Tempat-Wisata-Terpopuler-di-Karawang

7 Tempat Wisata Terpopuler di Karawang (2021)

Mendengar kata Karawang, mungkin segera mengingatkanmu pada daerah industri penuh pabrik. Apa yang kamu pikirkan tidak sepenuhnya salah, karena kabupaten di Jawa Barat ini merupakan pusat industri. Meski begitu, Karawang menyimpan berbagai potensi wisata yang ternyata cukup menarik dan ramah anak, lho. Jika kamu tinggal di Jakarta dan sekitarnya, kamu bisa mampir ke sini untuk liburan singkat! Mau coba opsi liburan yang simpel di Karawang? Berikut 7 tempat wisata terpopuler di Karawang, Jawa Barat:

1. Wonderland Waterpark Galuh Mas

Tempat wisata Karawang - Wonderland Waterpark Galuh Mas
(kredit gambar: instagram.com/masithohsity).
LokasiJl. Galuh Mas Raya No.1, Telukjambe, Kec. Telukjambe Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam BukaSenin-Kamis: 09.00-16.00 WIB Jumat-Minggu: 08.00-16.00 WIB
Harga Tiket Masuk (HTM)Hari biasa: Rp60.000,00 Hari libur: Rp85.000,00
Fasilitas wisataKapal-kapalan, ember tumpah, kolam busa, tempat duduk, kios makanan
Rating ulasan4,3 dari 4.563 ulasan

Di Karawang, memang tidak banyak pantai yang cantik dengan pemandangan yang alami. Namun, bukan berarti wisatawan tidak bisa berwisata air. Di sana, dibangun sebuah wahana wisata air yang megah dan juga menawan bernama Wonderland Waterpark Galuh Mas.

Layaknya waterpark pada umumnya, aktivitas utama yang bisa kamu lakukan di sini adalah berenang. Nah, yang menjadikan tempat ini menarik adalah berbagai macam wahana yang disediakan. Sarana rekreasionalnya lengkap dan memiliki konsep yang seru. Beberapa wahana menarik itu antara lain adalah:

  • Kapal bajak laut.
  • Perosotan raksasa (gorilla slide).
  • Ember tumpah.
  • Mandi busa.
  • Kolam khusus anak.

Sambil menunggu anak-anak bermain air, orang tua bisa duduk di tempat duduk berpayung yang ada di pinggir kolam renang. Bangku duduk ini unik,  dihiasi oleh payung kuning yang menarik dan berwarna cerah. Banyak wisatawan muda yang mengambil foto Instagramable di sini. Oh ya, pengunjung juga dapat membeli makanan yang tersedia di dalam wahana dan mengonsumsinya di sana.

Orang dewasa yang akan masuk ke sana diwajibkan untuk menunjukkan bukti vaksin lewat aplikasi PeduliLindungi.  Namun, peraturan tersebut tidak berlaku untuk anak-anak.

2. Pantai Tanjung Pakis

(kredit gambar: instagram.com/folk_karawang/?hl=en).
LokasiTanjungpakis, Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, jam 07.00-17.00 WIB
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp10.000,00
Fasilitas wisataPenginapan, banana boat, hiburan panggung, menginap
Rating ulasan3,9 dari 3.450 ulasan

Pantai Tanjung Pakis terletak di kecamatan Pakisjaya. Dari Situs Batujaya, pantai Karawang ini berjarak sekitar 22 kilometer.

Pantai ini membentang sepanjang 7 km, sehingga memberikan banyak ruang bagi pengelola untuk menyediakan berbagai wahana rekreasi. Di sana, kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas menarik, lho. Kamu bisa membakar ikan bandeng di pinggir pantai, naik banana boat, melihat hiburan di panggung, atau bahkan menginap.

Pantai Tanjung Pakis menyediakan penginapan yang nyaman bagi para wisatawan. Dengan fasilitas yang lengkap, tidak mengherankan apabila Pantai Tanjung Pakis dinobati sebagai salah satu pantai terpopuler di Karawang.

Untuk menuju ke sana, kamu memang harus menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya, belum ada kendaraan umum yang langsung mengantarmu menuju ke gerbang depan pantai ini.

