Dunia digital menggeser tren pekerjaan. Kalau dulu harus datang ke kantor tepat pukul 7 pagi, kemudian pulang pukul 5 sore. Setiap hari pakai blazer dan duduk di depan komputer. Ada juga yang memulainya dengan mengirim banyak lamaran kerja ke perusahaan. Kini semua itu sudah tak sepenuhnya berlaku. Ada profesi baru, namanya Youtuber. Menjadi Youtuber dibutuhkan kamera sebagai alat kerja utama. Temukan kamera untuk Youtuber pemula di bawah ini supaya hasil video tidak terlihat amatir.

Ya, kamera untuk Youtuber adalah sesuatu yang vital. Karena hasil kerja Youtuber adalah video yang diunggah ke akun YouTube mereka. Kalau videonya tidak nyaman dinikmati, menampilkan gambar yang buruk, serta audio yang tidak clear, maka perlu dipertanyakan kredibilitasnya sebagai Youtuber. Hindari hal-hal itu dengan menggunakan kamera yang berkualitas.

Beberapa beranggapan kamera untuk Youtuber pemula tidak lah perlu yang high quality, apalagi berharga selangit. Sebenarnya pola pikir seperti itu tak salah, hanya saja disayangkan kalau bisa menyuguhkan sesuatu yang berkualitas kenapa tidak? Sedangkan hasil bagus belum tentu dari kamera yang mahal. Yuk simak beberapa rekomendasi kamera di bawah ini:

  1. Canon EOS 70D

Kamera ini bisa dibilang salah satu favorit di kalangan fotografer dan Youtuber. Hanya dengan satu kamera bisa menghasilkan foto yang impresif sekaligus video yang berkualitas. Banyak kalangan profesional yang menggunakan kamera DSLR ini. Untuk hasil yang lebih sempurna, dibutuhkan tripod sebagai penopang kamera agar saat perekaman tidak goyang.

  1. Sony RX100 IV

Biar ukurannya kecil, jangan meremehkan kemampuan dari Sony RX100 IV. Kalau kurang nyaman menggunakan kamera DSLR yang umumnya berukuran besar, kamera ini bisa jadi alternatifnya. Banyak Youtuber merekam aktivitas outdoor atau kegiatan yang banyak bergerak dengan kamera ini. Karena memang Sony RX100 IV adalah kamera untuk Youtuber yang kecil, simpel, namun hasilnya memuaskan. Makanya ringkas sekali membawa kamera ini untuk jalan-jalan.

  1. Xiaomi Yi 2 Xiaoyi 4K Sport Camera

Ini rekomendasi kamera lainnya yang berukuran mini. Sama seperti Sony, hasil dari jepretan dan rekamannya bisa diadu dengan kamera high end lainnya. Secara fisik tampilannya simpel dan gagah. Hati-hati kaget dengan hasilnya, kamera Xioami ini mampu mengambil gambar dengan kualitas 4K. Sesuai dengan namanya, kan. Urusan harga, Xiaomi termasuk ramah kantong dengan fiturnya yang luar biasa. Kamera ini dijual kurang dari Rp 2 juta.

  1. GoPro Hero 4 Black

Mau kamera yang lebih kecil lagi? Pilih GoPro Hero 4 Black sebagai partner merekam. Alasan para Youtuber menggunakan GoPro karena ukurannya yang sangat kecil. Bisa masuk kantong tanpa harus bawa tas tambahan untuk lensa dan perlengkapan lainnya. GoPro ini seperti cabe rawit, biar kecil hasilnya menggigit. Bahkan GoPro Hero 4 diklaim sebagai GoPro terkecil karena ukurannya sebesar ice cube dan beratnya 40% lebih ringan dibandingkan dengan versi sebelumnya.

  1. Nikon D3400

Kalau sudah pakai kamera ini, mungkin tidak butuh lagi pelatih untuk bisa menggunakannya. Dalam Nikon D3400 sudah ada fitur seperti manual guidance. Pemakaiannya bisa memanfaatkan tutorial mandiri bagaimana cara menggunakan kamera ini. Sebagai perusahaan yang fokus dalam pengembangan kamera DSLR, Nikon D3400 sempurna untuk Youtuber yang ingin merekam kegiatan adventure. Lensanya tidak ribet, autofokus lebih mulus, dan buat yang suka sharing foto langsung ke media sosial ada teknologi Snapbrige yang ditanam di dalamnya.

  1. Nikon Coolpix W150

Mau kamera mini dengan hasil setara kamera DSLR? Ada Nikon Coolpix W150 yang bisa jadi solusi. Dari segi harga dan fitur kamera ini cocok untuk pemula. Hanya dengan kurang dari Rp 2 juta, para Youtuber pemula bisa mendapatkan fitur lengkap. Ukurannya hanya sebesar smartphone, jadi gampang untuk dibawa ke mana-mana. Buat yang suka diving, bisa mengabadikan kegiatannya karena Nikon Coolpix W150 tergolong waterproof dan tahan hingga kedalaman 10 meter.

Beberapa kamera untuk Youtuber di atas sering direkomendasikan oleh para Youtuber profesional. Mereka yang sudah ahli dan banyak follower-nya menggunakan kamera-kamera tersebut. Buat para Youtuber pemula bisa ikuti alat yang mereka gunakan supaya dikira bukan amatiran.(slk)