Tips Liburan Bersama Anak

0
11
Akhir tahun sudah semakin dekat. Pada bulan Desember ini,  anak-anak sudah mulai libur panjang karena liburan Natal dan Tahun Baru sudah tiba. Bagaimana mempersiapkan liburan bersama anak? 
 
Liburan bagi anak memiliki banyak manfaat. Anak-anak akan banyak mendapatkan pemahaman intelektual seperti kemandirian. Anak juga akan lebih bahagia karena bisa bermain dan bergembira bersama teman dan saudara. Liburan juga menambah kreativitas orangtua karena harus menyiapkan kegiatan untuk anak-anak agar tidak bosan dengan perjalanan jauh. Selain itu, anak juga dapat menjalin tali silaturahmi dan silsilah kekeluargaan.
 
Namun mengajak anak untuk liburan teryata perlu cara berkomunikasi khusus. Psikolog Irma Gustiana, mengatakan sejalan dengan perkembangannya anak-anak akan lebih siap diajak liburan. Maka, komunikasi merupakan hal yang penting. Ada berbagai persiapan yang harus dilakukan yakni : Orangtua harus mencari tahu akan menggunakan moda transportasi apa saat liburan. Jika menggunakan kendaraan, siapkanlah tempat duduk yang nyaman karena jarak tempuh yang jauh. Bawa juga peralatan P3K dan makanan yang tidak memicu sakit tertentu. Jika menggunakan kendaraan roda empat, perhatikan pos-pos yang bisa dijadikan tempat beristirahat.  
liburan-bersama-anak 
Apabila memilih menggunakan pesawat terbang, perhatikan jam terbang. Sebaiknya tidak terbang terlalu pagi atau terlalu malam. Mungkin sekitar jam 8, 9 atau 10 pagi merupakan pilihan waktu terbang yang tepat untuk anak. Sebaiknya, orangtua juga mengkomunikasikan ke anak agar tak rewel sehingga perjalanan di pesawat pun menjadi lebih menyenangkan.
 
Tak kalah penting adalah membuat plan A dan plan B. “Bisa-bisa menyita waktu dan memakan emosi. Ini juga sekaligus mengajak anak berpikir kreatif,” kata Irma. Apabila komunikasi cukup hangat, anak akan bisa memahami ketika dijelaskan.
 
 Orangtua dan anak juga berunding untuk membuat check list apa saja yang akan dibawa. Mulai dari makanan, mainan, stroller. Namun jumlah barang dan penumpang harus dikondisikan agar ada space buat anak. Informasi dari anak yang akan menjadi masukan buat orangtua agar merancang liburan lebih baik. (rab