3. Hutan Kertas

Tempat wisata Karawang - Hutan Kertas
(kredit gambar: instagram.com/folk_karawang/).
LokasiKutamekar, Kec. Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, jam 08.00-23.00 WIB
Harga Tiket Masuk (HTM)Weekdays: Rp10.000,00 Weekend: Rp15.000,00
Fasilitas wisataKafe, spot  foto
Rating ulasan4,0 dari 2.980 ulasan

Hutan Kertas adalah oase di tengah Kawasan Industri Karawang yang dipenuhi gedung-gedung pabrik. Walaupun namanya Hutan Kertas, tetapi ada banyak pepohonan alami yang bisa kamu temukan di sana. 

Lalu, dari mana nama pohon kertas berasal? Rupanya, pohon-pohon yang ditanam di sana adalah Pohon Eucalyptus. Pohon ini awalnya difungsikan untuk memproduksi kertas. Meskipun begitu, setelah pohon-pohon itu tumbuh besar, ia  membuat lahan menjadi rindang dan juga cantik.

Pada akhirnya, lahan ini pun digunakan sebagai tempat wisata dan dinamai Hutan Kertas. 

Selain pepohonan yang rindang, di dalamnya juga banyak hiasan-hiasan lampion dan juga ornamen kertas yang begitu cantik dan padu. Ada pula kafe di tengah hutan dengan nuansa kayu yang kental.

Selain dijadikan tempat nongkrong, Hutan Kertas juga kerap dijadikan lokasi untuk pre-wedding dan untuk acara ulang tahun kecil-kecilan.

Nah, apakah kamu tertarik pergi ke sana? Sempatkanlah pergi ke Hutan Kertas untuk merasakan pengalaman liburan yang unik dan juga sederhana. 

4. Kampung Budaya Karawang

Kampung Budaya Karawang
(kredit gambar: instagram.com/sanggarpuspawangi/).
LokasiWadas, Kec. Telukjambe Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 24 jam
Harga Tiket Masuk (HTM)Gratis
Fasilitas wisataTaman, pondok, pertunjukkan budaya, restoran.
Rating ulasan4,0 dari 2.278 ulasan

Kampung Budaya Karawang mengizinkan kamu untuk berkenalan lebih dekat dengan budaya asli kota industri ini. Setelah sempat ditutup karena lonjakan pandemi, kini Kampung Budaya Karawang sudah dibuka lagi.

Masyarakat sekitar suka menyambangi tempat ini karena udaranya sejuk, tempatnya rapi, dan cocok untuk olahraga pagi. Usai olahraga, mereka biasanya akan menyantap berbagai makanan khas Sunda yang ada di sana. Para wisatawan pun juga dapat melakukan hal yang sama. Oh ya, warung-warung yang ada di Kampung Budaya Karawang juga dinilai bagus oleh khalayak di Google Review.

Nah, jika kamu beruntung, kamu bisa datang ke sana pada saat pertunjukkan tari digelar. Para seniman biasanya menggelar pertunjukkan tari kecil-kecilan di pondokan atau pendopo. Hal ini sesuai dengan tujuan pemerintah yang ingin menjadikan kampung tersebut sebagai wadah untuk kreasi para seniman. Sehingga, mereka bisa menghasilkan ide-ide yang menarik dan melestarikan budaya daerah.

5. Curug Cigentis

Tempat Wisata Karawang - Curug Cigentis
(kredit gambar: instagram.com/sitiamanah28).
LokasiMekarbuana, Tegalwaru, Mekarbuana, Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 07.00-17.00 WIB
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp20.000,00
Fasilitas wisataTempat foto, kolam
Rating ulasan4,4 dari 2.218 ulasan

Kabupaten Karawang menyimpan beberapa surga tersembunyi. Salah satu yang paling terkenal adalah Curug Cigentis. Sudah pernah dengar, belum? Yuk, cari tahu keseruan objek wisata ini di sini!

Setelah memasuki area Curug Cigentis, mungkin kamu tidak menyangka bahwa kamu sedang berada di dalam kota industri. Suasananya berbeda jauh dengan lanskap kota Karawang pada umumnya. Nuansanya tenang, bak pedesaan yang ada di khayangan.

Air terjun deras mengalir jatuh menimpa berbatuan besar yang ada di bawahnya. Percikan airnya menciptakan kesan kabut putih yang cantik sebagai latar belakang foto. Seolah, seperti kabut dari negeri di atas awan.

