Bisnis retail sesungguhnya terjemahan dari bisnis eceran. Jika diartikan bisnis retail itu adalah memasarkan produk atau sistem penjualan produk langsung kepada konsumen akhir. Biasanya seseorang yang menjalankan bisnis ini disebut pengecer. Mau tau bagaimana cara mengembangkan bisnis retail? Simak infonya disini.

Meskipun terkesan eceran tetapi bisnis retail itu dapat memberikan keuntungan. Terlebih telah memiliki pelanggan tetap. Maka produk hanya tinggal diantar kepada para pelanggan atau konsumen tersebut. Namun bisnis retail juga membutuhkan strategi dan pengelolaan tersendiri agar bisnis berjalan dengan baik dan lancar. Berikut ini ada beberapa cara mengembangkan bisnis retail

Cara Mengembangkan Bisnis Retail

Walaupun bisnis eceran, bisnis retail juga menjanjikan keuntungan yang besar kepada siapa saja yang menjalankan bisnis ini. Bisnis tidak ditentukan kepada jenis apa tetapi didasarkan pada apa yang dibutuhkan masyarakat atau konsumen. Berikut beberapa strategi yang dapat di contoh

  1. Melakukan Ekspansi Ke Daerah Lain

Strategi yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Berkembangnya penjualan produk ke lokasi yang lain merupakan indikasi berkembangnya bisnis retail seseorang.  Strategi dapat memperluas jaringan dan mendapatkan pelanggan baru tentunya.

  1. Mengembangkan dan Menginovasi Produk dan Layanan

Biasanya jika konsumen menyukai suatu produk, pasti menginginkan produk lain yang sama namun untuk kebutuhan yang berbeda. Hal ini dapat dijadikan peluang untuk berinovasi terhadap produk dan layanan bisnis retail. Misalnya jika produk yang dijual adalah parfum tidak menutup kemungkinan pelanggan meminta lipstik dan bedak.

  1. Membuat Pop-Up Store Di Suatu Daerah

Saat ini berjualan tidak harus berada di suatu tempat untuk waktu yang cukup lama. Tren bisnis saat ini sudah berubah menjadi pop up store dimana membuat store dari suatu tempat ke tempat lain. Selain untuk mengenalkan produk teknik untuk mencari tau seberapa besar minat produk di kawan tersebut.

  1. Memperluas Jaringan Melalui Saluran Yang Baru

Sebagai pebisnis harus tau arah pasar dan polanya. Contohnya saat ini masyarakat suka membeli barang online melalui online market place. Karena suatu alasan cara itu disukai para pelanggan. Strategi ini juga penting untuk saluran baru seperti mengarah dari store offline menjadi online market place atau online store.

  1. Stok Barang Opname

Sebagai bisnis retail stok barang opname merupakan strategi untuk ketersediaan barang. Hal ini bermanfaat apa bila terjadi kendala masuknya atau produksi barang yang diakibatkan kelangkaan bahan mentah.  Stok barang opname juga berfungsi sebagai menjaga stabilitas pencatatan antara barang masuk dan yang keluar.

Standar Operasional Pengelolaan Bisnis Retail

Bisnis retail juga membutuhkan pengelolaan yang tepat agar bisnis dapat berkembang. Selain strategi bisnis retail juga harus dijalankan dengan melakukan hal-hal berikut ini dibawah ini. Bisnis merupakan usaha yang wajib dikelola dan dioperasikan sesuai standar yang berlaku.

  1. Menyediakan Gudang Khusus Untuk Barang

Bisnis retail ini berbeda dengan reseller yang tidak membutuhkan gudang atau tempat tertentu. Sedangkan bisnis retail harus memiliki gudang untuk menyimpan barang sebagai stok apabila ada konsumen yang meminta produk dalam waktu tertentu.

  1. Lakukan Cek Barang Masuk

Menjalankan  bisnis retail harus memiliki ketelitian dan kejelian. Salah satunya membuat pembukuan maupun melakukan pengecekan terhadap barang yang masuk sehingga dapat mengetahui kemampuan barang harus dipasarkan atau diecerkan ke pelanggan.

  1. Pembukuan Transaksi Penjualan

Bisnis apapun termasuk retail harus memiliki pembukuan maupun pencatatan penjualan yang teratur dan jelas. Hal ini penting sebagai dasar evaluasi dan pengembangan proses jual beli barang. Untuk memudahkan pencatatan ada banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan hal ini.

  1. Membuat Kode Barang

Apapun alasannya,  pembukuan serta pencatatan yang baik tentang segala hal proses dan aktifitas penjualan maupun barang yang masuk sebaiknya memberikan kode atau nomor tertentu yang akan memudahkan    proses pencarian barang. Dengan adanya kode maka posisi ketersediaan juga mudah didokumentarisir.

Info diatas sangat menarik untuk mengetahui cara mengembangkan bisnis retail saat ini. Semua bisnis membutuhkan strategi khusus dan tersendiri. Namun perlu diketahui secara umum bahwa semua bisnis wajib dijalani dengan penuh ketekunan dan ketelitian. Sehingga progres penjualan dapat dijadikan evaluasi untuk ditingkatkan atau melakukan revolusi teknik dan strategi yang baru.(slk)