Bali merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia dan menjadi tempat destinasi yang selalu dinanti. Bukan hanya wisatawan asli di Indonesia saja, namun para wisatawan asing pun tak segan berkunjung ke tempat wisata budaya di Bali karena Bali merupakan tempat yang indah dan juga tempat yang memperkenalkan budaya lewat wisatanya.

Hal itu menjadikan Bali  salah satu destinasi terfavorit di Indonesia. Bukan hanya terkenal wisata alamnya saja namun banyak budaya yang masih kental dengan Indonesia. Hal itulah yang mampu menarik wisatawan dari penjuru dunia.

Bali memiliki tempat wisata yang indah dan juga menarik, sehingga bagi wisatawan tidak akan menyesal bila mengunjunginya. Namun, banyak wisatawan yang tidak mengetahui tempat wisata budaya mana saja yang ada di Bali. Berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat wisata budaya di Bali yang wajib dikunjungi, diantaranya adalah :

  1. Bale Kambang

Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata budaya yang ada di Bali. Bale Kambang adalah nama dari sebuah bangunan candi yang berada di tengah kolam. Ukiran yang berada di atas Bale Kambang menjadi terkenal karena arsitekturnya yang menakjubkan.

Ukiran-ukiran yang berada di Bale Kambang membuat para wisatawan kagum melihatnya. Baik itu wisatawan yang berasal dari Indonesia maupun mancanegara. Itulah yang membuat Bale Kambang menjadi salah satu wisata budaya yang menarik bagi setiap orang.

  1. Kertha Gosa

Kata gombal merupakan tempat yang juga masih berada di kawasan Bale Kambang dan situs budaya yang berada di kawasan Kertha Gosa ini sangat dijaga. Bangunan ini didirikan pada masa kerajaan klungkung tahun 1686 yang pada awalnya dijadikan sebagai tempat berdiskusi tentang keadaan rakyat Bali. Pembangunan kawasan ini digagasi oleh pemegang kekuasaan di Bali kala itu yaitu ida I Dewa Agung Jambe.

Di tempat Kertha Gosa ini banyak bangunan yang menakjubkan dengan arsitektur khas Bali. Selain itu juga terdapat lukisan yang tak kalah menariknya. Untuk bisa mengunjungi tempat bersejarah ini harus menggunakan selendang, dan merogoh kocek Rp. 12.000,-

  1. Bedugul

Tempat wisata yang satu ini memiliki nama yang unik yakni adalah Bedugul, meskipun begitu tempat ini akan menyuguhkan keindahan alam dan juga budayanya. Bedugul terletak di daratan tinggi yang memiliki danau indah bernama danau beratan. Bedugul sangat cocok untuk wisatawan yang ingin marelaksasikan saraf yang tegang.

Suhu udara di sini sejuk dan juga menyenangkan yakni antara 17 sampai dengan 25 derajat Celcius. Hal itu terjadi karena letaknya yang berada di daratan tinggi di sini pula bisa melihat pura Ulun Danu. Selain terdapat pula di Bedugul juga terdapat Masjid Al hidayah, ini menggambarkan bahwa masyarakat Bali memiliki toleransi yang kuat.

  1. Museum Semarajaya

Museum Semarajaya yang terletak di Bali ini adalah sebuah gedung sekolah pada zaman dahulu di masa penjajahan Belanda. Lokasi museum ini terletak di sekitaran komplek dengan Kertha Gosa dan juga taman Gili. Tempat yang diresmikan pada tanggal 28 april 1992 ini sangat cocok dikunjungi untuk melepaskan penat.

Dengan mengunjungi tempat ini para wisatawan akan disuguhkan benda-benda sejarah termasuk benda yang digunakan pada saat perang Puputan Klungkung. Selain itu para wisatawan juga bisa merileksasikan diri di tempat museum yang indah ini. Sehingga para wisatawan yang berkunjung tidak akan menyesal.

  1. Pura Tanah Lot

Seperti yang diketahui, Pura memang banyak ditemukan di Bali karena pasalnya masyarakat Bali mayoritas menganut agama hindu. Pura tanah lot merupakan salah satu tempat wisata budaya di Bali yang sangat populer. Pura Tanah Lot adalah tempat dimana masyarakat yang beragama Hindu di Bali melakukan ibadah kepada dewa penjaga laut.

Bukan hanya wisatawan lokal saja yang mengunjungi pura tersebut banyak pula turis asing yang ingin berkenalan dengan budaya Bali. Pura ini menjorok ke arah laut sehingga biasanya saat matahari tenggelam atau terbit para wisatawan datang. Hal itu digunakan untuk mengambil foto pemandangan yang indah.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata budaya di Bali yang wajib dikunjungi. Para wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan alam dan juga keelokkan budaya yang ada di Bali. Selain untuk berlibur tempat tersebut juga bisa dijadikan sebagai tambahan wawasan. (hn)