Bali memang sudah sangat dikenal sebagai tujuan favorit wisatawan lokal maupun asing. Namun biasanya mereka hanya mengetahui tempat wisata yang sudah terkenal saja seperti Pantai Kuta atau Bedugul. Padahal banyak tempat wisata unik di Bali lainnya yang menyuguhkan keindahan dan pengalaman wisata yang luar biasa, berikut ini contohnya :

  1. Bali Pulina Agrowisata Ubud

Bagi para pecinta kopi, tempat wisata unik di Bali ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Pasalnya di sini wisatawan akan dapat mengetahui bagaimana tahapan-tahapan produksi kopi dari mulai penggilingan sampai siap untuk dikonsumsi. Lokasi Bali Pulina Agrowisata ini berada di Ubud tidak terlalu jauh dari Tegalagang.

Selain itu wisatawan juga akan dapat melihat luwak, binatang yang terkenal dapat menghasilkan biji kopi luwak yang sudah tersohor di seluruh penjuru dunia. Bukan hanya itu, udara sejuk serta pemandangan alam yang indah akan sangat memanjakan mata. Untuk menikmati keseruan ini pengunjung harus menyiapkan dana Rp. 100.000. Selain itu bisa pula langsung menikmati kelezatan kopi luwak dengan biaya Rp. 50.000 per cangkirnya.

  1. Perairan Nusa Penida

Nusa Penida adalah salah satu surga bagi pecinta aktivitas diving. Hal itu dikarenakan terdapatnya banyak fauna laut yang indah. Selain itu, di sini juga terdapat jenis ikan yang sangat langka bahkan sangat jarang ditemukan di belahan dunia manapun. Ikan tersebut bernama ikan mola-mola. Inilah yang menjadi keunikan perairan Nusa Penida karena menjadi habitat ikan mola-mola yang langka.

Nah disini wisatawan dapat secara langsung melihat serta berenang bersamanya. Ikan ini berukuran besar dengan bentuk tubuh bulat. Namun meski demikian ikan ini tidak berbahaya bahkan sangat jinak. Tentunya akan menjadi pengalaman seru berenang bersamanya di perairan Nusa Penida.

  1. Resort Hideout Karangasem

Salah satu yang diinginkan wisatawan ketika berlibur adalah suasana yang damai, tentram dan menenangkan hati. Nah hal itu semua akan didapati jika menginap di Resort Hideout Karangasem ini. Tempat menginap ini berkonsep back to nature dan dijamin pasti akan menghilangkan kepenatan pengunjungnya.

Resort ini terletak di bibir sungai dan dikelilingi dengan pohon-pohon rindang yang asri. Selain itu suara alam yang tersaji pastinya akan dapat merefresh tubuh serta pikiran pengunjungnya. Namun untuk bisa menikmati resort ini harus melakukan pemesanan terlebih dahulu jauh-jauh hari. Hal itu dikarenakan resort ini hanya ada 1 bangunan saja, yang ada di sekitarnya hanyalah pohon-pohon rindang tanpa bangunan lain. Oleh karena itu resort ini menjadi begitu private.

  1. Pura Lempuyang Luhur

Jika ke Bali pastinya akan disuguhkan banyak Pura. Namun ada satu Pura yang baru-baru ini mencuri perhatian para wisatawan asing maupun domestik yaitu Pura Lempuyang Luhur. Pura yang berada di Karangasem ini merupakan spot foto yang sangat khas Bali. Pasalnya di sini pengunjung bisa berfoto di pintu gerbang Pura yang indah serta latar belakang pemandangan gunung Batur yang sangat istimewa.

Untuk mendapatkan semuanya itu pengunjung harus siap untuk sedikit berlelah dahulu. Pasalnya ada sekitar 1.700 anak tangga yang harus dinaiki. Namun dijamin rasa lelah akan sirna ketika sudah sampai di puncak Pura ini. Selain itu pengunjung juga harus menjaga sopan santun karena tempat wisata ini adalah tempat ibadah dan pastinya disucikan oleh umatnya.

  1. Pantai Balangan

Berkunjung ke Bali namun tidak memijakkan kaki ke pantai rasa-rasanya seperti ada sesuatu yang kurang. Akan tetapi pantai di Bali bukan hanya tentang pantai kuta saja. Pantai Balangan yang berada di Uluwatu, Bali ini tidak kalah indahnya dengan pantai kuta.

Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata unik di Bali karena seperti memiliki dua sisi. Di satu sisi pemandangan hamparan pasir putih yang langsung menyatu dengan lautan akan tersaji. Sedangkan di sisi lain akan tersaji lempengan karang yang berkontur dan membentuk kolam-kolam kecil. Uniknya, lumut-lumut hijau seakan menyelimuti karang-karang tersebut sehingga tersaji pemandangan hijaunya lumut alami yang indah.

Itulah beberapa tempat wisata unik di Bali yang dapat menjadi referensi tempat liburan. Ternyata Bali bukan hanya tentang Pantai Kuta atau Bedugul saja. Banyak tempat wisata unik di Bali seperti di atas yang tidak kalah menarik untuk dimasukkan dalam rencana liburan.(hn)