Salah satu roda dalam sebuah keluarga adalah ibu atau wanita, peran ibu dalam sebuah keluarga sangat penting agar roda berputar secara dinamis.Seorang ibu mengerjakan seluruh pekerjaannya dengan tulus dan ikhlas tanpa dibayar ataupun digaji, seorang ibu bangun harus lebih pagi dan tidur lebih malam untuk menyiapkan semua kebutuhan seluruh anggota keluarga mulai dari memasak, menyiapkan makanan, mencuci atau menggosok baju dan membersihkan semua ruangan didalam rumah, tapi jangan remehkan ibu-ibu atau emak-emak jaman sekarang, walau berkutat dengan pekerjaan rumah tangga, ibu-ibu juga bisa menghasilkan uang dari aplikasi handphone. Aplikasi apa saja yang bisa menghasilkan uang tambahan untuk ibu dirumah.

1.Cookpad

Cookpad adalah aplikasi gratis untuk berbagi resep.Untuk mengakses aplikasi ini bisa melalui website atau download di google play store, untuk menulis resep harus mendaftar menjadi anggota, setelah menjadi anggota baru bisa menulis resep, jika hanya ingin melihat resep bisa diakses tanpa menjadi anggota. Jika melihat resep harus diperhatikan dengan lebih teliti lagi, karena untuk satu masakan bisa mencapai 100 lebih resep yang ditulis anggota, dan tidak semua anggota disini mahir memasak, karena semua masih tahap belajar.

Dimana ya letak menghasilkan uang? Aplikasi ini memfasilitasi para penulis resep yang merasa dirinya sudah mahir untuk mengajarkan anggota lain untuk mempraktekkan resep secara langsung dengan membuka kelas memasak yang pembayarannya akan diserahkan kepemilik resep yang telah mengajarkan secara langsung ke anggota. Sudah banyak anggota yang mendapat penghasilan tambahan dariĀ  aplikasi ini.Untuk bisa membuka kelas memasak cukup menyediakan tempat (bisa dapur rumah sendiri), alat, bahan-bahan memasak, tenang jika dapur dirumah kecil dan hanya bisa menampung peserta kursus memasak hanya 1 atau 2 orang tetap bisa membuka kelas, karena minimal peserta kursus bisa 1 orang, untuk bisa membuka kelas memasak penawarannya akan diemail langsung oleh admin Cookpad.

2.Google Adsense

Google Adsense adalah program kerjasama iklan melalui internet yang dikeluarkan oleh Google.Melalui iklan pemilik situs atau blog akan mendapat penghasilan dari iklan yang diklik oleh pengunjung situs atau blog yang dikenal dengan sistem pay per click (ppc).Sebelum mendaftar di Google adsense harus memiliki situs atau blog terlebih dahulu, aplikasi google ini memantau penghasilan blogger dari iklan yang ada di dalam blog.Sudah banyak blogger dari kalangan ibu atau emak-emak yang berhasil mendapat penghasilan tambahan dari google adsense.

3.EyeEm

EyeEm adalah aplikasi jual beli foto.Sekarang siapapun bisa menjadi photographer, mulai dari anak-anak, remaja bahkan ibu-ibu sudah bisa menjadi photographer amatir dari sebuah handphone, karena sudah banyak handphone yang didalamnya memiliki kamera canggih dan bagus, tapi sekarang foto hasil jepretan kamu jangan hanya di upload di media sosial, tapi kamu bisa upload di EyeEm.

Cara menghasilkan uang dari aplikasi ini adalah cukup download aplikasi EyeEm di Play Store atau APP Store secara gratis, daftar, upload foto terbaik yang akan dijual, lalu edit foto didalam aplikasi ini yang sudah menyediakan fitur edit dan filterĀ  foto, setelah itu isi form sebagai penjual dan beri caption dan hashtag yang sesuai dengan foto yang akan dijual seperti di Instagram, aktifkan foto dan foto sudah siap dijual dan sudah beredar di pasar foto EyeEm dan kamu juga bisa promosikan atau share foto di akun media sosial.Sudah banyak sekali yang mendapat penghasilan dari menjual foto di aplikasi ini.

Jadi bijaklah menggunakan gadget agar membawa dampak yang baik dan bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Salam gadget! (ns)