Tips-Membeli-HP-Baru-agar-Tidak-Salah-Pilih

7 Tips Membeli HP Baru agar Tidak Salah Pilih

Pengen beli HP baru yang punya desain keren, canggih dan anti-lemot? Banyak sih, varian Hp baru dengan harga murah, tapi tunggu, kamu nggak boleh asal beli HP. Ada beberapa pertimbangan yang wajib kamu ikuti agar tidak salah pilih.

Mulai dari pertimbangan desain ponsel, spesifikasi minimal, hingga layanan purna jual. Untuk lebih detailnya, simak ulasan lengkap tentang 7 tips membeli HP baru yang kami kutip dari laman updatetekno.com.

1. Pilih desain HP yang modern dan elegan

Saat ini, HP menjadi barang mewah yang sering dipamerkan saat berada di lingkungan sosial. Secara umum, orang yang memiliki HP terbaru, desain cantik dan elegan sering menjadi pusat perhatian. Alhasil, beberapa orang berlomba-lomba untuk memperbaharui HP miliknya, setiap ada seri baru.

Bukankah itu hedon? Iya, hedon dan lifestyle ini tidak bagus. Tapi, itulah yang terjadi di masyarakat saat ini. Kamu nggak perlu harus gonta-ganti HP baru untuk mengikuti tren, cukup beli HP yang memiliki desain bagus, modern dan elegan. Jadi, sampai 5 tahun mendatang, kamu nggak akan malu dengan ponsel kesayanganmu.

Standar desain HP modern dan elegan untuk saat ini, misalnya:

  1. HP layar lebar (di atas 6 inci).
  2. Layar sentuh full screen dan tidak memiliki poni.
  3. Layar anti-gores pada bagian depan dan belakang ponsel.
  4. Desain kamera depan model tanam atau model tompel yang kecil dan tersembunyi.
  5. Body ponsel berbahan material kuat dan warna ponsel mewah.
  6. Desain modul kamera utama asimetris, elegan dan minimalis.
  7. Memiliki fitur fingerprint.

Dengan memilih HP baru yang punya desain modern dan elegan, kamu akan tidak ketinggalan jaman. Dan dalam 5 tahun ke depan, kamu tidak perlu ganti HP lagi. Karena desain ponsel kamu elegan.

2. Pilih ponsel yang memiliki performa tinggi

Semakin hari, perkembangan teknologi aplikasi smartphone dan game mobile semakin maju. Agar kamu tidak ketinggalan arus tersebut, kamu perlu memiliki ponsel yang berkinerja tinggi. Kenapa? Karena semakin ke sini, aplikasi ponsel dan game mobile butuh ruang penyimpanan besar, prosesor berkecepatan tinggi dan grafis yang memadai.

Seperti ada batasan minimum perangkat agar bisa menjalankan aplikasi atau game mobile dengan nyaman. Maka dari itu, tips membeli HP baru selanjutnya adalah pilih ponsel yang memiliki performa tinggi.

HP berperforma tinggi memiliki hubungan erat dengan spesifikasi prosesor, RAM, storage dan berbagai fitur pendukung lainnya. Oleh karena itu, sebelum membeli pelajari spesifikasi HP secara saksama terlebih dahulu. Berikut beberapa spesifikasi smartphone yang perlu kamu periksa dengan saksama, di antaranya:

  • Jaringan sinyal (4G/LTE/5G).
  • Prosesor (Snapdragon, MediaTek, Exynos, Google Tensor, dll).
  • RAM (minimal 4 GB).
  • Storage (minimal 64GB).
  • Kamera utama (minimal 16 MP).
  • Kamera selfie (minimal 8 MP).
  • Kapasitas baterai (minimal 4.000 mAh).
  • Fitur pengisian daya (minimal fast-charging).
  • Fitur keamanan (minimal ada fingerprint).

Membeli ponsel yang agak mahal demi mendapatkan performa tinggi adalah pilihan terbaik. Karena ke depannya, teknologi sistem operasi, aplikasi dan game mobile membutuhkan perangkat berkinerja tinggi untuk mendukung berbagai kecanggihannya.

