Ada beberapa jenis SIM di Indonesia. Yang paling umum dimiliki adalah SIM C untuk kendaraan bermotor roda dua. SIM memiliki masa berlaku lima tahun setelahnya cukup diperpanjang saja masa berlakunya. Karena sekarang perpanjangan SIM C bisa dilakukan online, ada kabar baik karena perpanjangan SIM C online ini sangat mudah.

Lokasi untuk Perpanjangan SIM C

Dulu untuk mengurus perpanjangan masa berlaku surat izin mengemudi cukup sulit. Pemilik SIM hanya bisa memperpanjang masa berlakunya di satuan kepolisian tempat SIM itu diterbitkan. Hal ini tentu menyusahkan bagi beberapa orang, terutama orang-orang yang sedang merantau ke luar kampung halamannya. Namun sekarang proses tersebut sudah dipermudah karena perpanjangan masa berlaku SIM dapat dilakukan secara online di semua daerah di Indonesia.

Selain itu, kepolisian juga memudahkan pengurusan dengan meluncurkan mobil SIM keliling dan gerai SIM. Jadi tidak harus pergi ke kantor kepolisian lagi. Cukup datangi mobil SIM keliling atau gerai SIM terdekat.

Syarat Administrasi Perpanjangan SIM C Online

Sama seperti saat membuat SIM baru, untuk memperpanjang masa berlaku SIM juga memiliki syarat-syarat administrasi yang harus dipenuhi. Beberapa dokumen yang perlu disiapkan antara lain:

  • SIM lama yang akan diperpanjang masa berlakunya
  • Fotokopi e-KTP
  • Surat keterangan lulus uji simulator SIM
  • Surat kesehatan mata

Prosedur Memperpanjang Masa Berlaku SIM C

Surat Izin Mengemudi di Indonesia berlaku selama lima tahun. Setelah itu, pemilik diwajibkan untuk mempenjang masa berlakunya. Kalau dulu untuk memperpanjang masa berlaku harus kembali ke tempat pertama kali SIM pemilik dibuat, kali ini sudah bisa secara online dan dapat dilakukan di semua satuan kepolisian mana pun, minimal setingkat kabupaten/kota. Untuk proses perpanjangan SIM C online, dapat mengikuti prosedur-prosedur mudah di bawah ini:

1. Pendaftaran melalui Situs yang Disediakan

Tahapan pertama adalah dengan membuka situs resmi pembuatan SIM yang disediakan oleh Polri melalui situs http://sim.korlantas.polri.go.id/simonline-registrasi/. Masuk ke menu pendaftaran SIM maka akan muncul formulir pendaftaran yang harus diisi. Isi semua secara lengkap sesuai data diri yang benar.

Setelah proses konfirmasi registrasi online selesai, maka akan mendapatkan bukti registrasi online yang dikirim melalui email. Kalau sudah mendapatkan bukti registrasi ini, maka ini artinya sudah terdaftar untuk bisa memperpanjang masa berlaku SIM.

2. Pembayaran Biaya Perpanjangan SIM C

Ada biaya yang harus dibayarkan untuk proses perpanjangan surat izin mengemudi. Pembayaran dapat dilakukan melalui gerai-gerai ATM BRI atau datang langsung ke Teller Bank BRI. Biaya yang harus dibayarkan untuk proses perpanjangan surat izin mengemudi adalah sebesar Rp 80.000.

3. Lakukan Tes Kesehatan

Karena untuk mengemudikan kendaraan roda dua membutuhkan mata yang sehat, maka dari itu dalam pengajuan pembuatan SIM maupun perpanjangan masa berlaku diperlukan surat kesehatan mata. Surat kesehatan mata ini dapat diperoleh setelah melalui serangkaian tes oleh dokter. Datangi dokter mata terdekat untuk melakukan tes kesehatan mata dan memperoleh surat kesehatan mata. Pastikan mata selalu sehat.

4. Mendatangi Tempat Perpanjangan SIM untuk Proses Verifikasi

Saat ini untuk memperpanjang masa berlaku tidak harus dilakukan di satuan kepolisian penerbit SIM sesuai KTP. Polri menyediakan berbagai alternatif. Ada mobil SIM keliling atau bisa dilakukan di gerai SIM yang biasanya ada di pusat perbelanjaan atau tempat-tempat ramai.

Di tempat perpanjangan SIM C online nantinya pihak kepolisian akan melakukan proses pengecekan dokumen. Karena itu persiapkan syarat administrasi selengkap-lengkapnya. Setelah itu pihak kepolisian akan melakukan pengambilan foto dan sidik jari untuk verifikasi.

5. Pengambilan SIM

Proses selanjutnya adalah menunggu hingga kartu SIM bisa diambil. Tidak seperti paspor yang membutuhkan waktu hingga satu minggu, proses pengurusan SIM ini jauh lebih singkat. Setelah diambil foto dan sidik jari, kemudian tunggu kurang lebih sekitar satu hingga dua jam. Kartu SIM sudah bisa diambil.

Waktu yang Tepat untuk Memperpanjang SIM

Sekarang kepolisian menerapkan waktu yang cukup ketat soal perpanjangan masa berlaku SIM. Jika dulu masih ditoleransi hingga beberapa bulan setelah masa berlaku habis, tapi kali ini tidak ada toleransi lagi. Lewat sehari saja maka harus mengurus pembuatan SIM baru dengan serangkaian tesnya. Karena itu waktu yang ideal untuk memperpanjang SIM adalah kurang lebih satu bulan sebelum masa berlaku habis.

Perpanjangan SIM C online saat ini sudah sangat mudah dan tidak perlu pulang ke kampung halaman. Maka tidak ada alasan lagi untuk terlambat. Segera cek masa berlaku SIM. Kalau sudah waktunya, segera perpanjang.(slk)