Wajah bruntusan kerap kali membuat yang mengalami hal tersebut menjadi kurang percaya diri. Wajah bruntusan sendiri adalah sebuah kondisi dimana kulit wajah mengalami bintik-bintik kemerahan yang terasa gatal saat terkena keringat. Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi wajah bruntusan dalam waktu singkat yang bisa dicoba:

  1. Mengompres Wajah Dengan Es Batu

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menghilangan bruntusan adalah dengan es batu. Rasa gatal yang ditimbulkan oleh bruntusan dapat dikurangi oleh sensasi dingin dari es batu. Jerawat kemerahan dan timbul dapat juga diatasi dengan cara seperti ini.

Apalagi masalah bruntusan yang sebenarnya tidak terlalu parah jika dibandingkan dengan jerawat. Banyak yang sudah membuktikan bahwa menghilangkan bruntusan dengan es batu ini sangat ampuh dan bisa hilang hanya dalam waktu semalam.

  1. Mengolesi Kulit Wajah Dengan Madu

Madu selain digunakan untuk campuran makanan ternyata dapat digunakan sebagai bahan untuk pengobatan dan juga untuk kecantikan.  Banyak yang sudah merasakan khasiat dari menggunakan madu ini yang ternyata dapat digunakan untuk mengobati masalah bruntusan pada wajah.

Caranya yaitu dengan cara membersihkan dahulu wajah dengan sabun khusus wajah. Kemudian olesi madu pada wajah seperti menggunakan masker. Bilas wajah dengan air bersih saat masker tersebut sudah kering.

  1. Memakai Masker Dari Tomat

Cara mengatasi wajah bruntusan selanjutnya adalah dengan menggunakan tomat. Buah-buahan yang sangat bermanfaat ini ternyata dapat mengatasi masalah pada kulit tersebut. Selain kandungan yang terdapat dalam tomat dipercaya dapat mengurangi mata minus. Banyak juga yang percaya bahwa kandungan dalam tomat dapat mengurangi bruntusan pada wajah.

Cara yang harus dilakukan untuk mengurangi bruntusan pada wajah adalah dengan membuat masker dari tomat. Pertama-tama haluskan tomat dengan cara diblender kemudian oleskan pada seluruh permukaan kulit wajah. Jika sudah kering bersihkan masker tersebut dengan air.

  1. Memakai Masker Dari Campuran Lemon dan Putih Telur

Lemon juga adalah salah satu buah-buahan yang dipercaya memiliki khasiat yang sangat beraneka ragam. Salah satunya dapat menghilangankan bruntusan yang sangat mengganggu pada wajah. Kandungan yang terdapat dalam lemon lah yang dapat menenangkan reaksi akibat bruntusan.

Karena sifatnya lemon cair seperti air, maka dibutuhkan bahan lain untuk dapat mengikatnya dan menempel lama pada kulit wajah yakni putih telur. Caranya adalah dengan membuat masker dengan campuran perasan air lemon dan juga putih telur. Aduk secara merata kemudian oleskan pada permukaan kulit wajah. Bersihkan wajah dengan air jika masker sudah mengering.  

  1. Menempelkan Teh Hijau Pada Kulit Wajah

Selain dapat dikonsumsi, teh hijau dikenal sangat baik untuk kesehatan dan dapat melangsingkan tubuh. Namun karena kandungan anti-oksidannya yang tinggi, teh hijau juga dapat digunakan sebagai salah satu obat untuk mengatasi wajah bruntusan yang cukup mengganggu.

Caranya cukup dengan menyeduh teh hijau dengan air hangat dan ambil ampasnya. Kemudian tempelkan pada kulit wajah yang bermasalah selama beberapa menit. Kemudian bilas dan bersihkan ampas teh tersebut hingga bersih.

  1. Mengolesi Bagian Wajah Yang Bruntusan Dengan Obat Tetes Mata

Mungkin beberapa orang akan merasa aneh jika mengetahui obat tetes mata dapat digunakan untuk mengurangi bruntusan pada wajah. Namun percaya atau tidak sudah banyak yang membuktikan  dan menyatakan cara ini memang ampuh dapat menghilangkan bruntusan dalam waktu singkat.

Caranya cukup dengan mengolesi bagian yang bruntusan dengan tetesan obat mata. Kandungan pada obat tetes mata akan bekerja untuk menghilangkan bruntusan dalam waktu yang cukup singkat. Namun cara ini tidak dianjurkan bagi yang ragu melakukan cara ini.

  1. Mengolesi Bagian Wajah Yang Bruntusan Dengan Pasta Gigi

Cara mengatasi wajah bruntusan selanjutnya adalah dengan menggunakan pasta gigi. Selain digunakan untuk membersihkan gigi, pasta gigi sudah banyak dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar atau memutihkan ketiak. Sensasi dingin yang ada pada pasta gigilah yang dapat mengurangi peradangan saat bruntusan.

Untuk mengatasi wajah bruntusan dengan pasta gigi adalah dengan mengoleskan wajah yang mengalami masalah tersebut dengan pasta gigi. Tunggu beberapa menit hingga pasta giginya mengering kemudian bilas hingga kering. Dengan begitu bruntusan akan berkurang pada keesokan harinya.

Itulah beberapa cara mengatasi wajah bruntusan yang dapat dilakukan dengan sangat mudah. Selain itu bahan yang digunakannya pun dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Cara ini biasanya dapat memberikan hasil yang berbeda pada masing-masing orang. Karena setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda pula.(nkh)