Jika dulu membayar pajak harus antri berjam-jam di Samsat saat ini tidak perlu lagi karena banyak sekali tempat membayar pajak motor. Ada juga yang terbaru bahkan pemilik motor bisa membayar pajak dari rumah secara online. Hal ini karena bayar pajak motor bisa dilakukan secara online sehingga sangat memudahkan bagi semuanya. Ingin tahu cara bayar pajak motor online? Simak penjelasan di bawah ini.

Cara Bayar Pajak Motor Online

Bagi sebagian orang mungkin cara ini masih baru dan belum pernah melakukannya sehingga masih bingung dan belum bisa membayangkan. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan saat membayar pajak motor online di e-samsat melalui mesin ATM:

  1. Gunakan Mesin ATM Untuk Membayar Pajak Secara Online

Gunakan mesin ATM sesuai dengan akun bank yang dimiliki, ingat nama akun bank harus sama dengan nama pemilik motor. Jika belum memiliki akun bank maka segera buka rekening dan buatlah kartu ATM agar bisa menggunakan fasilitas ini.

  1. Pilih Menu E-Samsat

Setelah memasukkan kartu ATM ke mesin maka akan muncul berbagai menu layanan pada layar ATM. Pilih menu E-Samsat untuk membayar pajak motor secara online, klik saja menu tersebut maka akan muncul kolom yang harus diisi.

  1. Masukan Nomor Polisi Kendaraan

Langkah berikutnya adalah masukkan nomor polisi kendaraan yaitu 4 digit nomor yang ada di kendaraan saudara. Masukkan saja pada kolom yang tersedia di layar ATM dan sesuai instruksi yang diberikan.

  1. Masukkan Konversi Huruf Yang Ada Pada Plat

Selanjutnya masukkan huruf yang terdapat pada akhir plat kendaraan, namun sebelumnya konversi dulu dalam bentuk angka. Sebagai contoh jika huruf di plat motor JG maka J=10 G=07 maka nomor yang diinput 1007.

  1. Muncul Jumlah Pajak Yang Harus Dibayar

Setelah data yang diminta telah diinput semua maka jumlah pajak motor yang harus dibayar untuk tahun ini akan muncul. Pemilik motor bisa langsung membayarnya dengan mendebet dari saldo tabungannya secara langsung.

  1. Simpan Struk

Setelah pajak dibayarkan maka akan muncul resume pembayaran pajak yang bisa dibaca terlebih dahulu kesesuaian datanya. Jika data sesudah sesuai nama dan nomor plat motor mala bisa disetujui dan akan muncul struk pembayarannya lalu simpan struknya.

  1. Kunjungi Kantor Samsat Untuk Minta Pengesahan

Bawa struk yang sudah didapatkan dari mesin ATM tersebut ke kantor Samsat terdekat untuk kemudian dilakukan pengesahan. Struk akan disahkan oleh petugas yang berwenang dan pemilik motor akan mendapatkan lembaran bukti pembayaran pajak motor tahunan.

Itulah cara bayar pajak motor online melalui mesin ATM yang bisa dilakukan di mana saja asalkan ada menu E-Samsat. Namun perlu diingat di setiap daerah ada kemungkinan memiliki cara bayar motor online yang berbeda. Sebenarnya dimana saja tempat membayar pajak kendaraan roda dua jika masih belum bisa membayarnya secara online?

Tempat Bayar Pajak Motor

Selain cara bayar pajak motor online ada juga cara bayar secara konvensional yang juga bisa dilakukan pemilik kendaraan roda dua. Berikut ini beberapa tempat membayar pajak motor yang melayani pembayaran pajak dan perpanjangan STNK di berbagai daerah:

  • Samsat Corner. Tempat pembayaran samsat corner ini biasanya disediakan di tempat-tempat umum seperti mall, plaza atau lainnya. Di samsat corner biasanya ada berbagai jenis layanan salah satunya adalah pembayaran pajak motor.
  • Samsat Keliling. Layanan samsat keliling biasanya hadir di area umum seperti pinggir jalan atau depan kantor pemerintahan. Samsat keliling biasanya menggunakan mobil yang bertuliskan samsat keliling, di sana juga bisa melakukan pembayaran pajak.
  • Kantor Samsat. Membayar pajak motor tentu saja bisa dilakukan di kantor samsat yang sesuai dengan domisili. Di kantor Samsat melayani pembayaran pajak dan perpanjangan STNK.
  • Samsat Drive Thru. Untuk pemilik motor yang tidak memiliki banyak waktu bisa menggunakan layanan drive thru. Membayar pajak di drive thru hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat sehingga tidak akan memakan waktu lama.

Tidak ada lagi alasan untuk menunggak atau tidak membayar pajak motor lagi sekarang. Banyak cara dan tempat membayar pajak motor disediakan oleh pemerintah untuk memudahkan proses pembayaran pajak. Gunakan cara yang paling nyaman baik cara membayar pajak motor online atau pun cara membayar langsung.(slk)