Beragam inovasi dilakukan pemerintah daerah untuk menonjolkan ciri khas wilayah mereka. Purwakarta dan Surabaya, misalnya. Salah satu yang mereka lakukan adalah membuat air mancur.
Apa sih keistimewaan dari air mancur yang dibuat di kedua kota tersebut? Di Purwakarta, air mancur yang terkenal itu terletak di Taman Sri Baduga, Purwakarta, Jawa Barat. Deretan air berwarna-warni menari-menari dan meluik-liuk seperti penari.   
 
Kerlap-kerlip lampu yang mewarnai air mancur membuat tampilannya semakin mempesona. Warna merah, kuning, hijau, biru dan ungu berpadu dengan musik yang membuat penampilannya semakin menarik. Penampilan indah air mancur indah ini hanya dapat disaksikan di Sabtu malam sekitar pukul 19.00. Selain itu, untuk menyaksikannya tak perlu mengeluarkan biaya karena air mancur ini dapat disaksikan secara gratis. Pertunjukan air mancur ini akan berlangsung sekitar 15-20 menit. Walaupun hanya sebentar, namun pemandangannya sangat menarik.
 
air-mancur
Bupati Purwakarta, Dedy Mulyadi, seperti dikutip dari Kompas.com, mengatakan air mancur ini berada di lahan seluas 4 hektar. Air mancur ini dianggap yang terbesar di Asia Tenggara. Untuk pembuatannya tidak menggunakan tenaga asing. “Ini karya putra kelahiran Purwakarta,” katanya.  
 
Tak hanya Purwakarta yang menyajikan pertunjukan air mancur. Di Surabaya, tepatnya di Kenjeran juga terdapat air mancur yang sangat memikat. Air mancur ini baru diresmikan pada Sabtu, 9 Juli 2016. Sama seperti air mancur Purwakarta, air mancur ini juga tak bisa disaksikan setiap hari. Namun hanya pada Sabtu malam sekitar pukul 20.00 WIB. Air mancur ini terdapat di kawasan Jembatan Suroboyo sepanjang 800 meter. Air mancur ini juga seolah ‘menari’ dengan diiringi kerlipan warna-warni yang menarik. Air mancur ini meliuk-liuk bak penari yang sedang menari.  
 
Jembatan ini didesain menyerupai busur dan membelah garis Pantai Kenjeran. Jembatan ini merupakan penghubung antara Jalan Kenjeran ke arah Timur dan Jalan Laguna Surabaya. Untuk menikmati pemandangan air mancur ini, juga tidak dikenai biaya sama sekali.
 
Penasaran ingin lihat keindahan air mancur? Silakan mampir jika kamu sedang berada di Purwakarta dan Surabaya.(rab)