tempat-wisata-terpopuler-di-sentul

Tempat Wisata di Sentul

Kawasan Sentul sering menjadi tujuan berlibur tidak hanya oleh warga dari Kota Bogor saja, tetapi juga dari daerah-daerah lain di sekitarnya. Selain karena udaranya yang sejuk, Sentul memang memiliki banyak sekali pilihan tempat wisata. Untuk mempermudah kamu memilih tujuan wisata, saya akan merangkumkan 7 tempat wisata terpopuler di Sentul. Ketujuh tempat ini memiliki rating dan ulasan yang tinggi dari para pengunjungnya.

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, lanjut baca.

1. JungleLand Adventure Theme Park

JungleLand Adventure Theme Park
LokasiKawasan Sentul Nirwana, Jl. Jungle Land No. 1, Karang Tengah, Kec. Babakan, Madang, Bogor, Jawa Barat.
Jam BukaSenin – Kamis, pukul 10.00 – 17.00 WIB. Jumat, pukul 10.00 – 18.00 WIB. Sabtu – Minggu, pukul 09.00 – 18.00 WIB. (Selama pandemi, tutup sementara).
Harga Tiket Masuk (HTM)Weekdays: Rp165.000,00. Weekend: Rp220.000,00.
Telepon
Rating ulasan4,4/5 dari 26.067 ulasan Google.
Fasilitas wisata– 36 wahana tematik. – Foodcourt.Spot foto. – Taman. – Toilet umum. – Musala. – Lahan parkir (VIP & umum). – ATM Center. ­Baby room. – Tempat sewa stroller. – Tempat sewa payung. – Pusat informasi.

Kalau kamu ingin berlibur ke tempat wisata terpopuler di Sentul, maka cobalah berkunjung ke JungleLand Adventure Theme Park. Lokasinya berada di Kawasan Sentul Nirwana. Dari pusat kota Bogor maupun dari dari Jakarta, akses menuju ke JungleLand Adventure Theme Park tidak begitu sulit. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, bus umum, maupun sepeda motor.

Ada apa di JungleLand Adventure? Di JungleLand Adventure Theme Park kamu bisa mencoba 36 wahana permainan tematik yang terbagi dalam 5 zona, yaitu:

Masing-masing zona menawarkan pengalaman seru yang menguji adrenalin, super edukatif, dan menghibur. Dijamin akan membuat waktu liburanmu lebih berkesan! Apalagi, beberapa wahana tersebut tidak akan kamu temui di taman bermain lainnya karena hanya ada di JungleLand Adventure saja. Misalnya seperti wahana air race, hydrolift, boat blaster, dan disc’o.

Tips berkunjung ke JungleLand Adventure Theme Park!

  • Jangan lupa membawa topi atau payung, serta menggunakan pakaian yang menyerap keringat. JungleLand Adventure berkonsep outdoor dan berdiri di atas lahan seluas 35 hektar. Jarak antar wahana terbilang cukup jauh dan udaranya lumayan panas saat siang hari.
  • Pastikan tiba sejak pagi supaya bisa mencoba lebih banyak wahana. Terutama di akhir pekan, antrean untuk naik wahana lebih ramai dari biasanya.

2. Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul
LokasiJalan Siliwangi No. 1, Sumur Batu, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.
Jam BukaSenin – Minggu, pukul 09.00 – 17.00 WIB.
Harga Tiket Masuk (HTM)Gratis.
Telepon021-87961579.
Rating ulasan4,4/5 dari 10.883 ulasan Google.
Fasilitas wisataFoodcourt, restoran, café. – Spa. – Café hydroponic.Outbound area.Trekking area. – Toilet. – Musala. – Toko souvenir.

Apakah kamu menyukai petualangan di tengah alam yang sejuk dan pemandangannya asri? Jika iya, maka kamu wajib berkunjung ke Taman Budaya Sentul. Taman Budaya Sentul populer sebagai tempat outbound terbesar dan terlengkap di Indonesia. Lokasinya berada di Jalan Siliwangi, Kecamatan Babakan, Bogor. Akses menuju ke Taman Budaya Sentul cukup mudah karena lokasinya strategis. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum (Trans Pakuan) untuk menuju ke tempat ini.

Taman Budaya Sentul menawarkan beragam jenis permainan yang dibagi menjadi 4 kategori, yaitu:

  • Adventure center.
  • Grand center.
  • Culture center.
  • Facilities center.

