Bagi pelaku usaha baik yang masih kecil maupun sudah besar, memiliki website adalah hal yang cukup penting dalam rangka melakukan pemasaran dari produk dagangannya. Sehingga tak heran bila banyak pelaku usaha yang bingung memilih Domain dan Hosting untuk website UKMnya. Kali ini akan dirangkum dalam beberapa langkah saja yang mungkin bisa dilakukan pada usaha anda.

Tips memilih nama domain web.

  1. Pilih nama yang sederhana, biasanya nama produk yang akan dipasarkan atau nama panggilan jika ingin buat web pribadi.
  2. Pastikan nama domain mudah di ingat, agar pengunjung akan kembali mengunjungi web kita. Jangan malah mengetik nama yang mirip dengan pesaing kita.
  3. Pilih ekstensi domain .com , karena biasanya orang awam familiar dengan ekstensi tersebut dan juga ekstensi ini merupakan kependekan dari ‘commercial’, atau ditujukan untuk para pemilik bisnis. Tentu ini menjadi kabar baik bagi Anda yang sedang berusaha atau malah sudah memiliki bisnis. Website Anda akan terasa lebih “resmi” karena akan sesuai dengan peruntukannya.

Selain daripada domain, anda juga perlu menyiapkan tempat untuk menaruh data-data website anda, maka diperlukanlah hosting. Nah berikut ini tips memilih sewa hosting untuk usaha Anda.

Tips memilih sewa hosting

  1. Lihat fitur yang diberikan, perhatikan fasilitas seperti back up, layanan tiket supportnya, seberapa cepat respon jika ada kendala.
  2. Tingkat kredibilitas provider. Hal ini dapat dilihat dari review di website-website forum. Biasanya ada blogger yang sudah keluh kesah di web mereka . Nanti kita simpulkan mana yang terbaik.
  3. Harga. Harga murah jangan dijadikan patokan karena kadang murah namun lambat servernya.

Itulah tips memilih domain dan hosting untuk website usaha kita. Semoga bermanfaat!.

 

(Muhammat Rasid Ridho)