Puncak menjadi salah satu tujuan wisata keluarga sejak dulu. Ada banyak sekali pilihan yang ditawarkan untuk berekreasi. Cuaca yang sejuk, pemandangan alam yang indah menjadi beberapa alasan mengapa orang rela bermacet-macet ria ke Puncak. Jika Anda berniat liburan ke Puncak, salah satu tempat yang bisa menjadi pilihan adalah Taman Matahari yang berlokasi di Jalan Raya Puncak KM 77-78 Cilember, Jogjogan, Cisarua.
 
Lokasi Taman Matahari tidaklah terlalu jauh. Letaknya di sebelah kiri jalan jika berangkat dari Jakarta. Untuk tiket masuk, pengunjung cukup membayar Rp 25 ribu. Harga ini sudah termasuk permainan gratis untuk sepeda wisata, perahu karet, waterboom dan paddle boot. Di luar fasilitas permainan tadi, beberapa wahana mengenakan biaya tambahan.
 
taman-matahari
Wahana gratis biasanya lebih banyak yang memilih sehingga harus antri 5-10 menit. Salah satu wahana yang mengharuskan pengunjung membayar adalah fasilitas arung jeram. Untuk arung jeram, pengunjung harus membayar Rp 25 ribu per orang. Ketika musim kemarau, debit air berkurang sehingga sensasi mendebarkan seperti arung jeram lainnya.
 
taman-matahari-2
Ingin mencoba panjat dinding? Cukup bayar Rp 10 ribu untuk menikmati fasilitas ini. Walau terlihat mudah, tapi teryata membutuhkan tenaga juga. Ingin menikmati gratis, silakan ke waterboom karena ke waterboom tidak perlu bayar alias gratis. Salah satu fasilitas yang ada di Taman Wisata Matahari adalah mobil wisata. Dengan menggunakan mobil wisata, pengunjung dapat berkeliling Taman Wisata selama 15 menit. Harga satu tiket Rp 10 ribu per orang.
Di Taman Wisata tersedia beragam makanan. Mulai dari makanan tradisional hingga beragam makanan siap saji tersedia di tempat ini. Jika ingin ke Taman Wisata, Serempak.id ingin berbagi tips agar wisata menjadi semakin menyenangkan. Pertama, walaupun berada di Puncak, saat siang hari di lokasi itu, panasnya cukup terasa. Oleh karena itu, sebaiknya membawa pelindung kepala seperti topi ataupun payung. Untuk menghalau silaunya matahari, gunakan kacamata hitam.
Kedua, walaupun di lokasi juga tersedia beraneka makanan, tak ada salahnya untuk membawa makanan dari rumah. Sebaiknya bawa air minum di tempat yang mudah di bawa kemana-mana, karena pasti akan kehausan menempuh perjalanan keliling Taman Wisata. Ketiga, karena lokasi taman yang luas, penting juga untuk menggunakan pakaian yang menyerap keringat. Kaos dan celana jeans serta sandal gunung adalah pilihan terbaik.
 
Jadi, sudah siapkan anda berliburan? (rab)
Foto : Koleksi Penulis