Di era sekarang banyak sekali aplikasi yang disuguhkan untuk PC, Android maupun IOS. Salah satu aplikasi yang digemari adalah editor foto online free. Perbedaan editor foto online dengan editor mobile adalah untuk editor foto online tidak diperlukan pengunduhan aplikasi, sedangkan untuk mobile perlu mengunduh aplikasi. Berikut aplikasi editor foto online free dan editor foto mobile yang mudah dan sering digunakan.

1. Picsart

Editor foto online free ini memiliki beberapa fitur menarik seperti fitur stiker dan clipart yang dapat di tampilkan saat pengambilan gambar, frame yang dapat ditambahkan ke gambar, terdapat banyak filter yang dapat digunakan, terdapat juga efek glowing maupun efek kartun, membuat foto kolase, menambahkan teks, menggabungkan dua foto, membuat foto menjadi abstrak, animasi, dan dapat mengambil gambar menggunakan kamera picsart dengan efek animasi. Picsart merupakan salah satu aplikasi yang sering diunduh karena mudah dalam penggunaannya.

2. Polarr

Mungkin beberapa orang asing dengan aplikasi satu ini, tetapi aplikasi ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk membuat foto terlihat lebih estetik dan seperti di edit oleh profesional. Selain dapat menambah beberapa efek, aplikasi ini juga dapat melakukan perbaikan pada foto seperti bentuk wajah, kecerahan, efek blur dll.

3. Snapseed

Snapseed memiliki puluhan efek menarik yang dapat digunakan untuk pengeditan gambar. Foto dapat terlihat lebih cerah, dapat memotong foto, meluaskan ukuran kanvas, menghapus salah satu gambar pada foto, memiliki efek blur, memperbaiki pose potret, dan masih banyak lagi fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Hasil akhir dari foto terlihat seperti menggunakan kamera profesional.

4. VSCO

Jika ada mencari filter foto yang tepat, maka bisa mencoba menggunakan aplikasi VSCO. Selain foto terlihat lebih estetik, aplikasi ini juga sering digunakan oleh selebgram dalam pengeditan foto. Dengan aplikasi ini akan dapat membuat foto menjadi lebih menarik layaknya foto- foto para influencer di Instagram. VSCO juga terhubung dengan komunitas kreatif dimana pengguna dapat berbagi ide dan inspirasi dalam mengedit foto.

5. Lighroom cc

Aplikasi ini selain untuk pc sekarang sudah dapat diunduh untuk aplikasi mobile. Lighroom cc lebih mengutamakan pada pewarnaan, juga terdapat fitur preset atau sama dengan filter, tidak dapat mengubah atau menghilangkan suatu komponen dalam foto. Terdapat tutorial interaktif untuk mendapatkan inspirasi dan mempelajari pengeditan foto sesuai dengan hasil yang diinginkan.

6. Photogrid

Meskipun Photogrid merupakan aplikasi lama tetapi aplikasi ini masih sangat diminati karena penggunaannya yang mudah. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah dapat menggabungkan beberapa foto menjadi satu halaman dengan bermacam-macam layout. Selain itu terdapat beberapa fitur seperti crop atau pemotongan foto, pengaturan kecerahan, memiliki 300 lebih template kolase berbeda- beda, memiliki lebih dari 90 latar belakang, dll. Selain untuk mengedit foto, aplikasi ini juga menyediakan kamera dan edit video.

7. Unfold

Unfold adalah salah satu aplikasi yang asing bagi para pengguna mobile, tetapi aplikasi ini sering digunakan oleh photographer atau penulis cerita untuk mengedit hasil jepretan mereka dengan tambahan cerita yang menarik dan terlihat elegan.  Fitur yang ditawarkan yaitu terdapat 25 template dan 75 template premium, 5 jenis font dan alat teks canggih, dan tidak perlu menggunakan akun dalam pengunduhannya.

8. Photopea

Mungkin para pengguna sudah tidak asing lagi dengan aplikasi adobe photoshop dan aplikasi satu ini memiliki fitur yang hampir sama. Adobe Photoshop tersedia untuk mobile dan pc sedangkan Photopea hanya dapat digunakan secara online. Beberapa fitur yang dimiliki adalah perbaikan gambar dalam posisi kelurusan maupun sudut pengambilan gambar, memiliki efek blur atau buram, mempertajam detail tampilan foto,  memiliki filter dengan efek dramatis, dapat mengatur tingkat warna dan kecerahan, serta terdapat fitur stiker, teks, dll.

Itulah beberapa rekomendasi editor foto online free dan editor foto mobile yang bisa dicoba untuk mengekspresikan diri, membuat foto terlihat lebih estetik dan menarik. Dalam editor foto mobile meskipun ada beberapa fitur premium  yang berbayar, tetapi masih banyak fitur yang dapat digunakan secara free atau tanpa pembayaran, jika tidak ingin menginstall aplikasi bisa gunakan editor foto secara online.(hn)