Perempuan Tidak Perlu Takut Menjadi Pintar

0
21

Oleh : Dita Soehardi

 

Dita 1

 

Senin, 1 Agustus 2016, saya berkesempatan hadir dalam roadshow sosialisasi SEREMPAK. Bertempat di Hotel Saripan Pasific, Thamrin, Jakarta, roadshow kali ini bertema, “Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pemberdayaan Perempuan”. Dalam kegiatan ini saya lebih mengenal apa itu SEREMPAK dan bagaimana SEREMPAK memberi warna bagi perempuan di Indonesia. Selain Jakarta, roadshow juga teah dilakukan di beberapa daerah lainnya.

Lagu Indonesia Raya menjadi pembuka acara, sudah lama bagi saya tidak menyanyikan Indonesia Raya. Kemudian berlanjut dengan Tari Ganjen Kipas, tarian khas Betawi sukses memukau tamu undangan, gerakan lincah dari penari menambah semangat para undangan.

 

Apa itu SEREMPAK

 

IMG_2392

 

SEREMPAK adalah salah satu portal dibawah naungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak disingkat KPPPA. SEREMPAK merupakan singkatan dari Seputar Perempuan dan Anak, menjadi satu-satunya portal interaktif yang memberikan fasilitas diskusi (media komunikasi) terkait pemberdayaan perempuan dan anak yang dipandu oleh pakar-pakar di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Apa yang SEREMPAK LAKUKAN?

  • Menyebarluaskan informasi program-program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dan perlindungan anak.
  • Wadah kerjasama kolaborasi penggiat pengembangan sosial.
  • Pemercepat pengembangan pemanfaatan tehnologi (seperti ICT) untuk perempuan seperti e-Learning, e-commerce dan e-Public Service.
  • Meningkatkan akses dan partisipasi perempuan dalam program–program pengembangan masyarakat, khususnya perempuan dan perlindungan anak dengan efektif, efisien, kreatif dan muda dalam pengelolaan.

Visi

Membangun dan mengoperasikan portal Teknologi Informasi (TI) untuk perempuan (sarana interaktif) dengan fasilitas, informasi dan berita tentang kegiatan terkait, artikel tentang TIK dan topik lain terkait perempuan, materi ajar yang dapat diakses secara online dan forum sebagai sarana diskusi yang dimoderatori oleh pakar pada topik masing-masing melalui sosial media.

Misi

Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memanfaatkan TIK untuk perempuan, sehingga dapat lebih produktif dalam kehidupan sehari-hari

 

Saya Perempuan Indonesia

 

Dita 2

 

Saya besar di keluarga yang tidak ada diskriminasi masalah gender. Orangtua saya memberikan hak penuh kepada semua anaknya. Tapi saya tahu, tidak semua perempuan Indonesia bernasib sama. Oleh karena itu, SEREMPAK ada untuk menjadikan perempuan Indonesia lebih baik dan setara.

Semua orang tahu, bahwa perempuan Indonesia adalah salah satu perempuan ‘perkasa’ di dunia. Sejarah mencatat kemerdekaan Indonesia tidak hanya diraih oleh para pahlawan berjenis kelamin laki-laki, akan tetapi ada deretan perempuan luar biasa yang turut serta mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Perempuan Indonesia hadir dengan banyak perannya, istri, ibu dan sebagai salah satu pejuang ekonomi keluarga. Anda bisa melihat banyak contohnya di sekitar Anda. Ada banyak ibu-ibu yang bangun sebelum ayam berkokok untuk menyiapkan sarapan dan bekal makan siang untuk keluarganya, saat anak dan suaminya berangkat kerja, demikian juga dirinya, atau deretan ibu rumah tangga yang melawan ego kariernya untuk memberikan yang terbaik untuk keluarganya. Akan tetapi walau statusnya ibu rumah tangga, tapi tidak pernah berhenti berkarya. Ya itulah potret hebatnya perempuan Indonesia.

Kemajuan teknologi mempermudah perempuan Indonesia untuk berkarya. Sebagai penguna internet terbesar no 4, penelitian menunjukkan bahwa pemakai internet cukup banyak adalah perempuan, biasanya digunakan untuk sosial media, belanja online dan mengembangkan usaha online.

 

Roadshow Serempak

 

DSC_2458

 

Seperti yang sudah saya bahas di atas, tema yang dibahas KPPPA dan Serempak adalah “Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pemberdayaan Perempuan” setelah roadshow diadakan di Makasar dan Surabaya, Jarkarta adalah kota ke-3 dan masih akan dilanjutkan ke beberapa kota di Indonesia. Berikut adalah ringkasannya.

Kegiatan : Roadshow Serempak Jakarta diselenggarakan di Hotel Sari Pan Pacific

Host : host Mbak Nurul Musyafirah

Sambutan :

  • Agustina Erni (Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat KPPPA)
  • Martha Simanjuntak yang sekaligus merupakan Ketua Pokja Serempak

Pemateri :

  • Mariam F Barata selaku Plt Dirjen Aptika, Kominfo
  • Nova Eliza selaku Founderdari Yayasan Suara Hati Perempuan
  • Nuniek Tirta Ardianto selaku Blogger, Community builder,digital networker counselor

Pada sambutannya Ibu Ir. Agustina Erni, mengatakan bahwa sekarang ini pentingnya perempuan Indonesia bisa bersaing di era digital. Perempuan Indonesia dituntut lebih tahu dan bisa memanfaatkan teknologi dengan baik. Ibu Erni berharap keberadaan SEREMPAK bisa menjadi wadah bagi perempuan Indonesia untuk lebih bisa maju dengan teknologi.

