Wisata Heritage atau Wisata Kota Pusaka menjadi minat baru di industri pariwisata. Wisata seperti ini menonjolkan unsur sejarah yang kental, utamanya atraksi bangunan-bangunan kuno.

Indonesia memiliki banyak kota dengan potensi wisata heritage yang tinggi. Berminat untuk menjelajahi cantiknya bangunan tua nan bersejarah di kota-kota berikut ini?

1. Jakarta-Kota Tua

Wilayah Kota Tua berada di Jakarta Utara. Satu kompleks bangunan tua di sini dahulunya merupakan cikal bakal Jakarta sekarang. Mengelilingi Kota Tua tidaklah cukup bila hanya satu jam. Paling tidak setengah hari bisa dihabiskan di sini.

Ada beberapa museum yang dapat kita datangi: Museum Bank Mandiri, Museum Wayang Indonesia, Museum Bank Indonesia, dan Museum Fatahillah. Tak ketinggalan kita dapat pula berfoto di depan Toko Merah, Café Batavia, Tugu Jam Kota Tua, dan deretan gedung-gedung antik yang fotogenik.

1-kota-tua-jakartafoto: beritadaerah.co.id

2. Asia Afrika dan Braga di Bandung

Luangkan waktu di Kota Kembang ini untuk sejenak berjalan kaki di rute pendek jalan Asia Afrika dan Braga. Rasakan romantisme Bandung tempo dulu di dua jalan utama di Bandung ini. Kemegahan Hotel Preanger dan Hotel Savoy Homann dapat memberi inspirasi garis ruang yang unik. Kunjungi Museum Konperensi Asia Afrika dan lihatlah ragam foto dan memorabilia peristiwa akbar di tahun 1955 di Bandung.

Menyimpang ke Jalan Braga, kita dapat memasuki toko klasik Sumber Hidangan. Berdiri sejak tahun 1930an, toko roti khas Belanda ini masih aktif hingga sekarang. Suikerball dan Risoles Ragutnya adalah menu best seller di Sumber Hidangan. Jangan sampai melewatkan seporsi es krim home made di tempat yang sarat akan masa lalu ini.

2-asia-afrika-bandungfoto: wego.co.id

3. Kembang Jepun di Surabaya

Sama halnya dengan Jakarta, kota Surabaya dahulu merupakan kota pelabuhan yang ramai. Beragam etnis berdatangan ke Surabaya dan berbisnis di sini. Kota Tua di Surabaya terdiri dari tiga ruang: Eropa, Pecinan, dan Arab.

Bangunan tua di kawasan kota tua umurnya ratusan tahun. Bukan saja eksotis, gedung-gedung kuno di sini sangatlah banyak jumlahnya. Beberapa ruas jalan kecil yang ditempati bangunan bersejarah adalah Jalan Rajawali, Jalan Karet, dan Jalan Gula. Bagi penggemar fotografi, berada di Kota Tua Surabaya bagaikan berada di taman bermain.

3-kota-tua-surabayafoto: Jawa Pos

4. Pecinan di Lasem

Berlokasi sekitar empat jam dari kota Semarang, Lasem adalah surganya kawasan Pecinan. Kecamatan yang mungil ini memiliki banyak sekali aset bangunan berasitektur Tionghoa. Banyak peminat wisata heritage dan fotografi yang jatuh cinta dengan pintu dan jendela rumah-rumah tua di Lasem.

Berada di Lasem, kita dapat mengunjungi Kelenteng Cu An Kiong yang berumur ratusan tahun memiliki interior yang sangat unik. Ada pula Omah Lawang Ombo menjadi highlight kunjungan di Lasem.  Sebuah bekas gudang candu di abad 18. Lasem terkenal akan kerajinan batiknya. Berbelanja batik di Lasem, kunjungi kampung Batik Karangturi. Teknik pembuatan batik di tempat tersebut masih asli dan diturunkan secara turun temurun.

4-kota-tua-lasemfoto: Kompastravelfair.com

  1. Kota Tua di Sawahlunto

Kota kecil yang berada di kaki gunung ini jauh dari peradaban manusia. Kota buatan pemerintah kolonial Belanda ini dahulu menjadi kawasan eksplorasi tambang batubara. Namun industri batubara di sini sudah tutup. Perekonomian Sawahlunto kini bergantung pada industri pariwisata heritagenya.

Sebagai  kota kecil buatan Belanda, Sawahlunto memiliki banyak peninggalan gedung-gedung tua yang menarik. Salah satunya Museum Kereta Api. Berdiri tahun 1918, di Museum Kereta Api terdapat lokomotif bertenaga batubara, namanya Mak Itam. Pengunjung dapat menaiki lokomotif tersebut.

Pada umumnya wisata heritage adalah wisata yang tidak menampilkan banyak atraksi yang memukau seperti pada wahana bermain. Biasanya wisata heritage dilakukan dengan berjalan kaki, menjelajahi satu tempat ke tempat lainnya. Wisata heritage dapat menjadi sarana mengenalkan sejarah pada diri sendiri dan anak kita. Jadi tidak ada salahnya bukan merencanakan trip wisata heritage di kota-kota tersebut?(nw)

5-kota-tua-sawahluntofoto: skyscrappercity.com