obat selama 6 Bulan dengan jam dan menit yang sama setiap harinya, jika berbeda 1 jam saja maka kuman ini akan lebih aktif dari sebelumnya dan pengobatan harus diulang kembali ke tahap awal. Pengobatan menjadi sangat penting bagi penderita TBC untuk :

  • Menyembuhkan penderita, memperbaiki kualitas hidup, produktivitas.
  • Mencegah kekambuhan.
  • Mencegah penularan ke orang lain
  • Mencegah berkembangnya dan resitensi obat.
  • Mencegah TBC menjadi aktif dan naik ke stadium akhir yang beresiko kematian.

Pemerintah sudah sigap dan tanggap dalam menangani para penderita TBC dengan menyediakan pemeriksaan dan obat gratis untuk penderita TBC yang melakukan pemeriksaan diri ke PUSKESMAS terdekat, jadi lakukanlah pemeriksaan sejak dini ketika ada gejala batuk berdahak lebih dari dua minggu.(ns)