KPPPA

KEMENTERIAN

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

 

PRESS RELEASE

Tinjau Arus Mudik Lebaran

Menteri PPPA : Mari Kita Wujudkan Nuansa Mudik yang Aman dan Nyaman

Siaran Pers Nomor : 67/Humas/KemenPPPA/07/2015

Jakarta (10/7) – Tradisi mudik yang berlangsung setiap tahun secara turun temurun menyita perhatian Menteri PPPA,Yohana Yembise. Dalam kunjungannya saat meninjau arus mudik di Stasiun Senen dan Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Jum’at (10/7), Menteri PPPA mengingatkan bahwa pemudik harus selalu memperhatikan keselamatan berkendara agar dapat menciptakan nuansa mudik yang nyaman dan aman, utamanya bagi kaum perempuan dan anak-anak.

“Momen mudik adalah momen yang istimewa bagi sebuah keluarga. Oleh karena itu, saya berharap momen ini dapat dipersiapkan sebaik mungkin, baik dalam hal keberangkatan, selama perjalanan, saat di kampung halaman, hingga akhirnya kembali ke tempat semula. Sehingga dengan begitu mudik dapat menjadi momen yang membahagiakan, dan menjadi momen untuk mempererat kembali ikatan kekeluargaan,”ungkap Menteri PPPA, Yohana Yembise. Lebih lanjut, Ia mengingatkan pada orangtua yang mengajak anaknya untuk mudik agar memperhatikan kebutuhan anak-anaknya, terutama kebutuhan akan keselamatan mereka dalam perjalanan.

“Bagi mereka yang menempuh jarak yang panjang dan melelahkan saat mudik, beristirahat sejenak di berbagai sarana peristirahatan yang tersedia akan menjadi pilihan yang baik untuk melepas lelah, sehingga bisa melanjutkan perjalanan dengan lebih segar,”tambah Yohana.

Berdasarkan info dari Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik tahun 2015 diperkirakan mencapai 20 juta jiwa, dimana anak-anak dan perempuan pun termasuk di dalamnya. Mengingat hal tersebut, Menteri PPPA meminta kepada semua pihak yang terkait untuk turut serta menyediakan tempat peristirahatan dalam perjalanan yang ramah anak, dengan memperhatikan ketersediaan fasilitas seperti tempat bermain bagi anak, dan ruang laktasi bagi ibu menyusui. Yohana juga mengingatkan kepada para penyedia jasa dan layanan sewa angkutan untuk memperhatikan kesiapan kendaraan yang akan dipakai oleh para pemudik agar benar-benar layak jalan dan menjamin keselamatannya dari berangkat sampai tujuan, dan sebaliknya.

Dengan adanya kesadaran dari pemudik untuk selalu mengutamakan keselamatan dibandingkan ketergesaan, juga kerjasama dari berbagai pihak terkait untuk membantu kelancaran dan kenyamanan dalam perjalanan mudik tersebut, Yohana yakin momen mudik akan terlaksana dengan lancar dan sangat menyenangkan.

“Saya ucapkan selamat berkumpul kembali bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Mari kita bersama mewujudkan nuansa mudik yang aman dan nyaman, agar dengan momen mudik ini kita semua dapat menguatkan kembali ketahanan keluarga demi terwujudnya keluarga-keluarga Indonesia yang lebih harmonis, bahagia, dan terhindar dari berbagai bentuk kekerasan,”kata Yohana di akhir pembicaraannya.

HUMAS KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

DAN PERLINDUNGAN ANAK

Telp.& Fax (021) 3448510, e-mail : humas.kpppa@gmail.com

1Menteri PPPA menyapa seorang pemudik anak-anak yang bersama keluarganya hendak

mudik dari Stasiun Pasar Senen Jakarta, menuju Kota Surabaya, Jawa Timur

2Menteri PPPA didampingi Staf Ahli Menteri Bidang Agama, Siti Khadijah Nasution,

saat menyampaikan bingkisan tanda cinta kepada kaum perempuan dan anak yang hendak mudik.

Dalam aksi simpatik tersebut Menteri PPPA mengajak semua pemudik untuk mewujudkan mudik yang aman dan nyaman.

3

Menteri PPPA didampingi para pejabat di Stasiun Pasar Senen sedang meninjau berlangsungnya arus mudik di Stasiun tersebut.

4

Menteri PPPA mengacungkan jempol pertanda apresiasi atas telah disediakannya ruang laktasi bagi para pengguna jasa kereta api.

5

Menteri PPPA menyapa seorang bayi yang juga ikut menjadi bagian dari peserta mudik lebaran.

6

Menteri PPPA menyapa dan berbincang dengan warga yang menjadi peserta mudik lebaran di Terminal Kampung Rambutan Jakarta

7

Menteri PPPA bersalaman dengan seorang anak sesaat sebelum kepergian moda transportasi bus

yang akan membawa rombongan pemudik menuju kampung halaman masing-masing.