Budaya Maluku sangat beragam. Mulai dari aneka kuliner yang khas hingga beraneka kesenian budaya yang menjadi ciri khas. Salah satunya adalah permainan Bambu Gila yang menjadi salah satu pertunjukan seni yang selalu ditunggu para penonton.
 
Pertunjukan itu diikuti oleh tujuh pria yang membawa sebatang bambu. Bambu yang dibawa berukuran panjang 2,5 meter dan diameter 8 cm. Bambu yang digunakan merupakan bambu lokal yang dalam proses memilih dan memotongnya membutuhkan perlakuan khusus. Bahkan pawang terlebih dahulu meminta izin pada roh yang menghuni hutan itu. Kabarnya, dulu bambu yang digunakan adalah bambu yang diambil dari Gunung Gamalama, Maluku Utara. Tim Serempak.id pernah menyaksikan pertunjukan ini secara langsung di Pantai Liang, Maluku.
tarian-bambu-gila
 
Tarian Bambu Gila ini dalam bahasa daerahnya disebut Buluh Gila dan hanya bisa ditemui di dua desa yakni Desa Liang, Kecamatan Salahatu dan Desa Mamala, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah. Permainan ini merupakan permainan tradisional yang biasanya dimainkan oleh pemuda-pemuda desa.
 
Saat tim Serempak.id menonton langsung, para penari bergerak mengikuti gerakan bambu gila. Ada seorang pria yang bertugas membacakan mantra-mantra. Boleh percaya, boleh tidak, bambu itu malah bergerak tak menentu. Tugasnya para penari hanyalah memegang bambu itu tanpa dilepas. Namun memegangnya pun tak mudah karena tenaga yang dibutuhkan sangat besar. Terkadang para penari menunjukkan ekspresi wajah kelelahan memegang bambu tersebut. Namun Bambu Gila itu tidak boleh dilepas hingga pertunjukan selesai. Tak jarang, ada juga yang kesurupan saat permainan tersebut berlangsung. Bila ini terjadi, segera langsung ditangani oleh pihak panitia.
 
Karena pertunjukannya bergerak tak menentu, biasanya permainan ini dilaksanakan di ruang terbuka disebuah halaman yang cukup besar. Sehingga para penari semakin leluasa dalam pertunjukan itu. Oh ya, tarian ini hanya dapat disaksikan pada acara-acara tertentu saja. Pertunjukan ini banyak yang dilirik wisatawan dalam dan luar negeri. Banyak wisatawan luar negeri yang tampak terkagum-kagum saat menyaksikan pertunjukan itu. (rab)