Kota seribu sungai , itu lah julukan yg melekat pada Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sungainya terhampar luas di setiap sudut kota. Salah satu sungai yang terkenal di Banjarmasin,  yaitu sungai Martapura. Yang merupakan destinasi favorit wisata di Kota Banjarmasin Kita bisa berwisata dengan menyusuri sungai, menggunakan klotok. Klotok adalah sejenis kapal kecil, yg mengunakan mesin untuk menjalankannya.

Pada hari biasa disetiap minggu pagi banyak wisatawan yg mengunakan klotok, di pasar terapung. Ada yg sekedar jalan2 menyusuri sungai,  ada  yg berbelanja, ada juga yg hanya sekedar kuliner, karena dipasar terapung banyak menyediakan jajanan khas daerah,  dan juga menjual buah-buahan serta sayuran khas Kalimantan.

Namun khusus pada bulan ramadhan, destinasi wisata sungai ini,  sedikit berbeda karena kita bisa menyusuri sungai sekaligus bisa berbuka puasa bersama kerabat dan sahabat. Kita bisa ngabuburit dengan menggunakan klotok melihat Kota Banjarmasin,  jalur yang dilalui ditengah-tengah Kota Banjarmasin. Biayanya pun sangat terjangkau sehingga semua masyarakat dan wisatawan dapat menikmati indahnya kota Banjarmasin dengan mengunakan klotok.  Di tepi sungai Martapura, terdapat berbagai macam makanan yang dijual untuk berbuka puasa,  yang dikenal dengan Pasar Wadai.

(Sumber Foto : Get Borneo)

Pasar Wadai adalah satu pasar yg hanya ada pada bulan ramandhan saja, di pasar wadai banyak yg berjualan makanan dan minuman,  serta takjil untuk berbuka puasa. Wadai dalam bahasa Indonesia adalah kue, tapi bukan berarti di Pasar Wadai orang hanya berjualan kue saja. Mungkin, dinamakan Pasar Wadai karena wadai atau kue-kue khas banjar enak-enak.

Ada beberapa wadai  yg saya sukai yaitu namanya ipau, amparam tatak, bingka barandam, hula-hula, putri selat,  sari pengantin,  lapis india hehe lucu-lucu ya nama wadai nya, masih banyak wadai lain nya yg tak kalah enaknya. Wadai-wadai ini hanya kita jumpai pada bulan Ramadhan. Wadai khas kalimantan banyak yang manis-manis dan legit, tapi ada juga wadai yang gurih rasanya.

Ramadhan adalah bulan yg penuh berkah, disetiap bulan ini kita melaksanakan sholat tarawih. Disetiap mesjid,  mushalla-mushalla dipenuhi dengan umat yang melaksanakan sholat tarawih demikian juga di Masjid Raya Sabilal Muhtadin, masjid kebanggaan warga Banjarmasin.Dipenghujung Ramadhan biasanya masjid-mesjid mengadakan sholat malam Berjama’ah.  Biasanya malam-malam ganjil Jama’ah penuh di mesjid.

Subhanaallah! Sholat malam memberi ketenangan bathin,  semoga kita mendapatkan malam lailatul qadar. Aamiin dan semoga kita dapat dipertemukan diramadhan selanjutnya. (Dara Kartika)