Perkembangan zaman tak dapat ditahan lajunya, kitalah yang harus mampu menyiasati agar tak terlindas. Bekal yang tebaik agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan adalah ilmu pengetahuan. Akses terhadap ilmu pengetahuan bagi masyarakat saat ini sudah selayaknya disediakan oleh pemerintah secara terbuka dan mudah.

Salah satu akses bagi ilmu pengetahuan adalah melalui literasi. Pemerintah menyediakan sumber ilmu pengetahuan dalam bentuk buku ataupun bacaan dan teknologi lainnya agar dapat di akses oleh masyarakat secara cuma-cuma.

Perpustakaan adalah ujung tombak pengembangan literasi masyarakat Indonesia, Perpustakaan bukan hanya tempat tumpukkan buku berdebu. Kini, perpustakaan telah mengubah kesan kusam tersebut dengan program-program yang bervariasi untuk mencapai masyarakat di manapun di seluruh Indonesia.

Salah satu program peningkatan literasi yang diadakan oleh perpustakaan adalah melalui program kerja jangka pendek maupun jangka panjang.

Rencana Strategis Perpustakaan Nasional RI 2015-2019

Pembangunan nasional sebagaimana amanat UndangUndang Dasar 1945 bertujuan untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Untuk mencapai salah satu tujuan tersebut,

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan mengamanatkan, bahwa pembangunan perpustakaan bertujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca dan wahana belajar sepanjang hayat.

Perpustakaan berperan juga dalam mengembangkan potensi masyarakat agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta bertanggung jawab dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan nasional menuju terwujudnya masyarakat unggul, cerdas, kritis, dan inovatif berbasis pada penguatan mentalitas budaya sejalan dengan agenda revolusi mental diharapkan terjadi perubahan yaitu Indonesia berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi, dan berkepribadian sosial budaya, melalui terwujudnya masyarakat yang terinformasi dan berbudaya baca.

Pustakawan Bergerak

Program pustakawan bergerak adalah salah satu program perpustakaan nasional yang menggandeng semua unsur penggiat literasi di seruluh Indonesia. Tujuannya agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat di seluruh penjuru Indonesia. Hingga tidak ada lagi masyarakat yang terhalangi haknya untuk dapat mengakses ilmu pengetahuan melalui bahan bacaan yang bermutu.

Para penggiat lietrasi bersama-sama dengan perpustakaan melakukan pendekatan kepada masyarakat agar minat baca meningkat dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan.

Bekal ilmu yang didapat melalui berbagai bacaan bisa menjadi bekal meningkatkan ekonomi masyarakat. Karena, bukan hanya sekadar membaca saja, namun kini perpustakaan dan pemerintah serta seluruh pihak terkait melakukan program-program pelatihan bagi masyarakat. Peprustakaan daerah sebagai unit pelaksana kegiatan tersebut.

Bukan lagi peprustakaan menunggu kedatangan para pembaca, namun kini pustakawanlah yang betgerak dan mempersempit jarak antara peprustakaan dengan masyarakat. Sehingga masyarakat secara langsung dapat merasakan manfaat keberadaan perpustakaan di wilayahnya.

Perpustakaan Digital

Indonesia memiliki generasi muda yang kelak akan menjadi penopang pembangunan bangsa. Generasi melek teknologi yang memiliki cirri khas menginginkan segala sesuatu dapat dikases dengan mudah dan cepat.

Perustakaan pun harus dapat menjangkau generasi ini agar minat baca semakin meningkat. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional adalah membangun peprustakaan digital. Baik dalam bentuk aplikasi maupun secara fisik membuat sebuah ruang multi media yang terdapat di lantai 19 gedung Perpustakaan Nasional di jalan Merdeka selatan, Jakarta.

Ruang multi media tersebut dapat diakses oleh seluruh anggauta perpustakaan secara gratis. Pengunjung dapat menggunakan komputer dengan akses internet yang cepat untuk berselancar di dunia maya.

Sedangkan aplikasi perpustakaan digital iPusnas dapat diunduh secara gratis melalui gawai. Telah banyak e-book yang dapat diunduh dan dibaca melalui aplikasi ini. Jenis dan penulis pun bervariasi, seperti layaknya perpustakaan pada umumnya.

Ruang Baca Anak

Tak ketinggalan tentu saja, anak-anak pun mendapat perhatian khusus, di Perpustakaan Daerah maupun Perpustakaan Nasional telah ada ruang khusus anak. Dimana anak dapat bebas memilih buku-buku yang khusus diperuntukkan bagi mereka. Dengan design ruang yang nyaman dan aman bagi anak-anak untuk leluasa bergerak, memilih buku bacaan kesukaannya serta memilih tempat membaca yang paling nyaman baginya.

Dengan berbagai perbaikan dan pengembangan peprustakaan serta program-program yang lebih progresif diharapkan minat baca masyarakat Indonesia akan meningkat sehingga tujuan pembangunan nasional pun dapat tercapai.

Mari kita manfaatkan serta jaga dengan baik fasilitas yang begitu penting ini, bukan hanya untuk kita tapi juga untuk dapat dimanfaatkan generasi berikutnya.(em)