3. Pilih smartphone yang memiliki AI Camera

Saat ini banyak sekali smartphone generasi baru yang menawarkan kamera ponsel beresolusi tinggi dengan beberapa jenis lensa kamera.

Ada ponsel yang punya 4 kamera utama dengan resolusi tertinggi mencapai 48 MP. Tentu hasil fotonya bagus, dong? Iya, kualitas foto sangat tajam.

Tapi, ternyata banyak pengguna yang kesulitan mengoperasikannya. Karena beberapa pengguna belum bisa memaksimalkan pengaturannya. Alhasil, biarpun smartphone yang dimiliki punya kamera canggih, yang dia pakai hanya fitur standar saja. Sayang banget, kan?

Untuk mengatasi hal tersebut, produsen ponsel menyematkan teknologi AI camera untuk membantu pengguna. Jadi, program AI camera di dalam ponsel akan melakukan kalkulasi terhadap objek foto dan memilihkan pengaturan kamera terbaik. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan gambar berkualitas tinggi dan tajam.

Teknologi baru AI triple camera dan AI quad camera ini terbukti populer di kalangan penggemar ponsel pintar. Karena selain mendapatkan hasil foto yang bagus, pengambilan video menggunakan AI quad camera juga bagus. Cocok buat kamu yang suka bikin konten untuk Instagram, YouTube dan Tiktok.

4. Pertimbangkan fitur tambahan yang ditawarkan oleh smartphone

Semakin cepatnya perkembangan teknologi smartphone, banyak produsen ponsel menambahkan berbagai fitur menarik untuk mendongkrak daya jualnya, misalnya:

  • Fitur fingerprint (side-mounted/back-mounted).
  • Fitur NFC (Near Field Communication).
  • Fitur anti-air.
  • Fitur anti-gores.
  • Fitur keamanan.
  • Fitur gaming.
  • Fitur fast-charging.
  • Fitur 5G.

Sebenarnya, setiap tambahan fitur tersebut didesain untuk pengguna khusus. Artinya, produsen ponsel membuat ponsel tersebut untuk menyasar pangsa pasar tertentu. Maka dari itu, pilihlah dengan bijak. Pilih smartphone yang bisa meningkatkan produktivitas kerja dan mendukung lifestylemu.

Kalau kamu bekerja sebagai nelayan, nakoda, awak kapal, maka pilih ponsel yang anti-air. Kalau lingkungan tempat tinggalmu mendukung perangkat NFC, pilih ponsel yang memiliki fitur NFC. Jika kamu membutuhkan koneksi berkecepatan tinggi, maka pilihlah ponsel yang mendukung fitur 5G. As simple as that!

Catatan: Pertimbangkan budgetmu, jangan terlalu tergiur dengan fitur-fitur mewah ponsel yang tidak kamu butuhkan. Pilihlah ponsel yang sesuai budget dan kebutuhanmu.

5. Layanan purna jual, garansi dan service center

Banyak pembeli yang tergiur harga murah dari penjual ponsel import yang tidak berlisensi. Kamu harus berhati-hati, karena produk bajakan tidak awet dan cepat rusak. Maka dari itu, tips membeli HP baru berikutnya adalah pastikan ada garansi resmi dari produk. Dan ada service center resmi yang dekat dari tempat tinggalmu.

Beberapa pengguna meremehkan layanan purna jual yang meliputi garansi dan sercive center. Dan lebih memilih HP yang lebih murah. Itu pilihan yang tidak bijaksana. Karena layanan purna jual ini akan membantu kamu mendapatkan hak konsumen.

Gini, lho! Biarpun produk ponsel sudah melewati QC ketat dari pabrik, tapi selalu ada produk cacat yang lolos QC. Biarpun potensinya sangat kecil sekali.

Nah, layanan garansi produk adalah jaminan keamanan bahwa kamu akan mendapatkan barang terbarik. Jika ada kerusakan komponen dalam waktu 1 tahun, kamu bisa klaim garansi dan mendapatkan produk baru.

Ke mana, kita bisa klaim garansi produk? Biasanya beberapa merek ponsel ternama membuka layanan purna jual berupa layanan service center di kota-kota besar. Selama ponsel kamu rusak karena kesalahan produksi, bawa saja ke service center, nanti kamu akan mendapatkan hak garansi 100% gratis.

Untuk itu, wajib hukumnya membeli ponsel yang memiliki garansi produk dan ada service center yang dekat dengan tempat tinggal kita. Karena kita bisa mendapatkan hal jaminan produk berkualitas dari produsen ponsel secara penuh.

6. Lihat ulasan produk sebelum membeli

Dengan menggunakan tips membeli HP baru nomor 1-5, kamu sudah bisa memilih merek HP terbaik sesuai dengan budget, kebutuhan dan lifestylemu.

Lalu, selanjutnya apa?

Selanjutnya, lihat video review produk smartphone yang kamu incar di YouTube. Beberapa kanal YouTube menawarkan review produk ponsel secara kritis dari sisi pengguna. Jadi, kamu akan lebih paham kelebihan dan kekurangan smartphone yang akan kamu beli.

Beberapa kanal YouTube yang sering mereview HP terbaru, di antaranya: GadgetIn dan Jagad Review. Jadi, sebelum beli, pastikan kamu cari dulu video review produk dari para pengguna.

Cukup melihat video 15-20 menit, kamu bisa menilai produk tersebut cocok atau tidak dengan kebutuhanmu. Selain review produk, kamu juga bisa menonton video peluncuran produk dari merek ponsel incaranmu di kanal YouTube official mereka.

Poinnya, begini! Jika video mereka tidak memberikan informasi resmi yang sama dengan informasi yang diberitahukan reviewer produk, berarti produk yang masuk ke pasar Indonesia ini produk resmi atau produk import? Kalau kami lebih suka produk resmi yang memang secara resmi didesain untuk pengguna di Indonesia. Karena, lingkungan kita berbeda dengan lingkungan di luar negeri sana. Hehe.

Catatan: Dengan melihat review pengguna, kamu dapat membandingkan beberapa produk smartphone yang kamu ingin kamu beli. Jadi, kamu tahu kelebihan dan kekurangan produk dibandingkan dengan pesaingnya.

7. Pilih penjual yang terpercaya

Tips membeli HP baru yang terakhir adalah memilih penjual yang terpercaya. Kami lebih suka membeli dengan harga sedikit lebih mahal pada penjual terpercaya daripada membeli harga murah pada penjual yang sering nipu.

Penjual yang terpercaya tidak akan menggadaikan kepercayaan pelanggannya hanya untuk keuntungan sesaat. Maka dari itu, penjual akan melakukan layanan purna jual dengan baik. Entah, penjual online maupun offline, mereka akan mengedepankan pelayanan terbaik untuk kepuasan pelanggan.

Beberapa ciri penjual yang terpercaya, di antaranya:

  • Punya reputasi penjualan bagus selama bertahun-tahun.
  • Selalu menyelesaikan komplain dari pembeli dengan kondisi win-win solutions.
  • Keluhan pembeli dilayani dengan baik.
  • Mampu menjual banyak produk secara konsisten dalam jangka waktu lama.
  • Proses penjualan berjalan cepat dan mudah.
  • Memiliki beberapa layanan edukasi pelanggan, misalnya kanal YouTube, Instagram official, hingga toko resmi di beberapa kota.

Jika kamu membeli dari penjual yang memiliki reputasi tinggi, kamu tidak akan kena tipu. Beberapa penjual terpercaya yang bisa kamu jadikan acuan, di antaranya: official store dan agen resmi penjualan smartphone. Mereka akan selalu berhati-hati dengan keluhan pelanggan, karena mereka menjaga reputasi mereka.

Demikian 7 tips membeli HP baru. Pergunakan tips di atas dengan bijak, sehingga kamu tidak sampai salah pilih HP. Jika kamu punya tips menarik lainnya, silakan bagikan tips andalanmu melalui kolom komentar di bawah ya.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *