Perkembangan teknologi smartphone hingga saat ini semakin bertambah canggih. Mau tau teknologi terbaru apa saja pada smartphone masa kini? Berikut beberapa inovasi teknologi smartphone terbaru yang penting untuk diketahui :

  1. Teknologi Fingerprint In Display

Jika sebelumnya sensor sidik jari smartphone ada pada tombol, kini sudah bisa diaplikasikan di dalam layar ponsel. Teknologi ini bernama fingerprint in display. Teknologi ini pertama kali diluncurkan di Indonesia pada akhir tahun 2018 lalu. Salah satu vendor smartphone terkenal, menggunakan fitur ini dan diberi nama Screen Touch ID.

Pada layar smartphone disiapkan logo fingerprint untuk tempat pengguna menempelkan jarinya. Saat jari menempel, seketika itu juga smartphone akan mengeluarkan cahaya dan gambar mirip sistem komputer saat dialiri listrik. Uniknya jari pengguna bisa seakan-akan masuk dan menyebar dalam smartphone. Lalu dengan cepat pula, saat itu juga ponsel bisa terbuka. Teknologi fingerprint in display ini cukup responsif sehingga sangat cepat saat akan membuka layar smartphone.

  1. Kamera Pop Up

Teknologi smartphone terbaru selanjutnya adalah munculnya kamera pop up. Kamera pop up sendiri dapat diartikan sebagai kamera tersembunyi. Smartphone jenis ini memberikan fitur kamera yang diletakkan pada area tersembunyi sehingga tidak terlihat oleh pandangan mata. Cara kerja kamera pop up ini bisa dengan digeser maupun mencuat ke atas.

Salah satu brand smartphone terkenal Vivo telah mengadopsi teknologi ini. Saat pengguna membuka menu kamera selfie, maka secara otomatis kamera depan akan mencuat ke atas. Dan sebaliknya, saat keluar menu kamera selfie, kamera pop up ini akan otomatis tertutup. Kamera yang digunakan sebagai pendukung fitur ini berjenis periskopik.

Selain itu, brand lain yaitu oppo juga turut mengadopsi teknologi ini namun dengan mekanisme digeser. Hampir sama dengan metode sebelumnya, saat membuka menu kamera maka secara otomatis kamera pop up ini akan muncul. Sebaliknya kamera tersembunyi ini akan tertutup saat pengguna keluar menu kamera.

  1. Smartphone Layar Lipat

Layar lipat menjadi salah satu teknologi smartphone terbaru lainnya yang bisa diketahui. Sebenarnya teknologi ini mulai diperkenalkan sejak November tahun lalu (2018). Sebuah perusahaan teknologi bernama Royal Corporation mulai memperkenalkan smartphone layar lipat pertama di dunia bernama Flexipai.

Deskripsi Royale Flexipai sendiri merupakan sebuah perangkat berjenis hybrid yang bisa berperan ganda. Pertama bisa menjadi ponsel dengan layar 4.0 inci. Namun bisa berubah menjadi tablet jika layar dibentangkan menjadi 7,8 inci. Untuk aspek rasio saat menjadi tablet sendiri yaitu 4:3. Layar smartphone ini dibekali dengan layar berjenis AMOLED.

Saat dilipat, layar sekunder akan menampilkan gambar wallpaper. Sejumlah brand smartphone ternama juga tidak ketinggalan mengadopsi teknologi ini. Sebut saja Samsung, LG, Motorola, dan sebagainya. Kabarnya mereka telah membeli hak patennya. Kemungkinan untuk implementasinya yaitu tahun ini (2019).

  1. Fitur Game Mode

Game Mode merupakan salah satu teknologi smartphone terbaru yang sangat ditunggu-tunggu terutama para pecinta game. Teknologi ini diklaim dapat meningkatkan kinerja smartphone saat bermain game. Game mode ini juga pastinya telah didukung dengan beberapa spesifikasi yang mumpuni. Baik itu chipset, CPU, GPU, Storage maupun RAM.

Smartphone rilisan tahun lalu (2018) seperti Realme 2, Oppo F9, Oppo A3s dan lainnya sudah lebih dulu mengusung fitur ini. Untuk masing-masing jenis smartphone tentunya punya nama fitur game mode yang berbeda pula. Dengan teknologi ini pengguna tidak hanya akan menikmati performa tinggi smartphone saat main game saja. Misalnya pengguna dapat menjawab panggilan sambil main game dan lain-lain. Semua fitur bergantung pada jenis smartphone masing-masing.

  1. Wireless Charger

Teknologi smartphone terbaru yang terakhir yaitu wireless charger. Smartphone sebelumnya kebanyakan menggunakan charger biasa untuk mengisi daya saat kebetulan habis. Cara seperti ini dipandang lebih merepotkan. Sehingga cara seperti itu sudah agak tidak terpakai lagi sejak hadirnya teknologi wireless charger.

Dengan teknologi wireless charger ini memungkinkan pengguna saat mengisi daya smartphonenya tidak menggunakan kabel sedikit pun. Jadi alat wireless charger ini hanya akan ditempatkan di sekitar smartphone yang akan diisi baterai saja. Teknologi ini sudah lumayan berkembang pesat.

Sudah banyak pengguna smartphone yang mencoba teknologi ini. Wireless Charger ini juga sudah bisa digunakan pada hampir di semua jenis smartphone android.

Itulah beberapa teknologi smartphone terbaru yang bisa diketahui. Teknologi memang diciptakan untuk mempermudah kerja manusia. Ada banyak perkembangan teknologi hingga saat ini termasuk pada smartphone. Silahkan untuk menikmati teknologi ini namun jangan lupa tetap bijak saat menggunakannya.(hn)