Perempuan Harus Melek TIK, Kenapa ?

0
20

Oleh : Rani Novariany

Tahun lalu, sempat menghadiri satu acara yang diusung teman-teman RTIK alias Relawan TIK di Bandung. Beberapa poin yang dibahas, terdiri dari pendayagunaan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk membangun desa atau wilayah. Tahun ini, tepat di awal Agustus 2016, saya menghadiri satu acara yang lagi-lagi membahas tentang pendayagunaan TIK, namun untuk acara kali ini, “sasaran” utamanya adalah perempuan.

Kenapa harus perempuan? Karena ternyata, berdasarkan data yang ada, penggunaan internet di Indonesia didominasi oleh kaum perempuan. Perempuan juga jauh lebih aktif di sosial media, dan peran teknologi ternyata bisa membantu dalam hal meningkatkan kepercayaan diri perempuan.

Lewat internet, perempuan yang mungkin ruang geraknya terbatas, bisa dengan leluasa berinteraksi dengan siapapun dan di mana pun. Membagi permasalahan hidup yang mungkin sulit untuk diceritakan pada kehidupan nyata, bahkan juga bisa membuka jalan untuk perempuan berwirausaha secara online.

 

Foto-2

Tapi tentunya, masih banyak perempuan yang belum melek internet, karena keterbatasan dalam hal ilmu maupun kesempatan untuk mengakses internet itu sendiri. Namun, ada juga yang sudah melek internet, tapi kurang memperhatikan etika-etika dalam bersosial media, dan justru kurang bijak dalam penggunaan internet.

Karena alasan-alasan itulah, sangat penting bagi kita untuk memberikan edukasi mengenai pemanfaatan internet dengan tepat. Kalau pun bukan untuk bersosial media atau berwirausaha, minimal untuk bekal menjadi Ibu di jaman serba teknologi ini, belajar internet dapat memudahkan Ibu dalam memantau pergaulan anak yang pastinya sudah sangat bersahabat dengan internet.

Kurang lebih diatas adalah poin-poin yang saya tangkap dari sambutan yang diberikan oleh Ibu Ratna selaku Biro Hukum dan Humas KPPPA dan juga Ibu Ir Agustina Erni, M. Sc selaku Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian Pemberdaya Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) , di acara Roadshow SEREMPAK. Pada Senin, 01 Agustus 2016 lalu, bertempat di ballroom Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta.

 

Foto-1

 

Jakarta, merupakan kota ketiga dalam rangkaian acara ini, setelah sebelumnya menyambangi Makassar dan Surabaya. Tentunya, roadshow yang diadakan di 6 kota besar di Indonesia ini juga memiliki tema yang berbeda-beda. Untuk roadshow Serempak di Jakarta, bertema “Pendayaagunaan TIK Dalam Pemberdayaan Perempuan”.

Pernyataan yang sama juga diungkapkan oleh  Ibu Mariam F Barata Plt. Direktur Jendral Aptika Kementerian Kominfo, yang menjelaskan pentingnya mengedukasi perempuan tentang etika bersosial media. Karena sudah banyak contoh kasus terkait Ibu-Ibu/Perempuan yang terjerat hukum karena kurang berhati-hati dalam penggunaan internet.

Selanjutnya, ada sharing session dari Mbak Nuniek Tirta Ardianto seorang pelaku internet (blogger, community builder, digital networker, dan juga counselor) yang juga sekaligus founder komunitas Startup Lokal, yang bercerita bagaimana peran internet membantunya selama ini. Bahkan Internet, sudah menjadi sahabat bagi Mbak Nuniek pribadi.

Selain itu ada juga sharing dari Mbak Nova Eliza seorang Public figure dan juga socialpreneur. Yang juga merupakan founder dari Yayasan Suara Hati, di mana yayasan ini adalah sebuah gerakan aksi untuk menghentikan kekerasan pada perempuan dan anak. Sekaligus juga untuk membentuk solidaritas antar perempuan. Dan internet juga terbukti ampuh untuk mensukseskan acara fund raising yang digelar oleh Yayasan Suara Hati.

Terakhir ada, Ibu Martha Simanjuntak, SE. MM Ketua Pokja Serempak, sekaligus juga founder dari IWITA (Indonesian Women IT Awareness) yang menjelaskan secara singkat apa itu sebenarnya SEREMPAK. Serempak, yang dalam arti sebenarnya adalah bersama-sama, ternyata juga memiliki kepanjangan khusus, yaitu Seputar Perempuan dan Anak.

Dalam hal ini, Ibu Martha juga menjelaskan, saat ini sudah hadir Serempak.id, sebagai portal online yang bisa diakses siapa saja dan bahkan siapapun bisa ikut berkontribusi untuk mengirimkan tulisan mengenai, Kesehatan & Kecantikan, Hukum & Kebijakan, IPTEK, Ibu dan Anak, Karir & Usaha, maupun tentang Wisata, Budaya, dan Kuliner. Diharapkan, portal online ini bisa membantu banyak perempuan indonesia di mana pun berada, untuk mendapatkan manfaat yang positif dalam berinternet.

Situs ini juga sudah cukup lengkap dengan didukung hadirnya fitur e-learning, sebagai wadah pembelajaran secara online. Ada juga fitur Laman UKM, untuk yang ingin mempromosikan hasil UKM asli Indonesia. Punya usaha UKM? Ayo deh, berdayakan fitur ini supaya produk kalian bisa semakin dikenal.

 

Foto-3

 

Selain ada website, SEREMPAK juga hadir diberbagai sosial media. Facebook : Serempak Indonesia Twitter @Serempak_ID Instagram @Serempak

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba menulis serempak