Teknik Mengajar Anak Mengaji Iqro

Teknik mengajar anak mengaji Iqro yang baik dan benar memang wajib diketahui oleh para orang tua. Sebab, mengajarkan amalan dan cara beribadah dalam agama Islam perlu dilakukan sejak usia dini atau anak-anak. Dengan begitu, anak-anak bisa tumbuh dengan pondasi yang kuat.

Hal ini bisa terjadi bukan tanpa alasan jika mengingat anak kecil memiliki kemampuan menyerap ilmu yang lebih cepat dibanding orang dewasa. Banyak orang yang percaya bahwa anak-anak bisa diibaratkan sebagai sebuah spons yang dapat menyerap berbagai macam ilmu secara cepat dan tepat.

6 Teknik Mengajar Anak Mengaji Iqro dengan Cara yang Mudah dan Tepat

Ketika seseorang sudah menjadi orang tua, salah satu ilmu yang harus dipelajari oleh mereka adalah tentang bagaimana cara mengajari anak mengaji Iqro dengan mudah dan lebih menyenangkan. Sebab, terkadang anak-anak akan mudah bosan ketika diharuskan belajar setiap hari.

Maka dari itu, disini kami akan membagikan beberapa teknik yang bisa dilakukan oleh setiap orang tua untuk mengajari anaknya dalam mengaji Iqro, yaitu:

  • Kenalkan Huruf Hijaiyah dengan Semenarik Mungkin

Untuk memulai proses pembelajaran ini, tentu semua orang tua harus bisa memperkenalkan huruf hijaiyah terlebih dahulu kepada anak-anaknya. Namun, proses ini harus dilakukan dengan semenarik mungkin, agar anak-anak tidak mudah bosan untuk memulai proses pembelajaran ini.

Sebagai contoh, orang tua bisa menggunakan gambar-gambar huruf hijaiyah yang sudah ditulis dengan berbagai macam warna. Nantinya, gambar huruf hijaiyah ini bisa ditempelkan di dinding kamar anak, agar setiap hari si Kecil bisa melihat dan mempelajarinya dengan lebih mudah.

  • Perkenalkan Agama Islam secara Singkat Sejak Dalam Kandungan

Pada dasarnya, bayi atau janin dalam kandungan sudah bisa mendengar secara samar-samar apa yang sedang dibicarakan oleh kedua orang tuanya. Maka dari itu, ada beberapa orang yang mengatakan bahwa selalu berusahalah untuk mengucapkan kata-kata baik selama masa kehamilan.

Sementara itu, salah satu teknik mengajar anak mengaji Iqro yang mudah adalah dengan memperkenalkan agama Islam secara singkat sejak si Kecil berada dalam kandungan. Dengan begitu, ketika si Kecil sudah lahir dirinya tidak akan merasa asing dengan proses pembelajaran mengaji itu.

  • Belajar dengan Irama

Umumnya, anak-anak akan lebih menyukai proses pembelajaran yang diselingi dengan hal-hal menyenangkan di dalamnya, tak terkecuali ketika diselingi dengan irama-irama merdu yang dapat membuatnya tidak mudah bosan.

Maka dari itu, salah satu metode mengaji Iqro yang bisa dilakukan oleh para orang tua kepada anaknya adalah, dengan memberikan irama-irama yang menarik, ketika sedang mengajari si Kecil tentang bagaimana cara mengaji Iqro.

Pastikan irama yang digunakan ini mudah diingat, supaya anak bisa mengikuti dan mengingatnya dengan mudah.

  • Ikut Kursus Mengaji

Bagi para orang tua yang merasa tidak punya waktu luang untuk mengajarkan secara langsung tentang mengaji Iqro kepada si Kecil, maka mereka bisa mendaftarkan si Kecil untuk mengikuti kelas kursus mengaji di Taman Pengajian Anak atau TPA.

Suasana yang menyenangkan di dalam TPA dapat membuat anak-anak akan merasa lebih bersemangat untuk mempelajari tentang mengaji Iqro tersebut. Sebab, disini mereka bisa belajar sambil bermain bersama dengan teman-temannya.

Selain belajar offline seperti mengikuti TPA di masjid, kini sudah banyak platform untuk kursus mengaji online yang bisa jadi pilihan Anda. Anak bisa belajar mengaji secara online dengan metode yang menarik dan menyenangkan.

  • Manfaatkan Teknologi yang Sudah Ada

Saat ini, sudah ada banyak teknologi canggih yang dapat membantu banyak orang dalam melakukan proses pembelajaran mengaji Iqro. Contohnya aplikasi-aplikasi Islami yang dapat memberikan ilmu tentang hal ini secara lengkap.

Para orang tua bisa menggunakan teknologi ini untuk mengajarkan tentang mengaji Iqro kepada anak-anaknya, karena cara ini bisa dibilang lebih praktis, menarik, dan lebih disukai oleh anak-anak.

  • Atur Jadwal Tetap untuk Anak Mengaji

Agar anak bisa lebih cepat memahami tentang hal ini, orang tua harus bisa bersikap lebih disiplin kepada anak-anaknya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menetapkan jadwal tetap untuk anak-anak mengaji.

Dengan begitu, proses pembelajaran ini akan menjadi kebiasaan tersendiri bagi anak-anak yang melakukannya. Jadi, mereka bisa langsung mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mempelajari tentang mengaji Iqro yang baik dan benar.

Teknik mengajar anak mengaji Iqro di atas pada dasarnya sangat mudah untuk dilakukan oleh para orang tua. Yang terpenting, mereka memiliki kesabaran yang maksimal, karena umumnya anak-anak sulit diajak kompromi di waktu-waktu tertentu.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *