Tahukah anda bahwa salah satu profesi yang paling cocok dan sukses dimasa yang akan datang adalah wirausaha. Di era zaman ini pelaku dan wirausaha adalah para profesionalitas yang banyak menguasai lahan perekonomian yang sangat besar. Maka penting bagi orang tua untuk melatih jiwa wirausaha sejak dini.

Wirausaha adalah profesi yang memiliki  multiple intellegence. Seorang usahawan mampu memiliki hampir semua kecerdasan yang dimiliki manusia secara ilmiah. Oleh sebab itu, butuh pembiasaan dan motivasi untuk melatih jiwa wirausaha sejak dini. Berikut ini ada beberapa cara untuk membiasakan dan mengenalkan anak  untuk menjadi wirausaha.

Tips Melatih Jiwa Wirausaha Sejak Dini

Segala sesuatu yang dikenalkan dan ditanamkan secara dini  dalam diri seorang anak akan jauh lebih berhasil daripada mengajarinya sesudah ia dewasa. Pepatah ini sering didengar dari para orang tua. Oleh sebab itu untuk menjadikan anak menjadi wirausaha maka orang tua dapat melatih dirinya sejak usia dini antara lain dengan cara:

  1. Belajar Mencapai Target

Mengoreksi segala hal yang terjadi dalam diri anak juga dapat membuatnya tidak dapat mandiri. Sebagai orang tua harus mampu memilih hal mana yang harus dikoreksi dan hal mana yang membutuhkan sikap pembiaran. Salah satunya belajar mencapai target. Dengan pembiasaan bekerja untuk tujuan dan target tertentu akan membiasakan dan melatih anak terbiasa mencapai target maupun tujuan.

  1. Beri Ruang dan Peluang Untuk Memperluas Pengetahuannya

Layaknya orang dewasa membutuhkan informasi dan pengetahuan yang baru serta up to date. Untuk merangsangnya peka terhadap apa saja yang ada di sekitarnya maka lakukan hal ini. Berikan akses agar anak mendapat informasi baru dan luas. Proses ini yang akan menjadikan anak berinovasi dalam segala hal.

  1. Biarkan Anak Menemukan Problem Solving Dari Masalahnya Sendiri

Banyak orang tua membantu apapun tentang anaknya dengan alasan sayang. Namun akhirnya malah membuat anak tidak mandiri. Anak yang telah bisa menemukan masalahnya sendiri dan berhasil menjalani permasalahan dengan pemecahannya sendiri jauh akan tumbuh menjadi anak yang lebih dewasa dan pantang menyerah.

  1. Budayakan Mengemukakan Pendapat Dalam Diri Anak

Berikan kesempatan anak mengemukakan pendapatnya ini bagus untuk melatih jiwa wirausaha sejak dini dalam diri anak. Anak akan merasa berharga jika pendapatnya di dengar dan diperhitungkan.

  1. Membekali Anak Dengan Ilmu Leadership

Leadership itu memberikan contoh dan teladan kepada orang lain bukan memberi perintah. Banyak anak tidak memiliki jiwa leadership dalam dirinya sehingga tidak terbiasa memimpin dan menjadi leader dalam kehidupannya.

3 Cara Membuat Anak Menyukai Wirausaha

Anak-anak cenderung melakukan sesuatu yang disukai. Dan sesuatu yang disukai biasanya didorong oleh faktor herediter dan faktor kebiasaan. Oleh sebab itu orang tua dapat membuat anak menyukai wirausaha sejak dini dengan cara seperti berikut : 

  1. Memberikan Buku Bacaan Tentang Pengusaha Yang Sukses

Cara mudah mengenalkan dan mendorong anak menyukai sesuatu adalah memberikannya bacaan khusus tentang hal tersebut. Tidak alasan anak tidak menyukai, karena anak-anak juga awalnya tidak menyukai susu namun karena dikenalkan susu dari awal maka akan terus menyukai susu. Bacaan tentang usaha sukses dapat menstimulasi pikirannya untuk melakukan dan mencapai hal yang sama.

  1. Mengajak Anak Berkaryawisata Pada Saat Liburan

Berlibur dan jalan-jalan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu anak-anak terhadap orang tuanya. Memberikan suasana yang bermanfaat saat berkaryawisata akan mendapatkan dua manfaat yaitu berlibur dan memberikan pelajaran yang bermanfaat misalnya berlibur dengan wisata edukatif ke pabrik pembuatan susu anak.

  1. Ikut Sertakan Anak-anak Dalam Seminar Pengembangan Karakter Khusus Anak

Banyak pilihan untuk menjadikan anak sukses menyongsong masa depannya salah satunya menumbuhkan karakternya ke dalam interaksi sosial yang bermanfaat seperti seminar, kelas non formal untuk anak-anak dan banyak tempat-tempat anak bisa belajar banyak hal. Jika ingin melatih jiwa wirausaha sejak dini pada anak cara ini sangat membantu.

Ingin memiliki anak menjadi seorang wirausaha? Coba langkah dan tips diatas. Informasi diatas dapat menjadi pembelajaran penting untuk melatih jiwa wirausaha sejak dini pada anak-anak. Yang terpenting adalah menumbuhkan rasa ingin tahu dan respek terhadap lingkungan dan jiwa wirausaha bisa dilatih dan ditumbuhkan oleh sebab itu tips diatas sangat membantu.(nkh)