Seperti yang kita tahu media sosial instagram sedang marak digunakan oleh semua kalangan. Platform berbasis foto ini sangat adiktif, karena menyajikan visual yang cantik dan menyenangkan mata. Dari berkembangnya instagram muncullah profesi baru yaitu selebgram. Orang-orang ini memiliki jumlah pengikut yang mencapai puluhan ribu sampai jutaan dan biasanya dibanjiri dengan kegiatan promosi tertentu sesuai dengan bidangnya atau sering disebut endorse. Ini merupakan salah satu metode pemasaran yang cukup efektif di zaman millenials, karena lamanya waktu orang menikmati berselancar di media social.

Profesi selebgram tentu memiliki banyak keuntungan. Mulai dari popularitas, hingga rupiah yang melimpah. Untuk satu kali posting foto saja, fee yang didapatkan bisa sekitar 500 ribu sampai jutaan rupiah tergantung jumlah followersnya. Tentu ini menimbulkan banyaknya, selebgram baru yang bermunculan tiap minggunya. Banyak juga yang menjadikannya sebagai profesi utama karena memang cukup menjanjikan.

Nah, kamu yang mampir pasti tertarik pula kan ingin jadi selebgram ? Sebelum itu, ada beberapa tips yang bisa kamu coba,

  1. Tentukan Bidangmu

Kamu perlu menentukan bidang mana yang akan ditekuni, tentunya yang sesuai dengan passionmu. Dunia kecantikan, fashion, makanan, hidup sehat, diet, parenting sampai travel bisa kamu pilih, ataupun bidang lain yang mungkin belum banyak digandrungi. Kamu perlu konsisten berada pada satu bidang agar followersmu terbentuk dengan sendirinya, dan tidak kebingungan. Jangan lupa buat profil yang menarik dan tunjukkan bahwa kamu berbeda dari yang lain, baik dari segi minat maupun kepribadian.

  1. Upload foto yang bagus dengan mempelajari Fotografi

Basis instagram yang merupakan foto mengharuskanmu memiliki kemampuan fotografi yang baik. Pilihan lain bisa bekerja sama dengan temanmu yang punya kamera bagus atau memang seorang fotografer, untuk membantumu saat pengambilan foto. Setidaknya jika ingin fotomu tampil dengan baik di instagram, kamu memahami komponen fotografi dasar seperti pencahayaan dan komposisi warna yang akan membuat tampilan instagrammu menjadi rapih dan terlihat terkonsep.

  1. Upload foto secara rutin

Ini PR yang berat bagi seorang selebgram. Dalam membangun followers kamu perlu mengupload foto secara teratur. Entah itu tiga kali seminggu atau setiap hari, tergantung mana yang bisa kamu tepati. Kuncinya adalah konsistensi. Hal ini dilakukan untuk memastikan semakin banyak orang yang tahu tentang dirimu dan, semakin banyak yang mengikutimu.

  1. Gunakan hashtag yang bijak

Hashtag merupakan kata kunci yang biasanya dicari oleh orang. Pastikan hashtag-mu, sangat berkaitan dengan foto yang diupload. Hal ini menjadikan fotomu tepat sasaran ke orang yang benar-benar membutuhkan. Juga gunakan hanya tiga sampai empat buah hastag, karena jika penggunaannya terlalu banyak sistem akan menganggap ini sebagai spam.

  1. Tulis sesuatu yang menarik di caption

Caption adalah jiwa dari fotomu. Pastikan kamu menulis sesuatu yang menarik pada kolom penjelasan ini. Kata-kata ajakan atau pertanyaan juga dapat ditambahkan untuk memunculkan reaksi dari pengikutmu di instagram,

  1. Bangun engagement dengan followers

Sebagai wujud rasa terima kasih pada orang-orang yang telah mengikutimu, bangun komunikasi yang intens dengan mereka. Jawab pertanyaannya, atau saling menyukai foto teman-teman dunia mayamu, akan menggambarkan citra yang baik. Ini akan membuat followersmu menjadi pengikut yang setia, karena menyukai kepribadianmu.

  1. Sambungkan dengan media social yang lain

Untuk mendapat semakin banyak atensi, kamu bisa menghubungkan instagrammu dengan media social lain seperti Facebook, Twitter atau Pinterest. Tentu banyak teman-temanmu di Facebook yang belum mengikutimu di instagram. Dengan menyambungkannya, ketika kamu mengunggah foto di instagram, mereka akan mampir dan mulai mengikuti akun instagrammu.(ns)

1 COMMENT