Banyak pertanyaan yang kerap menghampiri tepat sebelum lulus. Bukannya senang karena akhirnya dapat menyelesaikan studi, banyak mahasiswa yang malah dihinggapi stress. Kebanyakan terkait masa depan.

Setelah lulus, seseorang tak lagi menyandang status mahasiswa. Jadillah manusia  tanpa status. Disini baru terasa betapa titel mahasiswa itu begitu terasa aman. Ketika status itu tiada kita merasa ketakutan dan kebingungan. Banyak pula yang menjadi tak sabar menunggu status selanjutnya bisa dengan bekerja di perusahaan, pemerintahan maupun meniti karir sendiri.

Bagi sebagian orang yang sudah mulai bekerja sembari bersekolah, ini mungkin tidak akan terlalu sulit. Banyak mahasiswa yang telah menemukan passionnya sebelum lulus, dan sudah mulai menggeluti bidangnya seperti design, fotografi, informatika, mengajar maupun berwirausaha. Namun, bagi mayoritas pelajar yang memang hanya melaksanakan studi saja, tidak sambil bekerja dan merasa belum menemukan “dirinya” ini akan menjadi lebih dilematis.

Ketika telah lulus dan belum mendapat pekerjaan, banyak dari kita yang malah merasa minder, menutup diri dari lingkungan sekitar, jarang keluar rumah. Ini malah akan membuat kita semakin terpuruk dan tidak berkembang. Tambah lagi dengan kemudahan akses media sosial, kita dapat dengan jelas melihat satu per satu teman kita diterima bekerja, sementara kita masih terduduk di rumah.

Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya masa-masa ini bebas rasa iri dan kualitas dirimu selalu meningkat.

  1. Fokuskan harimu dengan Agenda Kegiatan

Sumber : tealnotes.com

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah fokus pada dirimu sendiri. Mulailah membuat agenda harianmu. Walaupun belum memiliki pekerjaan, harimu harus tetap diisi dengan hal positif. Harus tetap bangun pagi kemudian berolahraga. Olahraga akan mengurangi stress karena dihasilkannya hormone endorphin yang membuatmu rileks dan bahagia. Dengan memiliki agenda kegiatan, harimu tak akan terbuang percuma. Ini pun akan meningkatkan tingkat kebahagiaanmu. Kamu akan merasa berdaya dan bermanfaat. Keep positive !

  1. Batasi berselancar di media social

Sumber : Forbes

Bersosial media bukanlah cara terbaik untuk menyegarkan otakmu. Kegiatan ini malah akan lebih banyak meracuninya. Di masa-masa penantianmu pada karier impian, mengurangi berselancar di social media akan sangat membantu mengontrol pikiran dan perasaanmu. Banyak hal yang dibagikan di media sosial, mulai dari yang berguna sampai yang tidak ada gunanya bagimu. Mulai dari teman yang sekedar berbagi ilmu dan pengalaman, sampai yang hanya ingin pamer. Semua itu tersaji begitu saja tanpa bisa dikendalikan. Batasi penggunaan media sosial, seperti hanya 2 jam sehari supaya lebih fokus pada diri sendiri dan terhindar dari rasa iri dan rendah diri.

  1. Perbanyak Membaca buku atau menonton film

Sumber : Picjumbo

Nah kalau kamu sedang bosan dengan kegiatanmu, tahan buka handphone, coba untuk pergi ke perpustakaan atau toko buku terdekat. Kalau lebih suka nonton, coba cari film-film genre kesukaanmu. Tentu akan banyak pelajaran hidup yang bisa diambil dari membaca buku dan menonton film. Ini akan menambah wawasan dan pengetahuanmu.

  1. Tekuni hobimu bersama komunitas

Sumber : Too Small to Fail

Tiap kita pasti punya hobi entah itu menulis, bernyanyi, memasak, otomotif, olahraga dll. Selain menekuni hobi atau belajar hal baru sendirian, kamu bisa bergabung bersama komunitas di kotamu. Carilah info terkait komunitas sesuai bidangmu, lalu ikuti kegiatannya. Selain skill yang bertambah, kamu juga akan menambah relasi yang siapa tahu jalan untuk mendapat pekerjaan. Atau mungkin dari mengikuti komunitas, kamu akan sadar bahwa sebenarnya hobimu adalah karir yang kamu inginkan. Dalam komunitas kamu bisa mendapat ilmu dari member lain yang lebih senior, sehingga kamu bisa fokus menekuni hobi sebagai kariermu. Bukankah pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar?

  1. Ikut program magang

Sumber : Liputan6

Apabila belum pernah mengikuti program magang ketika kuliah, setelah lulus belum terlambat untukmu mengikuti program ini. Kamu bisa mendaftarkan diri pada program magang ke perusahaan yang diinginkan. Ini akan menambah skill di bidang keprofesianmu. Siapa tahu setelah magang, ada jalan untuk kemudian diangkat menjadi pegawai tetap.

  1. Volunteer

Sumber : rrps

Ketika masa kuliah, kamu mungkin sibuk dengan kegiatan akademis dan organisasi. Setelah lulus kuliah, waktunya kamu mengabdi, membagi ilmu pada sesama. Kamu bisa mengikuti program sukarela seperti mengajar lewat Indonesia Mengajar, atau kegiatan sosial lainnya. Kesempatan ini sangat baik untukmu mengenal daerah lain, kehidupan lain yang mungkin jarang kamu temui. Akan banyak fakta-fakta baru yang membuatmu lebih bersyukur dan lebih bijaksana.

  1. Terus apply pekerjaan

Sumber : federaljobs.net

Tips yang terakhir, jangan menyerah untuk terus menggapai mimpimu. Coba perbaiki CV-mu. Pelajari bagaimana cara melamar pekerjaan yang baik dan benar.  Manfaatkan kesempatan seminar karir, jobfair atau wawancara kerja yang kamu dapatkan. Selalu ingat bahwa Tuhan sudah menyiapkan rezekinya bagi kita semua. Tugas kita adalah menemukannya. Semoga cita-citamu tercapai ya 🙂 (rah)