Timbulnya jerawat batu pasti sangat mengganggu, terutama dalam hal penampilan. Apalagi bekasnya pun tak jarang tidak bisa hilang dalam waktu singkat. Namun sebenarnya masalah jerawat batu ini dapat diatasi dengan bahan-bahan alami. Berikut tips cara menghilangkan jerawat batu dan bekasnya menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan.

  1. Memanfaatkan Kentang

Jangan salah, kentang tidak hanya bermanfaat untuk menjadi salah satu bahan makanan saja. Sejenis umbi-umbian ini juga bisa dipergunakan untuk menghilangkan jerawat batu hingga bekasnya sekaligus. Berikut cara menghilangkan jerawat batu dan bekasnya menggunakan kentang :

  • Kupas kentang, bisa menggunakan 1 buah ukuran sedang kemudian potong tipis.
  • Setelah dipotong cukup tipis, segera tempelkan pada area wajah yang ditumbuhi jerawat batu.
  • Diamkan kira-kira sampai 10 menit, lalu cuci untuk membersihkan wajah cukup dengan air dingin.

 

  1. Memadukan Kunyit, Jeruk Nipis, Dan Madu

Salah satu penyebab timbul jerawat batu adalah karena peradangan. Jeruk dan kunyit mampu secara alami meringankan peradangan tersebut. Madu juga dapat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati seperti bekas jerawat. Untuk memanfaatkan ketiga jenis bahan ini, semua harus dicampur dan dijadikan masker wajah. Berikut cara membuat masker dari bahan-bahan ini :

  • Haluskan kunyit secukupnya, bila ada boleh pakai kunyit bubuk agar lebih praktis. Kemudian tambahkan perasan jeruk nipis serta 2 sendok makan madu.
  • Campurkan kunyit, perasan jeruk nipis, serta madu tersebut hingga menjadi seperti pasta. Struktur pasta ini akan membuat semakin mudah untuk dijadikan masker.
  • Setelah diaplikasikan ke wajah, tunggu dulu kira-kira selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

 

  1. Memakai Masker Putih Telur

Cara menghilangkan jerawat batu dan bekasnya juga bisa menggunakan putih telur yang diaplikasikan sebagai masker. Kandungan enzim lusozimnya dapat melawan sekaligus menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat. Putih telur ternyata juga berguna untuk mengecilkan pori-pori dan meminimalisir minyak di wajah. Berikut cara membuat maskernya :

  • Pecahkan telur, kemudian pisahkan dengan kuningnya. Untuk membuat masker ini hanya dipakai bagian putih telurnya saja.
  • Setelah itu kocok putih telur tersebut sampai cukup mengembang hingga mirip seperti berbusa. Pakai busa tersebut untuk dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat.
  • Biarkan hingga cukup mengering kira-kira sampai 10 menit saja lalu bilas dengan air hangat hingga benar-benar bersih.

 

  1. Menggunakan Gel Lidah Buaya

Menghilangkan jerawat batu serta sekaligus bekasnya dapat dilakukan dengan menggunakan gel lidah buaya. Zat aktif polifenol di dalam lidah buaya ternyata mampu membasmi jerawat batu jika digunakan secara teratur. Kandungan lainnya seperti mineral, vitamin C dan E serta antioksidannya pun dikenal dapat menangani masalah jerawat dengan cepat.

Cara pemanfaatannya pun cukup mudah. Pertama cukup ambil daun lidah buaya, kemudian belah tengahnya. Setelah dibelah ambil bagian gelnya saja. Gel tersebut harus dihaluskan dulu lalu gunakan sebagai masker wajah. Diamkan sampai gel mengering, lalu segera bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan tersebut secara rutin hingga jerawat dan bekasnya hilang.

  1. Memakai Kulit Jeruk Yang Dikeringkan

Kulit Jeruk dikenal merupakan sumber vitamin C serta asam alpha hidroksi yang berguna untuk membersihkan pori-pori kulit wajah. Ini artinya kulit jeruk sangat baik untuk membasmi jerawat. Zat antioksidan dan vitamin A di dalamnya juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan menghilangkan bekas jerawat. Berikut cara memanfaatkannya :

  • Kulit jeruk harus dijemur terlebih dahulu sampai benar-benar kering.
  • Setelah kering, tumbuk hingga halus kulit jeruk tersebut.
  • Tambahkan air sedikit demi sedikit setidaknya sampai teksturnya berubah mirip pasta.
  • Setelah berubah menjadi pasta, oleskan masker tersebut pada area wajah yang berjerawat batu.
  • Tinggal tunggu hingga beberapa menit sampai masker cukup mengering di wajah.
  • Setelah kering segera cuci muka dengan air hangat sampai benar-benar bersih.

 

  1. Menggunakan Potongan Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat mudah ditemui. Namun siapa sangka bahan ini mampu dengan baik membasmi jerawat batu bahkan sampai bekas-bekasnya sekaligus. Hal tersebut karena bawang putih mengandung senyawa zat sulfur yang dipercaya mampu menghilangkan jerawat dengan cepat.

Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah. Pertama ambil 1 siung bawang putih sekaligus kupas kulitnya. Potonglah bawang putih tersebut menjadi beberapa bagian. Tempelkan potongan tersebut pada jerawat batu atau bekasnya. Tunggu setidaknya 15 menit, lalu bilas dengan air sampai benar-benar bersih. Agar hasil yang optimal sebaiknya lakukan secara rutin.

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat batu dan bekasnya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Masalah jerawat memang cukup mengganggu. Namun sekarang tak perlu khawatir, dengan menggunakan bahan-bahan alami pun ternyata dapat menghilangkan jerawat tersebut bahkan bekasnya sekaligus.(hn)