Saat ini jaman semakin canggih dan serba online termasuk ingin berobat ke rumah sakit pun bisa daftar secara online. Penyedia layanan kesehatan serius menyikapi keluhan pasien yang harus mengantri sangat lama saat ingin melakukan pemeriksaan kesehatan. Untuk itu saat ini sudah ada 485 rumah sakit menerapkan pendaftaran online. Bagaimana cara daftar online rumah sakit saat pasien ingin diperiksa? Ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Website Atau Unduh Aplikasi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka website http://sirs.yankes.kemkes.go.id/antrian/untuk mendaftarkan rawat jalan secara online. Sebenarnya selain melalui website resmi Kemenkes juga bisa mengunduh aplikasi antrian dari play store. Namun untuk kali ini akan dijelaskan cara daftar online rumah sakit melalui website resmi Kemenkes.

Semua orang bisa melakukan pendaftaran online saat ingin memeriksakan diri di rumah sakit dengan sangat mudah melalui website. Hanya dengan syarat memiliki akses internet maka siapa pun bisa dengan mudah mendapatkan nomor antrian periksa di dokter yang diinginkan.

  1. Pilih Rumah Sakit Tujuan Reservasi

Setelah membuka website resmi Kemenkes untuk mengambil nomor antrian maka harus melakukan langkah 1 yaitu memilih rumah sakit. Calon pasien harus memilih rumah sakit tujuan yang diinginkan, di website akan muncul ama-nama rumah sakit yang bisa dijadikan tempat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Ada banyak sekali nama rumah sakit yang sudah terdaftar dalam website Kemenkes di berbagai daerah. Calon pasien bisa memilih salah satu rumah sakit tujuan sesuai dengan kebutuhan. Bisa berdasarkan kebutuhan dokter, domisili atau pertimbangan lainnya. Perlu melakukan pertimbangan baik-baik sebelum memilih nama rumah sakit yang akan dijadikan tujuan reservasi.

  1. Verifikasi Pasien

Langkah no 2 pada website adalah verifikasi pasien, di sana calon pasien akan diminta mengisi kolom-kolom data pasien. Ada dua pilihan jenis pasien di sana ada pasien baru dan pasien lama. Pilih salah satunya lalu kemudian akan diminta melakukan verifikasi data pasien.

Untuk pilihan pertama yaitu pasien baru, jika memilih pasien baru maka harus mengisi verifikasi data pasien yang lebih banyak. Calon pasien harus mengisi data nama pasien, tempat lahir, tanggal lahir dan nomor handphone. Setelah mengisi semua data tersebut maka bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Untuk pilihan kedua yaitu pasien lama, jika memilih pasien lama maka harus melakukan verifikasi data nomor rekam medis dan tanggal lahir. Setelah mengisi kedua data tersebut maka pasien lama bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

  1. Pilih Klinik Dan Dokter Tujuan

Langkah selanjutnya adalah memilih klinik dan dokter yang dituju untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit tersebut. Dalam sebuah rumah sakit akan terdapat berbagai jenis klinik rawat jalan yang disediakan untuk pasien yang ingin melakukan pemeriksaan. Sebagai contoh nama klinik seperti klinik anak, klinik internis (penyakit dalam), klinik gigi dan lainnya.

Calon pasien bisa memilih klinik mana yang akan dikunjungi, tentu saja harus sesuai dengan keluhan yang dirasakan. Dalam sebuah klinik rawat jalan pun pasien harus memilih satu dokter yang akan dikunjungi. Hal itu karena ada banyak sekali jumlah dokter dengan spesialisasi yang sama dalam satu klinik di rumah sakit apalagi jika rumah sakit kelas A. Untuk itu tentukan terlebih dahulu dokter siapa yang ingin dituju agar bisa melakukan pendaftaran online lebih cepat.

Jika masih bingung memilih dokter karena merupakan pengalaman pertama ke RS tersebut, maka bisa mencari dulu informasinya. Dalam website Kemenkes juga tersedia jadwal poliklinik serta dokter yang berdinas lengkap beserta jamnya.

  1. Resume Jadwal Reservasi

Setelah mengisi nama klinik dan nama dokter yang dituju maka langkah terakhir adalah menunggu resume jadwal reservasi. Akan muncul resume jadwal reservasi calon pasien kepada dokter yang sudah dipilihnya. Pasien bisa datang ke rumah sakit tujuan sesuai dengan tanggal dan jam yang tertera pada jadwal reservasi.

Itulah cara daftar online rumah sakit untuk pasien yang ingin melakukan pengobatan rawat jalan di rumah sakit atau layanan kesehatan. Segala kemudahan tersebut sudah bisa dirasakan oleh seluruh pasien asalkan memiliki koneksi internet. Untuk tempat pelayanan kesehatan yang belum menerapkan sistem pendaftaran online bisa daftar langsung secara computerize di tempat.(hn)