Jarak air terjun dengan loket dan tempat parkir adalah sekitar 300 meter. Dari area tersebut, kamu bisa berjalan melewati hutan-hutan yang dipenuhi oleh pepohonan rindang. Dari jauh, suara gemuruh air sudah terdengar, menemani kamu untuk berjalan dan menikmati keindahan alam tersebut. 

Nah, setelah sampai, kamu bisa duduk di atas batu besar dan mengambil swafoto.  Atau, kalau kamu mau aktivitas yang lebih seru, kamu bisa berenang di kolam curug.

Airnya tidak terlalu dalam sehingga cukup aman bagi wisatawan untuk berendam atau berenang. Sambil berendam, kamu bisa menikmati kucuran air yang jatuh dari tebing setinggi 25 m. Sudah terbayang bukan kesegarannya?

Kamu juga bisa menginap di penginapan yang sudah disediakan, bermain outbound, atau berenang di kolam renang. Mau opsi wisata terjangkau dan asyik buat keluarga? Curug Cigentis bisa menjadi opsi.

6. Candi Jiwa Batujaya

Tempat Wisata Karawang - Candi Jiwa Batujaya
(kredit gambar: instagram.com/rizaldybaggus).
LokasiSegaran, Batujaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 08.00-18.00 WIB
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp5.000,00
Fasilitas wisataSpot foto, warung wisata, toilet
Rating ulasan4,4 dari 1.517 ulasan

Di tengah suburnya sawah Pakisjaya Karawang, berdiri situs bersejarah Candi Jiwa Batujaya. Candi ini disebut-sebut sudah ada pada masa kerajaan Tarumanegara sekitar abad ke-5 sampai dengan ke-6 masehi bahkan menurut Perpustakaan Nasional Candi ini usianya lebih tua daripada Candi Borobudur, lho.

Tahu apa lagi yang menarik dari sini? 

Melihat pola reliefnya, para peneliti menduga bahwa upacara tidak dilakukan di tengah. Ya, berbeda dengan candi pada umumnya, upacara justru dilakukan di pinggir. Itulah alasan mengapa terdapat pola unik di pinggiran candi.

Selain berfoto di dekat situs bersejarah, ada satu hal lagi, nih, yang bisa kamu lakukan di sana. Terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan lezat. Jadi, kamu bisa bersantap siang sambil melihat hamparan sawah dan situs yang klasik. Asyik sekali, bukan?

Jika kamu ingin wisata yang tenang dan edukatif, situs ini bisa menjadi pilihan. Kamu bisa memarkirkan kendaraan di area parkir yang tak jauh dari sana. Lalu, kamu hanya perlu berjalan sebentar menuju ke situs.

7. Taruma Leisure Waterpark

Tempat wisata Karawang - Taruma Leisure Waterpark
(kredit gambar: instagram.com/taruma_leisure_waterpark).
LokasiPerum Grand Taruma Jalan Raya Tol, Sukamakmur, Kec. Telukjambe Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat(Cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 08.00-18.00 WIB
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp50. 000,00
Fasilitas wisataLazy pool, crazy wave, Animal Education Farm, Kiddy Pool, tempat makan
Rating ulasan4,2 dari 1.121 ulasan

Mengunjungi waterpark adalah opsi paling tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Ada begitu banyak petualangan air yang seru dan tentunya ramah anak di Taruma Leisure!

Mau tahu wahana rekreasional apa yang ada di sini? Ini dia:

  • Crazy Wave, kolam dengan ombak yang besar
  • Lazy River, kolam berkonsep sungai untuk kamu yang ingin malas-malasan di pelampung
  • Kiddy Pool, kolam untuk anak balita
  • Animal Education Farm, pertunjukkan hewan yang edukatif.

Mengingat fasilitas Taruma Leisure cukup lengkap dan dekat dengan ibukota, tiketnya selalu laris di akhir minggu. Nah, jika kamu takut kehabisan tiket, kamu bisa membelinya di aplikasi daring. Ini adalah ide yang lebih baik daripada membeli on the spot, supaya kamu tidak kehabisan.

Buat orang Jakarta dan sekitarnya, liburan di Karawang adalah opsi terbaik jika kamu hanya punya sedikit waktu. Ada begitu banyak opsi wisata yang ternyata menarik, lho. Bagaimana, apakah kamu sudah menentukan mana tempat wisata yang mau kamu datangi?


Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *