Motor adalah salah satu kendaraan yang banyak dipakai masyarakat Indonesia. Selain bentuknya yang ramping dan mudah menghindari kemacetan, mengurus motor tidak sesusah mengurus mobil atau kendaraan lainnya. Misalnya saja seperti syarat perpanjangan STNK motor yang tidak merepotkan. Untuk mengurusnya, bisa menyiapkan dengan cepat saat sudah waktunya memperpanjang STNK motor.

Banyak rumor beredar bahwa memperpanjang STNK akan memakan waktu yang lama jika melakukannya sendiri. Akhirnya orang yang termakan rumor tersebut memilih untuk menggunakan calo untuk melakukan perpanjangan STNK. Padahal rumor itu sudah bisa dipatahkan sepenuhnya. Tentunya memperpanjang STNK adalah termasuk hal yang penting untuk pribadi sebagai pemilik motor.

Mengapa Memperpanjang STNK Tanpa Perantara

STNK memang wajib diperpanjang setiap tahunnya. Salah satu yang banyak dilakukan orang untuk mempermudah adalah menggunakan calo. Terkadang memang lebih mudah, namun biayanya jadi lebih mahal. Selain melakukan pembayaran pajak, juga harus membayar calo tersebut dengan biaya yang tidak murah.

Selain itu juga jadi tidak tertib aturan. Padahal saat ini untuk mengurus perpanjangan STNK, semua orang bisa dengan mudah mengurusnya tanpa perantara. Selain bisa mendapatkan pengalaman untuk memperpanjang STNK sendiri, juga bisa menghemat biaya untuk membayar calo. Kemudian berkas yang sudah diterima jelas dan tidak mungkin di salah gunakan. Jadi lebih baik memperpanjang STNK tanpa perantara.

Persyaratan Perpanjang STNK Motor

Banyak orang yang malas  untuk mengurus STNK karena mungkin belum tahu. Padahal syarat perpanjangan STNK motor sangat sedikit dan mudah untuk dilengkapi. Untuk itu, berikut adalah syarat untuk memperpanjang STNK motor:

  • STNK (asli dan fotokopinya)
  • KTP (asli dan fotokopi) sesuai dengan STNK yang dibawa.
  • BPKB (asli dan fotokopinya)
  • Bawa serta motor yang akan diperpanjang STNK-nya

Selain persyaratannya yang mudah, proses untuk memperpanjang STNK nya pun tidak susah. Jadi patutlah untuk segera memperpanjang STNK tanpa perantara. Jangan sampai berkas yang sudah disiapkan, dimanipulasi oleh calo yang tidak bertanggung jawab.

Prosedur Perpanjangan STNK Motor

Jika persyaratan sudah dibawa, saat ini pastikan tahu bagaimana prosedur perpanjangan STNK motor. Berikut langkah-langkah perpanjangannya :

1. Cek Fisik Motor Pemilik

Pertama-tama, harus mendaftarkan motor yang dibawa untuk diperiksa fisik terlebih dahulu. Hasil pemeriksaan fisik motor nantinya akan diberikan. Tujuannya untuk diserahkan bersama penyerahan berkas yang lain. Kondisi motor yang dibawa penting untuk diketahui oleh petugas.

2. Mengisi Formulir STNK untuk Perpanjangan

Jika tidak tahu cara mengisinya, jangan lupa untuk bertanya pada petugas. Formulir juga menjadi salah satu berkas yang akan diserahkan bebarengan dengan berkas lainya. Maka dari itu, sebelum menyerahkan berkas, akan diberikan formulir untuk diisi terlebih dahulu. Isi dengan benar dan pastikan datanya sesuai dengan data diri pemilik motor.

3. Mendaftar Pembayaran Pajak Motor

Setelah semua berkas tersedia, datang langsung ke loket untuk menyerahkan berkas sekaligus mengambil nomor antrean untuk membayar pajak motor. Membayar pajak adalah hal yang perlu. Motor harus selalu dibayar pajaknya setiap tahun. Untuk membayarnya, perlu waktu untuk menunggu sampai nomor antrean yang sudah diambil, lebih kurang sekitar 30 menit.

4. Membayar Pajak Motor

Setelah nomor antrean sampai, langsung bisa membayar pajak motor. Bayar pajak motor sesuai dengan biaya yang sudah tertera dan diberikan oleh petugas. Saat membayar pajak, petugas akan memberikan dua lembar bukti bayar. Yang mana dua bukti bayar itu akan berguna untuk mengambil plat nomor baru dan juga STNK baru yang sesuai dengan pemilik motor.

5. Mengambil STNK dan Plat Nomor Baru

Setelah semua proses selesai, tinggal mengambil STNK dan plat nomor baru. Cukup serahkan bukti pembayaran yang sebelumnya telah diberikan oleh petugas ketika membayar pajak motor. Perlu diingat, bahwa satu slip untuk pengambilan STNK dan satunya lagi untuk pengambilan plat nomor kendaraan. 

Mudah sekali bukan memperpanjang STNK motor. Syarat perpanjangan STNK motor tidaklah ribet. Siapa pun bisa dengan mudah melengkapinya dan melakukan perpanjangan STNK tanpa perantara langsung ke SAMSAT. Dengan begitu orang sudah bisa disebut taat peraturan dan menghindar dari resiko penipuan atau manipulasi data lewat calo. Selain itu juga memiliki pengalaman melakukan perpanjangan STNK motor sendiri. Jadi ketika suatu saat ingin memperpanjang lagi di tahun depan, siapapun bisa mengurus sendiri dan sudah tahu caranya.(nkh)