Setiap negara pasti memiliki perkembangan teknologi salah satunya adalah perkembangan teknologi transportasi di Indonesia. Transportasi di Indonesia memiliki perkembangan dari masa ke masa. Hal itu merupakan proses keberlangsungan hidup manusia. Transportasi tersebut juga memiliki fungsi untuk memindahkan dari suatu tempat ke tempat lain.

Seiring berjalannya waktu maka perkembangan teknologi juga semakin maju. Transportasi Indonesia juga ingin menghadirkan transportasi yang modern. Namun masyarakat juga perlu tahu perkembangan transportasi  dari jaman dahulu hingga sekarang.

Alat Transportasi Yang Digunakan Pada Zaman Dahulu

Pada zaman dahulu mungkin teknologi tidak secanggih saat ini. Namun sebagai masyarakat Indonesia wajib mengetahui perkembangan teknologi transportasi di Indonesia. Berikut ini adalah alat transportasi yang digunakan pada zaman dahulu, baik di darat, laut maupun udara, di antaranya adalah :

  1. Penggunaan Alat Transportasi Darat

Pada zaman dahulu masih menggunakan alat transportasi yang sederhana. Untuk penggunaan alat transportasi darat pada masa itu masih menggunakan pedati, delman dan juga kuda. Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Karena penggunaan alat transportasi yang masih tradisional maka waktu tempuh pun sangat lama dan juga terbatas. Pada zaman dahulu kendaraan tersebut dilakukan untuk membantu kegiatan sehari-hari. Mungkin sekarang masih ada beberapa masyarakat yang menggunakannya namun sudah sangat jarang.

Kemudian muncullah sepeda pertama yang tidak memiliki pedal atau kayu. Setelah itu seseorang yang berasal dari Skotlandia menemukan pedal atau kayu pertama untuk sepeda di roda belakang. Pada masa itu sepeda merupakan alat transportasi yang sudah cukup modern.

  1. Penggunaan Alat Transportasi Laut

Bukan hanya di darat saja, namun di laut juga memiliki alat transportasi yang digunakan oleh masyarakat. Namun pada saat itu masih menggunakan alat transportasi yang terbatas yakni hanya dengan perahu dayung yang dirakit. Perahu tersebut digunakan dengan bantuan tenaga manusia.

Ada juga perahu layar pada masa itu, yang digerakkan dengan bantuan tenaga angin. Hal itu pun bisa menyebabkan memakan waktu yang lama. meskipun begitu alat transportasi itu tetap digunakan untuk mengangkut barang dari satu pulau ke pulau lainnya.

Muncullah mesin diesel yang bisa menggerakkan kapal yaitu mesin uap. Ada juga dengan menggunakan tenaga nuklir kapal tersebut bisa digerakkan. Pada tahun 1840 mulai dipakai baling-baling yang berada di belakang kapal dan juga berada di dalam air.

  1. Penggunaan Alat Transportasi udara

Pada zaman dahulu juga terdapat alat transportasi yang melewati lintas udara. Namun juga masih menggunakan alat yang terbatas, yakni hanya dengan balon udara. Dibuat oleh Montgolfier pada tahun 1783.

Pada masa itu balon udara bisa terbang karena diberi udara panas yang berasal dari hidrogen yang dibakar. Namun hal itu sudah tidak dilakukan lagi karena akan memicu terjadinya kebakaran. Sehingga balon udara di zaman sekarang sulit ditemukan dan hanya ada pada waktu-waktu tertentu seperti acara festival.

Alat Transportasi Yang Digunakan Pada Zaman Sekarang

Pada zaman sekarang perkembangan teknologi transportasi di Indonesia juga sudah semakin maju. Hal itu dikarenakan perubahan yang semakin cepat dan juga canggih. Berikut ini adalah alat transportasi yang digunakan masa sekarang, diantaranya adalah :

  1. Penggunaan Alat Transportasi Darat

Semakin canggih alat transportasi maka semakin cepat pula waktu yang digunakan untuk menempuh jalan. Sehingga tenaga yang digunakan juga tidak terlalu menguras energi manusia. Saat ini sudah memakai kendaraan seperti motor yang menggunakan mesin.

Kendaraan bermesin ditemukan ketika mesin uap muncul lalu dibuatlah seperti sepeda motor, mobil, dan juga kereta api yang lebih modern. Kendaraan-kendaraan tersebut juga mengalami perubahan bentuk maupun kecepatan. Seperti yang sudah ada baru-baru ini yaitu MRT atau kereta yang memiliki waktu tempuh sangat cepat.

  1. Penggunaan Alat Transportasi Laut

Perubahan juga terjadi pada alat transportasi untuk lintasan laut yakni adalah sebuah kapal yang menggunakan mesin. Kapal layar yang sudah digunakan juga memiliki kecanggihan karena perkembangan teknologi. Sama seperti halnya dengan mesin motor dan juga mobil yang sering disebut juga kapal motor.

  1. Penggunaan Alat Transportasi Udara

Perkembangan teknologi transportasi di Indonesia juga terdapat di lintasan udara. Seperti yang sudah diketahui pada zaman dahulu masih menggunakan balon udara namun sekarang sudah menggunakan pesawat. Pesawat tersebut juga digerakkan oleh mesin, begitu pula dengan helikopter.

Itulah beberapa perkembangan teknologi transportasi di Indonesia dari masa ke masa. Baik itu transportasi darat laut maupun udara. Setiap tahun memang terdapat inovasi baru dari transportasi yang lebih canggih.(hn)