Seperti kepanjangannya, SEREMPAK portal yang dibuat SEREMPAK bertujuan mengoptimalkan pemanfaatan internet untuk produktivitas perempuan. Di sisni, perempuan Indonesia bisa belajar, menambah pengetahuan, meminimalisir dampak negative dari internet dan agar bisa meningkatkan ekonomi keluarga.

Selain hal di atas, SEREMPAK juga ingin memudahkan akses perempuan Indonesia pada pemerintahan, pendidikan, pengetahuan dan sharing tentang kebutuhan perempuan. Dan roadshow ini bertujuan untuk sosialisasi kepada perempuan Indonesia.

 

Pemateri Roadshow

Mariam F Barata

 

IMG_2408

 

Internet memudahkan perempuan. Sebagai salah satu pecandu belanja online sejak lama. Saya tahu pasti bagaimana internet memudahkan ibu-ibu selaku penjual barang untuk memasarkan produknya. Internet membuat jangkauan penjualanan barang mereka lebih luas.

Dengan perkembangan yang demikian pesat, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI) mempunyai progam untuk mendukung UKM yang ada di Indonesia, progam ini bernama 1000 technopreneur, 1 juta nama domain gratis & 8 juta UKM. 1 juta nama domain dari KOMINFO diberikan gratis kepada UKM, Pesantren, Komunitas dan Sekolah.

Dengan ini UKM di indonesia diharapkan tidak lagi bingung bagaimana memasarkan produknya, karena kalau secara online, jangkauan pasarnya bisa seluruh dunia. Untuk toko online KOMINFO mengeluarkan sertifikat elektronik digital agar mempermudah transaksi dan menjaga kepercayaan antara penjual dan pembeli online.

Salah satu kampanye KOMINFO adalah internet sehat dan aman, peran perempuan sangat diperlukan dalam mengembangkan kampanye. Tidak semua hal di internet itu negative, karena banyak hal menarik dan bisa mencapai kesuksesan lewat internet. Asal kita menggunakannya secara sehat dan aman.

KOMINFO mengharapkan peran serta perempuan dalam mengawasi penggunaan internet bagi keluarga dan lingkungan. KOMINFO tidak bisa bekerja sendiri dalam pengawasan konten, sangat perlu dukungan semua pihak. Bila ada konten negatif kita bisa segera melaporkannya melalu email berikut : aduankonten@mail.kominfo.go.id dan info@nawala.org.

Dunia blogging salah satu yang termasuk hal positif dari penggunaan internet, banyak blogger-blogger sukses yang berawal dari dunia tulis menulis online. Di lain hal, cybercrime masih menjadi momok besar di Indonesia, banyak perempuan yang menjadi korban. Untuk itu, Ibu Mariam mengharapkan kita lebih cerdas dalam menggunakan internet.

 

Nuniek Tirta Ardianto

 

Dita 3

 

Sesi kedua diisi oleh Mbak Nuniek Tirta Ardianto, rasanya blogger pasti sudah mengenal beliau. Blogger famous, hehe…  Kenal Mbak Nuniek tidak begitu lama, akan tetapi prestasinya sungguh luar biasa. Mbak Nuniek ini salah satu blogger yang saya kagumi. Bukan pertama kali saya melihat sharingnya, dan beberapa kali hadir dalam acara meet up start up.

Hal yang belum saya ketahui adalah sejarah Mba Nuniek bisa sampai seperti sekarang. Menurut saya pribadi, Mba Nuniek adalah salah satu contoh perempuan hebat yang memanfaatkan teknologi internet dalam menunjang upgrade dirinya, dari istri seorang programmer yang mendirikan salah satu bisnis pembelian tiket online menjadi pegiat start up untuk para penggiat start up di Indonesia.

Mbak Nuniek bisa menggunakan internet sebagai sarana untuk pengembangan diri, dari sekedar membentuk sebuah komunitas, meng-upgrade ilmu, bahkan pada akhirnya saat ini Mbak Nuniek menghasilkan rupiah dari internet. Lewat internet, Mbak Nunik sudah diundang ke berbagai event international bersama sang suami yang memang ahli IT Mbak Nuniek membangun start up lokal yang mendunia.

 

Nova Eliza

 

Dita 4

 

Nova Eliza sebagai founder Yayasan Suara Hati Perempuan. Nova mendirikan Yayasan Suara Hati untuk memberikan edukasi terhadap kekerasan kepada perempuan dan anak. Motivasi Nova adalah saat dia melihat kekerasan yang terjadi pada pertikaian GAM di Aceh. Nova Eliza tidak sendirian, bersama 60 artis lainnya, banyak hal yang sudah YSHP lakukan. Tahun ini YSHP menargetkan rumah singgah di Pidie, Aceh.

Bagi Nova Eliza, pentingnya teknologi informasi agar perempuan tahu hak-hak mereka, agar kekerasan kepada perempuan dan anak bisa ditekan seminim mungkin. Media sosial menjadi poin penting dalam penyebaran informasi kepada perempuan Indonesia.

 

Martha Simanjuntak

 

Dita 5

 

Closing acara ditutup oleh Bu Martha selaku ketua Pokja Serempak dan founder IWITA. beliau menjelaskan serempak dengan lebih detil. Berikut adalah link social media SEREMPAK:

Website           : www.serempak.id

Facebook         : Serempak Ind

Twitter            : @SerempakID

Instagram        :  serempak

Youtube           :  Serempak Indonesia

Google plus     : Serempak Indonesia

Ibu Martha berharap keberadaan Serempak bisa menjadikan jembatan antara pemerintah dan perempuan Indonesia. Pada portal SEREMPAK diharapkan perempuan dan anak mendapatkan wawasan baru yang dibutuhkan dan dapat menunjang pencapaian dirinya.

 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba menulis serempak