Banyak orang yang telah mengenal media sosial dan juga kini banyak pula orang yang telah memakai media sosial tersebut. Termasuk para pelajar yang kini juga telah menggunakan media sosial dalam kehidupannya. Manfaat media sosial bagi pelajar pun perlu diketahui oleh para pelajar sehingga dapat digunakan dengan baik.

Kecanggihan teknologi telah memperkenalkan media sosial seperti jaringan facebook, twitter serta youtube. Hal ini mengundang banyak pendapat para masyarakat yang menganggap bahwa hal itu berdampak negatif atau positif. Tidak selamanya penggunaan media sosial berdampak negatif karena ada beberapa manfaat media sosial khusus bagi pelajar.

Manfaat Media Sosial Yang Harus Digunakan Dengan Baik Bagi Pelajar

Terkait dampak negatif dan juga positif dalam penggunaan media sosial itu tergantung pada masing-masing pemakainya. Yang harus diingat, bahwa media sosial memiliki manfaat terutama bagi pelajar yang harus digunakan dengan sebaik-baiknya. Berikut ini adalah manfaat media sosial yang harus digunakan dengan baik bagi pelajar, di antaranya adalah :

  1. Media Untuk Menciptakan Komunitas Yang Bermanfaat

Seperti yang sudah diketahui bahwa banyak pelajar juga mahasiswa yang menggunakan media sosial. Bahkan penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa kurang lebih ada 70% pelajar atau mahasiswa di Indonesia yang menggunakan teknologi media sosial. Tentu saja hal itu bisa dimanfaatkan untuk menciptakan komunitas yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun masyarakat lainnya.

Para pelajar yang menggunakan media sosial tentu terdiri dari beberapa kota di Indonesia. Dengan jaringan media sosial tersebut lah para pelajar disatukan dalam komunitas yang memiliki konsep bermanfaat. Sehingga komunikasi pembelajaran atau tugas khusus dalam kegiatan komunitas tersebut lebih efisien.

  1. Sebagai Referensi Materi Pembelajaran

Dengan menggunakan dan melihat media sosial, para siswa atau siswi di Indonesia bisa mencari referensi materi pembelajaran yang akan dibahas di sekolah. Sehingga para pelajar sudah mempunyai sedikit pengertian tentang pelajaran tersebut. Tentu saja hal itu sangat bermanfaat sekali bagi pelajar.

Referensi materi pembelajaran yang diambil dari internet juga sangat luas. Hal itu menyebabkan para siswa lebih banyak mendalami materi tersebut dari berbagai sumber. Sehingga menyebabkan pikiran para pelajar menjadi kritis dalam membandingkan antara sumber yang satu dengan yang lainnya.

  1. Melanjutkan Pembahasan Pelajaran Disekolah

Banyak siswa cerdas yang mampu menggunakan manfaat media sosial untuk membahagiakan pelajaran. Hal itu dilakukan dengan cara ketika pulang sekolah dan memiliki waktu luang di rumah. Mereka menggunakan smartphone dan mencari kembali materi yang sebelumnya sudah dibahas oleh guru di sekolah.

Dengan membahas pelajaran yang telah disampaikan dari sekolah, akan membuat ingatan para pelajar menjadi lebih kuat. Sehingga ketika ada ujian mendadak maka siswa tersebut tidak perlu khawatir dalam menjawab pertanyaannya.

  1. Bisa Menambah Wawasan Pelajar

Dengan menggunakan media sosial dengan baik, hal itu juga bisa menambah wawasan karena para pelajar yang menggunakan media sosial akan mendapatkan banyak informasi. Informasi tersebut tidak hanya digunakan sebagai pelajaran saja namun juga bisa menambah wawasan baru bagi siswa.

Pengembangan yang dilakukan oleh para pelajar yang menggunakan media sosial adalah dengan cara mengakses dan menganalisa. Bagaimanapun mereka bisa melakukan hal tersebut, tanpa disadari mereka telah mengembangkan performa tersebut. Hal itu tentu saja berpengaruh terhadap pikiran dan juga wawasan para pelajar.

  1. Media Pendukung Pengembangan Bakat

Banyak orang yang tidak sadar bahwa penggunaan media sosial bisa mengembangkan bakat para penggunanya. Bagian manfaat media sosial bagi pelajar adalah salah satunya. Karena para pelajar harus sejak dini mengembangkan bakat yang mereka miliki.

Dengan menggunakan media sosial para pelajar bisa mencari, belajar, dan menekuni apa yang disukai. Hal itu tentu saja bisa menjadi passion untuk dirinya dimasa depan. Banyak pula para pelajar yang telah memiliki situs web karena hobi mereka menulis atau juga ada yang membuat content youtube.

Banyaknya manfaat media sosial bagi pelajar tersebut menuntut para pengguna harus cerdas untuk menggunakannya. Jadi para pelajar harus bisa memanfaatkan media sosial untuk kemajuan dan kesuksesan diri sendiri. Buktikan bahwa media sosial mampu membuat kehidupan menjadi lebih berkualitas.(slk)