Nah, adventure center adalah kategori yang paling banyak diminati oleh pengunjung. Dalam kategori adventure center ini, kamu bisa melakukan aktivitas outbound, trekking, fun games, hingga paintball. Pengelola menyediakan banyak permainan untuk keseruan selama outbound, yaitu gladiator ring, log swing, vertical playvent, dan giant swing. Belum puas? Kamu masih bisa menjajal wahana permainan seru lainnya yang menjadi favorit pengunjung:

  • High ropes adult.
  • Flying fox.
  • Trampoline.
  • Cook and serve.
  • Kids army.
  • Panahan.
  • Menunggang kuda poni.
  • Scooter mini dan becak mini.
  • Clay making.

Kamu tidak perlu membayar untuk masuk ke area Taman Budaya Sentul (gratis). Kamu hanya membayar saat ingin bermain di wahana permainan dan outbound saja. Untuk harga akan berbeda-beda tergantung wahananya. Harga paling murah adalah Rp25.000,00/pax untuk shooting target dan becak mini/scooter mini. Sementara itu, harga termahal adalah Rp200.000,00/pax untuk high ropes adult.

Tips wisata di Taman Budaya Sentul:

  • Kalau kamu pergi dengan rombongan, maka lebih baik ambil paket program yang sudah disediakan oleh pengelola. Ada paket rekreasi, private hiking,paket edukasi, development program, hingga gathering. Harganya lebih terjangkau dengan beragam aktivitas seru di dalamnya.

3. Ecoart Park Sentul City

Ecoart Park Sentul City
LokasiCipambuan, Kec. Babakan, Madang, Bogor, Jawa Barat
Jam BukaSenin – Minggu, pukul 10.00 – 22.00 WIB
Harga Tiket Masuk (HTM)Gratis
Telepon
Rating ulasan4,3/5 dari 9.099 ulasan Google.
Fasilitas wisata– Taman. – Instalasi seni. – Teater mini . – Sewa perahu.

Ecoart Park Sentul City merupakan ruang terbuka hijau yang berada di dalam kompleks Perumahan Sentul City. Lokasinya strategis sehingga bisa dicapai dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum (Trans Pakuan). Taman ini menjadi tempat wisata terpopuler di Sentul karena suasananya yang asri dan sejuk. Selain itu, fasilitas yang tersedia sangat edukatif dan ramah anak.

Ada 5 aktivitas menarik saat rekreasi di Ecoart Park Sentul City:

  • Kamu bisa sekadar duduk santai di Ecoart Park Sentul City untuk melepas penat dan stres. Taman ini didesain sebagai ruang terbuka hijau yang sangat asri, teduh, dan suasananya tenang.
  • Berfoto dengan instalasi seni. Ada beberapa instalasi seni berupa patung-patung besar di area Sculpture Garden. Kamu bisa menjumpai patung Optimus Prime yang terbuat dari sparepart mobil bekas, patung pesumo, dan patung penyayang binatang. Semuanya sangat unik untuk dijadikan latar berfoto!
  • Di dekat Ecoart Park terdapat sebuah jembatan lingkar yang desainnya sangat artistik. Kamu bisa berjalan di jembatan ini sembari menikmati pemandangan sekitar dari atasnya.
  • Area lain yang terdapat di Ecoart Park adalah Taman Sains. Taman sains menjadi area edukatif, terutama bagi anak-anak. Ada 2 buah parabola aktif sebagai sarana edukasi ilmu pengetahuan.
  • Pengelola Ecoart Park menyediakan perahu-perahu kecil yang bisa disewa oleh pengunjung. Cukup membayar seikhlasnya, kamu akan diajak menyusuri Sungai Cikeas dengan durasi waktu sekitar 10-15 menit.

Tips wisata ke Ecoart Park Sentul City:

  • Karena konsepnya berupa ruang terbuka hijau, waktu terbaik untuk berkunjung ke Ecoart Park adalah saat cuaca sedang cerah, ya!

4. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo
LokasiJalan Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Kota Bogor, Jawa Barat.
Jam BukaSenin – Minggu, pukul 07.00 – 17.00 WIB.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp25.000,00.
Telepon
Rating ulasan4,3/5 dari 8.263 ulasan Google.
Fasilitas wisata– Loker. – Toilet dan ruang ganti. – Pos pemantau. – Tempat sewa pelampung. – Kedai makanan dan minuman.

Curug Leuwi Hejo cocok sekali untuk kamu yang gemar bermain air dan trekking. Lokasinya berada di kawasan Gunung Pancar, sekitar 9 kilometer dari kawasan Sentul. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor) atau ojek online untuk mencapai lokasi curug.

Berikut 5 aktivitas yang bisa kamu lakukan saat rekreasi di Curug Leuwi Hejo:

  • Trekking

Untuk mencapai curug, kamu harus trekking melalui pemukiman warga dan jalan setapak terlebih dahulu. Jaraknya sekitar 15-20 menit berjalan kaki dari area parkir. Di sepanjang jalur trekking, kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat cantik.

  • Bermain air

Berwisata ke curug kurang lengkap rasanya kalau kamu tidak menceburkan diri dan berenang di airnya yang segar. Namun, tetap berhati-hati dengan aliran air dan kedalaman curugnya, ya!

  • Body jumping

Nah, kalau yang ini cocok untuk kamu yang bernyali besar. Kamu bisa mencoba melompat ke air dari atas berbatuan besar yang ada di sekitar curug.

  • Bersantai menikmati pemandangan alam

Berada di kawasan pegunungan, Curug Leuwi Hejo dikelilingi oleh pemandangan alam yang masih sangat cantik. Kamu bisa duduk santai sembari menikmati pemandangan.

  • Hunting foto

Jangan lewatkan momen berfoto! Abadikan keseruanmu saat berada di Curug Leuwi Hejo dengan latar pemandangan yang menawan.

Tips berwisata ke Curug Leuwi Hejo:

  • Gunakan alas kaki yang nyaman agar tidak tergelincir saat berjalan di tanah atau berbatuan yang basah.
  • Kalau cuaca sedang buruk, jangan memaksa pergi karena aliran air bertambah deras dan jalur trekking semakin licin.
  • Kalau masih punya tenaga ekstra, kamu bisa mampir ke 3 curug lainnya, yaitu Curug Cepet, Curug Barong, dan Leuwi Liyek.

5. Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong
LokasiSentul City, Jl. Ir. H. Juanda, Cipambuan, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.
Jam BukaWeekday: pukul 10.00 – 20.00 WIB. Weekend: pukul 08.00 – 20.00 WIB. (selama masa pandemi).
Harga Tiket Masuk (HTM)Gratis.
Telepon
Rating ulasan4,2/5 dari 5.263 ulasan Google.
Fasilitas wisata– Puluhan tenant kuliner. – Toilet. – Musala. – Amphitheater. – Wahana permainan.

Pasar Ah Poong adalah pusat kuliner yang mengusung konsep foodcourt. Pengunjung bisa bersantap sembari menikmati pesona Sungai Cikeas dan suasana pegunungan. Ada sekitar 80 tenant kuliner yang terbagi di 3 area. Dengan tenant yang beragam tersebut, kamu bisa puas memilih berbagai menu, mulai dari makanan ringan hingga main course.

Di Pasar Ah Poong, selain menikmati kuliner, kamu bisa mencoba keseruan di wahana permainannya. Ada pilihan airsoft gun, panahan, kuda poni, carousel, mobil rides, pasir kinetik, dan pancing ikan. Tidak ketinggalan ada juga wahana permainan air seperti perahu sampan, bola air, hingga bumper boat. Berkunjung ke Pasar Ah Poong, hati senang, perut kenyang!

Tertarik berkunjung ke Pasar Ah Poong? Lokasinya hanya berjarak kurang lebih 1 kilometer dari pintu tol Sentul Selatan 1. Kamu bisa menuju ke Pasar Ah Poong menggunakan kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor), maupun angkutan umum.

Tips saat berwisata ke Pasar Ah Poong:

  • Transaksi untuk kuliner di Pasar Ah Poong menggunakan sistem deposit. Kamu cukup membayar sejumlah uang di kasir sebagai deposit. Kemudian, kamu akan diberi kartu untuk bertransaksi di tiap tenant. Kalau masih ada saldo yang tersisa, nantinya bisa dicairkan kembali saat keluar. Jadi, siapkan deposit yang cukup supaya tidak bolak balik antre ke kasir.
  • Pasar ini selalu ramai, terutama di akhir pekan. Jadi, datanglah sejak pagi supaya mendapat tempat duduk dan area parkir. 

6. Taman Fathan Hambalang

Taman Fathan Hambalang
LokasiDesa Hambalang, Kec. Citeureup, Bogor, Jawa Barat.
Jam BukaSenin – Jumat, pukul 11.00 – 20.00 WIB. Sabtu – Minggu, pukul 09.00 – 21.00 WIB.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp5.000,00 per orang (belum termasuk biaya parkir).
Telepon
Rating ulasan4,2/5 dari 2.040 ulasan Google.
Fasilitas wisata– Gazebo. – Spot foto. – Café.

Untuk kamu yang ingin menikmati suasana dataran tinggi yang sejuk, maka kunjungilah Taman Fathan Hambalang. Lokasinya berada di Agrowisata Villa Bukit Hambalang, Desa Hambalang, Citeureup, Bogor. Untuk waktu tempuh sekitar 40 menit dari Kota Bogor menggunakan kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor).

Apa sih yang menarik dari Taman Fathan Hambalang sehingga menjadi tempat wisata terpopuler di Sentul?

  • Tentu saja pemandangan alamnya! Ketika cuaca cerah, kamu bisa menikmati pemandangan bentang 3 gunung sekaligus, yaitu Gunung Gede, Pancar, dan Pangrango. Pemandangan ini akan semakin indah saat senja. Kemudian, pada malam hari, pemandangan akan berganti dengan kerlap kerlip lampu kota di kejauhan. Kalau beruntung, di waktu tertentu kamu bisa melihat gumpalan awan yang menutupi pegunungan. Wah, sensasinya seperti sedang berada di negeri atas awan.
  • Pengelola menyediakan spot foto dengan undakan khusus. Kamu bisa berfoto dengan latar pemandangan yang cantik di spot ini. Dijamin instagrammable sekali!
  • Ada Kedai Kopi Dayeuh di Taman Fathan Hambalang. Kamu bisa bersantai sembari minum kopi dan menikmati camilan.

Tips berwisata ke Taman Fathan Hambalang:

  • Karena konsepnya outdoor, maka kamu perlu memperhatikan kondisi cuaca terlebih dahulu sebelum berangkat, ya.
  • Ada beberapa objek wisata di Agrowisata Villa Bukit Hambalang. Nah, jangan sampai salah masuk tempat wisata. Kamu bisa menemukan Taman Fathan Hambalang dengan ciri khas jejeran meja dan kursi yang serba putih.

7. Sentul Pine Forest

Sentul Pine Forest
LokasiKawasan Wisata Alam Gunung Pancar, Jl. Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.
Jam BukaSetiap hari, pukul 07.30 – 17.30 WIB. Khusus area camping 24 jam.
Harga Tiket Masuk (HTM)Weekday: Rp5.000,00 per orang. Weekend: Rp7.500,00 per orang.
Telepon085780331638 / 081312710797.
Rating ulasan4,1/5 dari 786 ulasan Google.
Fasilitas wisata– Aula. – Toilet. – Musholla. – Arena permainan anak. – Spot foto. – Sewa tikar. – Trekking area.Camping ground.

Sentul Fine Forest merupakan hutan pinus yang berada di kawasan konservasi alam Gunung Pancar. Di hutan ini kamu bisa melihat keindahan jajaran pohon pinus dan menghirup udara yang segar. Saking cantiknya, hutan pohon pinus sering dijadikan latar berfoto oleh pengunjung.

Bahkan, ada yang datang khusus untuk sesi foto prewedding. Selain berfoto, tentu ada pilihan aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan di Sentul Fine Forest. Mulai dari duduk santai beralaskan tikar di area hutan, hiking, trekking, outbound, bahkan camping!

Yap, Sentul Fine Forest memang sering menjadi pilihan tempat camping di Bogor. Tentu bukan tanpa sebab, ya! Camping ground di Sentul Fine Forest ini memiliki banyak keunggulan, yaitu:

  • Lokasi camping sangat terawat dan bersih.
  • Pengelola menyediakan paket camping untuk perorangan dan rombongan dengan harga terjangkau.
  • Semua pilihan paket tersebut sudah dipersiapkan dengan baik sehingga mudah, aman, dan nyaman untuk semua penggunanya. Kamu yang tidak terbiasa melakukan aktivitas camping pun dijamin tetap bisa menikmati pengalaman berkemah yang seru di sini. 
  • Fasilitas yang ditawarkan premium! Mulai dari tenda, matras, makanan, api unggun, listrik, serta toilet yang terjamin bersih.

Nah, kalau kamu mencari tempat camping terbaik di Bogor, maka camping ground di Sentul Fine Forest adalah jawabannya! Jangan khawatir mengenai jalur menuju ke Sentul Fine Forest. Lokasinya cukup mudah ditemukan dan akses jalannya pun sudah teraspal dengan baik.

Itulah 7 tempat wisata terpopuler di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Mulai dari tempat wisata berkonsep edukasi, petualangan yang menguji adrenalin, kuliner, hingga wisata di tengah alam yang asri. Semoga artikel ini bisa membantumu menentukan pilihan tempat wisata terbaik di Sentul. Kira-kira adakah tempat yang sudah masuk dalam list incaranmu untuk liburan nanti? Apa nih alasannya? Ceritakan melalui kolom komentar, ya.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *