Pernahkah Anda mendengar cerita tentang keluarga atau teman yang harus menjual harta bendanya demi membayar biaya pengobatan anggota keluarganya? Kisah-kisah tersebut tentu membuat prihatin siapapun yang mendengarnya. Hal ini dapat terjadi pada siapapun tanpa terkecuali.

Mahalnya Biaya Pengobatan

Kita tentu memahami bahwa dewasa ini, biaya pengobatan medis untuk berbagai penyakit berat sangatlah mahal. Berbagai prosedur mulai dari pendaftaran, tes medis, tindakan medis, hingga masa perawatan bisa menguras tabungan kita. Tidak jarang biayanya pun mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Bengkaknya biaya pengobatan tersebut sering menjadi permasalahan dalam ekonomi keluarga karena umumnya jarang diantisipasi.

Lalu bagimana keluarga menangani permasalah yang sewaktu-waktu muncul ini? Salah satunya jawaban yang terdengar masuk akal untuk mengatasi masalah keuangan yang timbul karena gangguan kesehatan adalah program perencanaan keuangan. Program perencanaan keuangan umumnya menyarankan keluarga mengikuti asuransi kesehatan. Namun asuransi kesehatan sebaiknya tidak dijadikan andalan satu–satunya untuk menanggulangi permasalahan keuangan karena masalah kesehatan.

Ada alternatif lain yang lebih murah dan mudah untuk hal ini.

 

Manfaat Pola Hidup Sehat

Menjalankan pola hidup sehat adalah cara yang lebih sederhana dan murah untuk mengantisipasi masalah ekonomi yang mungkin saja muncul ketika salah satu anggota keluarga mengalami gangguan kesehatan. Dengan pola hidup sehat ini kita setidaknya dapat menghindari dua masalah sekaligus, yaitu permasalahan kesehatan dan bencana.

Maka sebagai solusi untuk memahami masalah ini lebih baik, kita perlu memahami dan mengetahui masalah itu dengan berbagai keuntungan dan manfaat lainnya yang bersifat ekonomis, selain dengan keuntungan menggunakan asuransi kesehatan untuk mengatasi masalah biaya pengobatan, diantaranya adalah :

Menghindari Kehilangan Omzet

Dengan kondisi kesehatan yang buruk, dipastikan pendapatan atau omzet usaha terganggu. Hari–harinya yang biasa dilaluinya dengan bekerja akan tersita oleh berbagai aktivitas selama perawatan. Ia akan kehilangan kesempatan untuk melakukan berbagai pertemuan untuk melakukan presentasi, lobi atau membuat kesepakatan dengan klien.

Misalnya seorang pedagang, ia tentu akan kehilangan banyak waktu produktif bila tempat usahanya harus ditutup ketika dirinya dirawat. Seorang karyawan pun tidak akan mampu menunjukkan performa kerja terbaiknya jika harus menjalani perawatan dalam waktu yang lama.

Hemat Biaya

Banyak hal yang mampu kita hemat pada saat kita melakukan pola hidup sehat. Dengan menggunakan pola hidup ini kita akan mampu menciptakan hidup yang bersih yang sehat karena hal tersebut akan membuat tubuh kita kuat dan sehat.

Oleh karena itu maka keuntungan yang akan didapatkan antara lain yaitu kita akan jarang mengunjungi klinik kesehatan. Berbeda dengan orang yang memiliki masalah kesehatan, mereka akan sering kali berurusan dengan dokter spesialis untuk memeriksaan konsultasi dan memeriksakan kesehatan mereka dan tentunya tidak dengan biaya yang sedikit.

Manfaat yang lainnnya adalah tubuh kita tidak akan memerlukan untuk biaya ekstra untuk membeli vitamin dan suplemen tambahan hanya untuk membuat stamina tubuh kita dan kesehatan yang kita miliki meningkat.

Selain banyak uang yang bisa membuat kita berhemat, maka kita juga dapat terhindar dari efek samping vitamin dan suplemen tambahan yang umumnya dibuat dilaboraturioum kimia yang tidak kita ketahui efek sampingnya dan lain sebagainya.

Menghindari Malapetaka Keuangan

Masalah kesehatan dan biaya perawatan pengobatan yang tinggi selain dapat menyebabkan pihak keluarga menjual asset keluarga, namun kerugian ternyata tidak hanya sampai disitu, terutama bila orang tersebut memiliki perusahaan.

Masalah kesehatan yang dialamai kadang mengharuskan orang tersebut untuk mundur dari jabatan yang mereka miliki, dan hal ini tentu akan berakibat pada faktor pemilikan perusahaan yang tentu harus diserahkan pada pihak lain.

Dengan demkian peralihan kepemilikan usaha ini tentu akan berakibat pada malapetaka keuangan keluarganya, pendapatan dan gaya hidup yang baik yang semula mereka miliki akan berubah dan menjadi keadaan yang lebih buruk dan susah.

Efisiensi Ekonomi

Penghematan biaya pengobatan yang dilakukan dengan mengaplikasikan pola hidup sehat pada umumnya akan berdampak luas pada kehidupan ekonomi seseorang, mereka yang berhasil melakukan hal itu akan merasakan manfaat yang tidak akan dapat mereka lupakan.

Mereka akan mampu memanfaatkan uang untuk keperluan lain yang lebih penting dengan baik, seperti kebutuhan untuk biaya sekolah atau untuk keperluan modal usaha, bisnis investasi dan kebutuhan lainnya yang dapat digunakan dimasa depan.

Hidup Lebih Baik     

Dengan demikian pada akhirnya kita akan mampu mendapatkan kehidupan yang layak sesuai dengan impian yang kita inginkan melalui cara-cara yang lebih baik. Karena dengan pola hidup sehat yang kita lakukan tersebut nantinya akan membuat kita memiliki pilihan hidup yang lebih mudah.

Sebaliknya apabila kita tidak memiliki pola hidup, maka tentu semua resiko dan problematika ekonomi akan sulit untuk kita hindari, untuk itu kita harus bijaksana dalam menentukan langkah kita untuk masa depan yang lebih baik. (aw)